Peluang Usaha Baby Shop dan Strategi Memulainya

Peluang usaha baby shop – Salah satu bisnis yang memiliki prospek cerah adalah bisnis baby shop. Produk yang dijual oleh baby shop tersebut adalah perlengkapan bayi dan juga balita. Bisnis ini pun sangat menguntungkan mengingat kebutuhan bagi baby dan anak diutamakan oleh orang tua bahkan hal tersebut banyak dilakukan oleh semua orang tua yang ada di dunia ini. Dengan hal tersebut Anda bisa memanfaatkannya sebagai ide bisnis yang potensial. Peluang usaha baby shop bisa muncul karena keinginan orang tua yang selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya termasuk dalam hal pakaian.

Alasan Usaha Baby Shop Potensial

Tidak hanya keinginan dan sifat orang tua saja yang menyebabkan peluang usaha baby shop ini menguntungkan. Namun ada beberapa alasan lainnya yang membuat baby shop ini menjadi usaha yang tidak lekang oleh zaman.  Alasan yang pertama karena masa pakai dari pakaian baby tidak lama sehingga orang tua harus sering berbelanja untuk anaknya.

Terlebih saat ini banyak model pakaian yang lucu dan unik membuat orang tua ingin membelinya dan diberikan untuk anak kesayangan. Selain itu trend fashion anak yang berubah membuat pola belanja orang tua berubah khususnya fashion anak dan baby perempuan.

Sebagai contoh trend fashion anak dan baby yang sedang digemari adalah LED sehingga fashion tersebut bisa menyala aneka warna. Trend tersebut akan berubah beberapa waktu ke depan sehingga selain menjadi peluang hal tersebut juga menjadi tantangan supaya Anda selalu update dan bisa mengikuti trend yang sedang berkembang. Alasan lainnya mengapa bisnis baby shop sangat potensial dan menguntungkan adalah peralatan baby maupun fashion baby ini bisa digunakan untuk kado atau kenang-kenangan sehingga akan banyak dibutuhkan terlebih lagi angka kelahiran di Indonesia cukup tinggi.

Strategi Menggeluti Baby Shop

Strategi memulai usaha Baby Shop

Strategi memulai usaha Baby Shop

Meski peluang usaha baby shop ini potensial dan prospektif, cara menggeluti bisnis yang salah akan membuat bisnis Anda tidak berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah cara menggeluti bisnis baby shop yang bisa Anda lakukan:

  1. Konsep bisnis

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menggeluti bisnis baby shop dengan baik adalah memikirkan konsep bisnis yang tepat. Tanpa konsep bisnis yang bagus bisnis Anda menjadi kurang menarik. Konsep yang bisa Anda rancang untuk menggeluti bisnis baby shop adalah mencari supplier atau memproduksi sendiri produk yang akan Anda jual tersebut. Jika Anda ingin memproduksi sendiri tentu modal yang harus Anda keluarkan cukup besar. Bagi Anda yang memiliki modal terbatas tentu membeli barang dari supplier ini jauh lebih disarankan dibandingkan dengan membuat baju sendiri.

  1. Lokasi Strategis dan Harga Kompetitif

Peluang usaha baby shop ini akan semakin menggiurkan dan menguntungkan jika Anda membuka bisnis di tempat yang strategis. Dengan tempat yang strategis tersebut konsumen akan mudah melihat bisnis Anda dan tentunya lokasi bisnis tersebut akan mudah dijangkau tanpa harus memakan banyak watu dan juga tenaga. Meski harga sewanya mahal namun Anda akan diuntungkan dengan lokasi yang strategis ini. Pendapatan yang akan Anda dapatkan juga semakin besar jika Anda memberikan harga yang kompetitif. Jangan menjual produk terlau mahal apalagi di atas kompetitor karena akan membuat konsumen enggan untuk membeli di tempat Anda.

  1. Bahan yang berkualitas

Anda yang ingin menggeluti bisnis baby shop ini penting untuk menjual fashion dari bahan yang berkualitas. Orang tua yang akan membelikan fashion atau baju untuk anaknya akan melihat bahannya terlebih dahulu baru hal lainnya yang dilihat adalah desain dan juga modelnya. Jangan menjual baju baby dengan bahan yang panas dan tidak menyerap keringat karena tidak menarik minat pembeli.

  1. Pemasaran online dan offline

Pemasaran yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang banner di lokasi usaha Anda jangan lupa cantumkan harganya agar konsumen berani mendekat ke bisnis Anda. Anda juga bisa memasarkan secara online menggunakan sosial media seperti Facebook maupun Instagram dengan mengupload foto maupun video yang menarik.

Modal Awal dan Operasional

Untuk modal awalnya Anda harus mengeluarkan budget kurang lebih 5 juta rupiah.  Dengan biaya tersebut Anda bisa membeli komputer administrasi, etalase, rak, meja, dan kursi, dan biaya renovasi. Untuk biaya operasional Anda harus mengeluarkan budget yang lebih besar yaitu kurang lebih 7 juta rupiah.

Biaya tersebut digunakan untuk sewa tempat, biaya listrik dan air, pembelian fashion dan perlengkapan baby, nota, plastik, peralatan ATK, internet, brosur, kartu nama, dan pembuatan banner. Karena Anda harus membeli perlengkapan baby terlebih dahulu maka biaya bulan pertama jauh lebih mahal sedangkan bulan selanjutnya lebih kecil karena hanya membeli fashion dan barang yang telah habis saja.

Pendapatan

Menghitung analisa keuntungan usaha bisnis ini bisa dengan mengalikan jumlah barang yang terjual dengan harga jual. Misal dalam sebulan target barang yang terjual adalah 200 pcs dengan harga 100 ribu rupiah maka pendapatan kotor Anda sebesar 20 juta. Anda sudah bisa BEP dan mendapatkan keuntungan bersih 8 juta rupiah, bulan selanjutnya keuntungan Anda lebih besar karena tidak terpotong modal awal.

Peluang usaha baby shop memang menjanjikan keuntungan yang besar sehingga tidak mengherankan jika saat ini banyak yang tertarik untuk menggelutinya.

Peluang Usaha Baby Shop dan Strategi Memulainya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!