Mudah! Begini Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula

Cara jualan di Tokopedia untuk pemula- Memulai bisnis adalah salah satu solusi yang dianggap paling tepat untuk memperbaiki kondisi finansial di tengah pandemi saat ini. Tidak hanya untuk para karyawan yang mengalami PHK, namun juga untuk orang-orang yang sedang bekerja ataupun belum bekerja. Pasalnya, di tengah perkembangan teknologi saat ini, memulai bisnis bukanlah suatu yang sulit dilakukan. Terlebih lagi, saat ini telah banyak marketplace di Indonesia yang memberikan tempat dan ruang bagi masyarakat untuk memulai bisnis mereka secara online.

Salah satu marketplace di Indonesia yang juga banyak digunakan adalah Tokopedia. Dilansir dari laman bisnis.com, terhitung per bulan Agustus 2019, pengguna aktif Tokopedia telah mencapai 90 juta orang. Selain itu, menurut Vice President of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, jumlah produk yang terdaftar juga meningkat 30 persen dari yang awalnya 150 juta menjadi 200 juta.

Peningkatan jumlah produk tersebut tentunya juga beriringan dengan peningkatan penjual yang terdaftar di Tokopedia. Pasalnya, jumlah penjual di Tokopedia saat ini telah mencapai 6,4 juta orang. Dengan data tersebut, tidak mengherankan jika Tokopedia menjadi salah satu marketplace yang dapat diperhitungkan untuk memulai bisnis. Berikut adalah cara jualan di Tokopedia untuk pemula.

1.            Buat Akun Pembeli

Langkah pertama sebebelum mulai berjualan di Tokopedia adalah membuat akun pembeli. Akun ini nantinya digunakan untuk membuat Akun Toko.  Jika Anda sudah memiliki Akun Pembeli, maka Anda dapat langsung membuat Akun Toko. Akan tetapi, jika Anda belum memiliki Akun Pembeli, berikut adalah caranya.

  • Unduh aplikasi Tokopedia melalui ponsel atau masuk ke laman tokopedia.com. Setelah masuk ke laman tersebut, klik Gabung Sekarang, kemudian klik Daftar.
  • Masukkan data diri berupa nomor telepon dan juga email pada kotak yang telah disediakan, kemudian klik Daftar.

  • Jika sudah, kode verifikasi atau OTP (One Time Password) akan dikirimkan ke email atau nomor ponsel yang Anda masukkan sebelumnya. Kode ini hanya dapat digunakan satu kali dan bersifat rahasia. Oleh karena itu, jangan berikan kode yang kamu terima kepada siapapun. Masukkan kode tersebut pada garis-garis yang disediakan, kemudian klik Verifikasi.
  • Masukkan data diri berupa nama, alamat, dan lain sebagainya sesuai dengan data KTP yang Anda miliki. Setelah proses tersebut selesai, klik Lanjut dan akun Anda sudah siap digunakan.

2.            Buka dan Atur Toko

Setelah membuat Akun Pembeli, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat Akun Toko. Akun ini nantinya yang dapat digunakan untuk menjual produk yang Anda miliki. Cara membuat Akun Toko juga cukup mudah.

  • Buka aplikasi Tokopedia dan masuk dengan akun yang sebelumnya telah Anda miliki.
  • Kemudian, klik Toko dan pilih Buka Toko.
  • Isi detail mengenai toko Anda pada kotak yang telah disediakan oleh Tokopedia. Data yang diminta biasanya adalah nama toko, link toko, kota atau kecamatan, dan juga kode pos. Pada nama toko, Anda dapat mengisinya dengan nama yang Anda inginkan misalnya, gadgeton, universal, wigs dan lain sebagainya. Sedangkan pada link toko, isikan nama link atau domain yang diinginkan. Biasanya, nama yang digunakan merujuk pada nama toko. Setelah detail toko selesai diisi, klik Buka Toko Gratis.
  • Selanjutnya, Tokopedia akan memberikan beberapa pertanyaan atau survei singkat yang harus Anda isi.
  • Tuliskan alamat toko yang Anda miliki. Sesuaikan alamat ini dengan alamat yang nantinya dapat digunakan untuk mengambil barang dari toko Anda. Jangan lupa, masukkan alamat secara lengkap dan rinci agar kurir semakin mudah menemukan toko Anda. Jika sudah, klik Simpan.
  • Toko Anda sudah siap untuk digunakan

3.            Unggah Barang Jualan

Langkah selanjutnya, atur Akun Toko Anda dengan cara memasukkan barang atau produk yang siap Anda jual. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke Akun Toko yang Anda miliki. Setelah itu, pada bagian pengaturan atau halaman depan Tokopedia, klik Tambah Produk.
  • Isi detail produk yang Anda miliki mulai dari foto produk, nama produk, kategori produk, harga produk, info produk, dan pengiriman. Pastikan untuk memberikan keterangan produk secara mendetail. Hal tersebut akan mempermudah pelanggan toko Anda untuk mengetahui lebih lanjut produk yang Anda jual.
  • Jika sudah selesai, klik Simpan Produk atau Simpan dan Tambah Baru, jika Anda ingin menambahkan produk lainnya.

4.            Lakukan Promosi

Jika Anda sudah selesai mengunggah barang atau produk, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Promosi perlu Anda lakukan untuk memperkenalkan produk yang Anda miliki kepada pada calon pembeli. Selain itu, dengan melakukan promosi, jangkauan pembeli yang Anda dapatkan juga akan semakin luas. Promosi barang atau produk jualan dapat Anda lakukan dengan beragam cara misalnya, melalui orang terdekat, media sosial, iklan berbayar, endorser, menggunakan hashtag, membangun partnership, dan lain sebagainya.

Untuk mendukung promosi Akun Toko yang telah terdaftar dalam platformnya, Tokopedia juga menyediakan iklan berbayar dengan menggunakan fitur TopAds. Fitur TopAds akan membuat produk Anda muncul pada laman pencarian, kategori, dan juga Hot List. Dengan fitur ini, tentu saja kemungkinan prooduk Anda untuk dilirik oleh pembeli menjadi semakin besar.

Demikianlah cara jualan di Tokopedia untuk pemula yang dapat Anda lakukan. Setelah melalui semua tahapan di atas, Anda masih memiliki satu tugas penting yaitu evaluasi. Evaluasi berguna untuk melihat kekurangan atau kendala pada bisnis Anda. Dengan demikian, Anda dapat melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan penjualan produk pada toko Anda.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

cara jualan di tokopedia -

Mudah! Begini Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula | Malik | 4.5
error: Content is protected !!