Kupas Tuntas Kelebihan dan Kelemahan Bisnis Rental Mobil

Meskipun banyak artikel yang membahas, namun masih jarang yang fokus pada kelebihan dan kelemahan bisnis rental mobil sekaligus. Memang benar, bisnis rental mobil akhir-akhir ini menjadi bisnis primadona para pengusaha dikarenakan untung yang dijanjikan tergolong sangat besar. Buktinya, tidak sedikit juga pengusaha yang berhasil menjalankan bisnis ini. Jenis mobil yang disewakan pun kini semakin beragam. Mulai dari mobil pribadi, bus pariwisata, pickup, travel, hingga rental truk. Namun jelas, setiap bisnis pasti memiliki risikonya masing-masing. Nah, agar anda tidak gegabah memulai bisnis ini, maka artikel berikut akan menyajikan kelebihan dan kelemahan bisnis rental mobil secara lebih berimbang dan sesuai fakta di lapangan. Simak penjelasannya.

Kelebihan

Bisnis sewa mobil

Bisnis sewa mobil

Mungkin jika berbicara kelebihan, anda sendiri sudah banyak tahu bagaimana menggiurkannya bisnis rental mobil ini. Untuk membuat semangat anda terjaga, berikut adalah daftar kelebihan yang bisa anda dapatkan dari bisnis rental mobil.

  1. Bisnis Mudah

Bagi anda yang tidak suka ribet dalam mengurusi bisnis, maka bisnis rental kendaraan bisa menjadi alternatif bisnis terbaik anda. Jika anda tidak mau mengurusi manajemen rental anda sendiri, anda tidak perlu khawatir. Masih ada pilihan lain yang bisa anda coba. Prinsipnya, anda hanya perlu menyewakan mobil anda ke sebuah rental yang sudah besar untuk kemudian disewakan lagi oleh rental tersebut. Jadi rental hanya sebagai perantara antara anda dengan calon penyewa mobil anda.

Sedangkan untuk sistem kemitraan pada bisnis ini umumnya ada dua jenis, yaitu sistem bagi hasil dan sistem kontrak bulanan. Untuk sistem bagi hasil, anda bisa membuat perjanjian dengan pemilik rental untuk setiap income yang masuk. Pembagian biasanya bervariasi antara 70:30, 60:40, hingga 50:50. Sistem yang kedua berbeda lagi. Sistem kontrak bulanan berarti rental akan membayar anda setiap bulan terlepas dari adanya sewa yang dilakukan atas mobil anda maupun tidak.

  1. Pangsa Pasar Luas

Anda tentu setuju jika dikatakan bahwa kebutuhan akan mobil terus meningkat setiap harinya. Orang-orang semakin terdesak mobilitasnya, dan rental mobil adalah satu-satunya solusi. Jadi bisa dipastikan bahwa bisnis ini tidak akan pernah sepi untuk beberapa tahun mendatang. Nah, yang perlu anda perhatikan adalah penyediaan armada yang tepat dengan pangsa pasar anda. Maksudnya, jika anda menarget penyewa dengan kebutuhan kecil seperti rombongan wisata, mobil pengantar pengantin, dan mobil kantor, maka armada berupa sedan dan SUV adalah yang paling tepat. berbeda jika anda menargetkan orang-orang dengan kebutuhan niaga, maka anda harus menyediakan armada berupa truk dan pickup.

  1. Modal Kecil

Jika dibandingkan dengan bisnis-bisnis lain, maka bisnis rental mobil adalah salah satu yang membutuhkan modal kecil, bahkan tanpa modal sama sekali. Jika anda memang berminat pada bisnis ini namun memiliki modal yang terbatas, anda bisa mencoba cara-cara berikut ini:

  • Kemitraan

Seperti yang sudah dipaparkan pada nomor satu di atas, anda bisa mengajak kerja sama pihak-pihak yang mempunyai kendaraan untuk menjalin kerja sama. Pada cara ini, anda hanya perlu mengelola bisnis rental dan mencari klien agar bisnis anda bisa dikenal dengan cepat.

  • Kredit Mobil

Pilihan ini sangat tepat bagi anda yang menyukai tantangan. Anda bisa mengajukan kredit mobil dan membayar cicilannya dengan hasil atau income dari mobil tersebut.

Nah, setelah mengetahui kelebihan bisnis rental mobil, kini saatnya beralih kepada kelemahannya. Simak penjelasannya berikut ini.

Kelemahan

Bisnis rental mobil

  1. Tingkat Persaingan Tinggi

Kelemahan yang pertama datang dari tingkat persaingan. Tentu saja, dengan untung menggiurkan, bisnis rental mobil saat ini sudah bagaikan jamur di musim hujan. Apalagi jika sudah berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, maka bisa dijamin bisnis yang satu ini sudah banyak sekali pemainnya. Dengan ketatnya persaingan, tak jarang beberapa rental membanting harga sewa sehingga malah membuat pusing manajernya sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa memberlakukan strategi sebagai berikut:

  • Jangan Latah

Maksudnya, jika perang harga sedang terjadi, maka anda tidak perlu ikut-ikutan membanting harga sewa rental anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah menyediakan mobil yang benar-benar sesuai dengan harga yang anda berikan. Jadi daripada memberikan harga murah namun mobil bobrok, lebih baik berikan harga standar namun pelayanan prima.

  • Gencar Promosi

Anda juga bisa gencar melakukan strategi promosi dengan memberikan promo-promo menarik, seperti gratis satu kali sewa setelah 5 kali, gratis suvenir, dan lain-lain. Selain itu, anda juga bisa melakukan promosi di laman-laman media sosial atau platform online lain untuk mendapatkan banyak traffic ke bisnis anda.

  1. Risiko Kehilangan Kendaraan dan Kecelakaan

Nah, risiko yang kedua ini yang sering dianggap sebagai momok utama para perental. Banyaknya kasus yang menimpa para pengusaha rental seperti penggelapan mobil hingga risiko kecelakaan tinggi membuat beberapa orang memilih mundur sebelum mencoba. Padahal jelas ada alternatif sendiri saat ini yang bisa dijadikan jalan keluar atas kedua masalah tersebut. Anda bisa memasang GPS supaya kendaraan anda bisa terus terlacak. Sedangkan untuk meminimalisir angka kecelakaan, maka pengecekan rutin bisa menjadi solusinya.

Itulah informasi seputar kelebihan dan kelemahan bisnis rental mobil yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Kupas Tuntas Kelebihan dan Kelemahan Bisnis Rental Mobil | Malik | 4.5
error: Content is protected !!