Mengintip Peluang Usaha Kuliner yang Semakin Prospektif

Peluang usaha kuliner – Bisnis yang potensial untuk digeluti adalah bisnis kuliner. Bisnis ini tidak ada matinya karena selama masih banyak orang yang membutuhkan makanan dan minuman maka bisnis ini akan pernah mati. Saat ini semakin banyak bisnis kuliner yang bermunculan menandakan bahwa bisnis ini tidak akan pernah padam dan berhenti. Tidak cukup sampai di situ saja dimana kuliner tidak hanya dijadikan sebagai pemenuhan kebutuhan saja namun juga dijadikan sebagai hobi. Banyak orang memiliki hobi kulineran atau menjadi seorang food vlogger yang mencoba menu makanan baru untuk mengetahui apakah makanan tersebut recommended atau tidak. Selain itu banyaknya yang hobi kulineran ini disebabkan oleh sosial media instagram dan juga YouTube yang sering menampilkan makanan yang sedang hits.

Prospek Bisnis Kuliner

Peluang usaha kuliner masih sangat terbuka lebar, bahkan prospeknya pun akan tetap cerah sampai beberapa tahun ke depan. Dengan adanya sosial media Instagram mudah membuat sebuah kuliner dikenal oleh masyarakat luas, selain itu menjadikan tren akan kuliner ini berubah. Jika dulunya kuliner hanya dijadikan sebagai pelepas lapar dan haus, saat ini tren sudah berbeda dimana banyak dijadikan sebagai lifestyle. Dengan tren ini akan membuat Anda mencari ide atau gagasan konsep kuliner seperti apa yang banyak dicari oleh masyarakat di Indonesia.

Menjalankan Bisnis Kuliner di Era Modern

Memang peluang usaha kuliner saat ini terbuka dengan lebar namun zaman berubah semakin modern. Tuntutan akan sebuah kuliner atau makanan di era ini semakin kompleks. Anda tidak hanya dituntut menyajikan makanan yang lezat namun Anda dituntut lebih. Jika Anda tidak bisa memahami tren yang sedang berlaku di kalangan pecinta kuliner bisnis Anda tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Tips agar Anda bisa menjalankan bisnis kuliner di era modern ini adalah Anda harus mengutamakan kualitas produk. Makanan dan minuman yang Anda sajikan ini haruslah yang berkualitas selain itu cita rasanya harus lezat. Tidak cukup sampai di situ saja, namun makanan Anda harus unik dimana menarik minat dan rasa ingin tahu masyarakat.

Cara menjalankan bisnis kuliner yang tepat di era modern selanjutnya adalah buatlah tempat yang nyaman untuk pengunjung, tidak harus mewah namun konsumen betah untuk berlama-lama di tempat Anda tersebut. Selain itu pelayanan harus prima sehingga konsumen akan puas dengan pelayanan yang diberikan. Jika memiliki budget yang berlebih Anda bisa menggunakan jasa Selebgram untuk mempromosikan bisnis Anda tersebut.

Bisnis Kuliner yang Hits

Jika tidak bisa bersaing dengan kompetitor, bisnis kuliner tidak akan bisa bertahan lama mengingat saat ini banyak pelaku bisnis kuliner ini. Yang menggeluti bisnis kuliner pun tidak hanya dari kalangan masyarakat biasa saja namun artis bahkan anak presiden pun menggeluti bisnis kuliner ini. Salah satu contoh bisnis kuliner yang saat ini sedang ngehits dan naik daun adalah Babalu Café. Babalu menyajikan aneka seafood dengan sistem paket dimana yang termurah di banderol mulai dari 50 ribu rupiah, namun yang paling laris adalah paket 100 ribuan dimana dengan paket ini Anda akan mendapatkan berbagai macam seafood mulai dari kepiting, aneka kerang, dan lain sebagainya. Paket ini bisa dinikmati oleh 4 sampai 5 orang.

Sekilas tidak ada yang istimewa dengan cafe ini sampai Anda melihat cara memasaknya. Saat memasak Babalu Cafe melakukan atraksi yaitu dengan meletakkan wajan panas di atas kepalanya. Tidak hanya itu saja nyala kompor yang masih menyala pun dipegang dengan menggunakan telapak tangannya kemudian di usapkan ke wajah maupun ke anggota tubuh lainnya. Karena atraksi inilah banyak yang kemudian tertarik datang ke Babalu Café ini.

Ide Bisnis Kuliner Paling Potensial

Dengan kreativitas dan juga inovasi akan membuat bisnis kuliner yang Anda jalankan bisa berjalan lancar. Simak beberapa peluang usaha kuliner yang potensial untuk digeluti berikut ini:

  1. Seblak

Peluang usaha kuliner pertama yang bisa Anda geluti adalah seblak. Seblak ini merupakan makanan khas Bandung yang banyak digemari oleh semua usia. Untuk menjalankan bisnis ini Anda tidak perlu membuka restoran atau menyewa tempat karena bisa dijual di pinggir jalan. Dengan modal mulai dari 5 juta rupiah saja Anda sudah bisa menggeluti bisnis ini. Biaya operasionalnya pun tidak terlalu besar yaitu mulai dari 200 ribu rupiah saja dimana dengan modal itu Anda bisa menyewa tempat, pembelian minyak dan gas, bahan baku, kemasan, dan lain sebagainya.

Membicarakan tentang analisa keuntungan usaha seblak pun sangat menggiurkan. Misalnya saja adalah dalam sehari Anda bisa menjual 25 porsi seblak dengan harga 12 ribu rupiah maka dalam sehari pendapatan Anda adalah 300 ribu rupiah. Itu artinya keuntungan bersih Anda sebesar 100 ribu rupiah.

  1. Bakaran aneka toping

Yang terakhir adalah menu bakaran aneka topping. Anda bisa menjual bakso bakar, cumi dan gurita bakar, sosis bakar, ayam bakar, pisang bakar, scallop bakar, dan lain sebagainya. Anda bisa memberikan toping berupa lelehan keju mozzarella di atasnya. Berikan harga kompetitif agar banyak yang datang ke bisnis Anda.

Banyak sekali ide atau peluang usaha kuliner yang bisa dimanfaatkan, hanya saja Anda dituntut kreatif dan inovatif dalam pembuatan menu, pelayanan, dan juga saat penyajiannya.

Mengintip Peluang Usaha Kuliner yang Semakin Prospektif | Malik | 4.5
error: Content is protected !!