Memulai Bisnis Tour n Travel dengan 8 Langkah Mudah!

Cara memulai bisnis tour n travel – Bisnis tour and travel merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Semakin tinggi kesibukan seseorang maka wisata semakin menjadi kebutuhan primer karena hanya dengan wisata tersebut seseorang bisa menjadi lebih rileks kembali.  Bahkan saat ini traveling menjadi gaya hidup para milenial. Meski terlihat mudah namun nyatanya bisnis tour n travel ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada berbagai hal yang harus Anda persiapkan agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar. Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis tour n travel, berikut ini adalah cara memulai bisnis tour n travel yang penting untuk Anda ketahui:

Memilih Jenis Usaha Travel

Bisnis ticketing

Bisnis ticketing

Cara memulai bisnis tour n travel pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih jenis usaha travel yang ingin Anda geluti. Banyak yang masih salah dalam mengartikan bisnis travel ini dimana tour n travel hanya sebatas menjual paket wisata saja. Padahal banyak peluang usaha di bidang perjalanan yang bisa Anda jadikan sebagai ide bisnis.  Untuk jenis usaha tour n travel yang pertama adalah ticketing. Ticketing ini meliputi penjualan tiket pesawat, tiket bus, tiket kapal, tiket bus sampai dengan tiket kereta api. Saat ini sudah banyak agen travel yang membuka penawaran usaha waralaba agen ticket mulai dari yang gratisan sampai dengan yang berbayar.

Untuk yang berbayar Anda harus mengeluarkan uang untuk administrasi dan juga keanggotaan. Anda kemudian akan langsung terhubung ke sistem reservasi tiket yang mana terhubung dengan maskapai yang bersangkutan. Tidak hanya ticketing saja namun ada beberapa ide lainnya seperti rental kendaraan, pemandu wisata, dan yang terakhir adalah paket wisata.

Lakukan Riset Pasar

Riset Pasar

Riset Pasar

Cara memulai bisnis tour n travel selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan riset pasar. Salah satu faktor kegagalan pemula dalam berbisnis adalah tidak melakukan riset tentang bisnis yang dijalankan. Langkah ini wajib dilakukan agar bisnis yang Anda jalankan bisa berjalan dengan lancar. Fungsi dari riset pasar ini adalah membantu Anda dalam menemukan segmen pasar tang tepat dan menentukan lokasi pasar berdasarkan segmen.

Buatlah Profil Usaha Anda

Hal yang penting dalam bisnis tour n travel adalah profil usaha Anda. Profil ini bisa digunakan sebagai branding. Tulis profil usaha Anda dengan baik untuk meyakinkan calon pengguna jasa Anda. Profil usaha juga berhubungan dengan kredibilitas usaha dimana semakin kredibel usaha maka semakin banyak konsumen yang menggunakan jasa Anda. Buat nama brand yang mudah untuk di ingat oleh konsumen. Profil usaha ini disertai dengan logo dan desain yang menarik.

Lengkapi Branding Anda

Untuk melengkapi branding Anda ada beberapa hal yang harus Anda lengkapi. Yang pertama adalah konten yang akan di publish ke masyarakat luas baik tulisan, foto, maupun video. Buat konten semenarik mungkin. Untuk bisa mempublish konten, Anda membutuhkan website yang komersial dan profesional.

Lokasi Wisata Target

Jika memilih jasa travel wisata maka penting bagi Anda untuk melakukan pemetaan tujuan wisata yang akan Anda tawarkan. Untuk pemula cobalah untuk memetakan tujuan wisata dekat dengan tempat tinggal Anda. Anda bisa memilih paket wisata alam, wisata buatan, sejarah, dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga harus memiliki database dari setiap tempat wisata tersebut. Anda membutuhkan database berkaitan dengan contact person pengelola wisata, harga tiket, surat menyurat, dan juga biaya yang mungkin akan dikeluarkan saat perjalanan wisata tersebut dilakukan,.

Daftarkan Bisnis Anda

Untuk bisa menjamin kredibilitas penting bagi Anda untuk mendaftarkan brand usaha Anda ke Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI. Jika tidak mendaftarkannya maka Anda tidak memiliki kuasa atau hukum atas nama atau logo dari bisnis tersebut. Jika ada orang yang menggunakan nama atau logo itu maka Anda tidak bisa menggugatnya meski Anda yang menciptakan brand tersebut pertama kali. Anda juga harus mengurus administrasi usaha Anda agar mengantongi izin untuk operasional.

Promosi

Cara memulai bisnis tour n travel terakhir adalah promosi. Alat pemasaran yang efektif adalah media sosial. Buat akun media sosial khusus bisnis travel Anda. Sosial media yang paling efektif untuk mempromosikan bisnis adalah Instagram. Buatlah feed berisi foto maupun video tentang paket wisata yang Anda tawarkan secara menarik.

Modal dan Analisa Keuntungan Usaha

Modal dan analisa keuntungan usaha bisnis tour n travel ini juga harus diketahui. Modal awal  yang harus Anda keluarkan kurang lebih 15 juta rupiah. Modal itu digunakan untuk membeli set PC atau laptop, pembelian meja dan kursi, biaya membuat website, biaya membuat logo dan branding, dan lain sebagainya. Untuk operasionalnya Anda membutuhkan biaya kurang lebih 4 juta per bulannya untuk pembuatan brosur, sewa tempat, penyediaan alat tulis, gaji karyawan, biaya listrik, sewa tempat, pembelian tinta printer dan kertas, telepon dan juga internet.

Estimasi keuntungannya adalah 5% sampai 10% dari pendapatan. Misalnya dalam sehari Anda mendapatkan pendapatan 2,5 juta per hari maka keuntungannya 250 ribu rupiah maka dalam sebulan Anda akan mendapatkan 7,5 juta rupiah. Dikurangi dengan biaya operasional 4 juta maka keuntungan bersih Anda 3,5 juta dalam sebulan.

Demikianlah cara memulai bisnis tour n travel dan estimasi pendapatannya yang menggiurkan, semoga informasi ini bermanfaat.

Memulai Bisnis Tour n Travel dengan 8 Langkah Mudah! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!