Kiat-Kiat Menjadi Youtuber Sukses dan Kaya Raya dengan Hanya Bermodalkan Ponsel Saja

Bagi yang ingin jadi YouTuber, terlebih dulu kamu harus tahu kiat-kiat menjadi YouTuber sukses. Meski saat ini kamu baru memulai membuat vlog kecil-kecilan dengan menggunakan rekaman video HP dan peralatan editing yang kamu punya pun belum selengkap YouTuber kenamaan, namun kamu tidak boleh berkecil hati. Jika kamu berusaha dengan sungguh-sungguh untuk  membuat konten-konten menarik untuk diunggah ke akun YouTube milikmu, kamu pasti bisa jadi YouTuber sukses dan kaya raya. Berikut ini adalah tips menjadi YouTuber sukses dan kaya raya meski hanya bermodal ponsel saja:

1.     Buat Akun Youtube

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai karir sebagai seorang youtuber adalah dengan membuat channel YouTube. Sebenarnya jika kamu sudah punya akun Gmail, secara otomatis kamu dapat membuat akun YouTube. Namun jika kamu belum memiliki akun Gmail, kamu dapat menggunakan alamat email yang saat ini  kamu gunakan untuk membuat akun YouTube dari awal.

2.     Tentukan Konsep dan Ide

Setelah kamu memiliki akun YouTube, selanjutnya kamu harus menentukan konsep dan ide konten video yang ingin kamu upload. Kamu harus memikirkan secara matang konsep apa yang ingin kamu tampilkan. YouTube memiliki begitu banyak konsep yang bisa kamu ikuti, misalnya tentang gaming, kecantikan, dan lain sebagainya. Setelah menemukan konsep yang tepat, kamu harus memikirkan ide bagaimana menyamaikan konsep tersebut agar dapat dikemas dengan tampilan yang unik dan menarik. Misalnya kamu seorang gamer, kamu harus menentukan video yang dibuat tersebut lebih banyak berisi review ataukah walkthrough.

3.     Siapkan Peralatan Videografi

Meski di awal-awal karir sebagai youtuber kamu masih menggunakan ponsel untuk membuat vlog, jangan pernah malu untuk berkarya. Yang terpenting kamu tetap bisa membuat video dengan kualitas pencahayaan yang baik, meski peralatan videografi yang kamu punya masih terbatas. Jika kamu sudah punya uang yang cukup, kamu bisa mulai membeli peralatan videografi yang lebih profesional seperti misalnya laptop, kamera, lighting, hingga alat perekam yang berkualitas.

4.     Buat Konten Sesuai Passion

Salah satu kiat-kiat menjadi youtuber sukses adalah dengan membuat konten youtube sesuai dengan passion yang kamu punya. Dengan adanya passion, video yang kamu hasilkan pastinya akan benar-benar bagus dan berkualitas. Misalnya, jika kamu seorang gamer yang handal sebaiknya kamu membuat video dengan konsep game. Yang terpenting konten yang kamu buat harus sesuai dengan passion dan keahlian yang kamu punya agar hasilnya menjadi lebih maksimal.

5.     Asah Kemampuan Edit Video

Sebagai youtuber, kamu harus terus mengasah kemampuan untuk mengedit video yang dibuat. Karena kamu baru mulai membuat video dengan ponsel, kamu dapat mulai latihan edit video vlog di Android. Dengan latihan yang konsisten, kemampuan editing-mu akan terus meningkat seiring pertumbuhan channel YouTube yang kamu punya.

6.     Berkolaborasi dengan Content Creator Lainnya

Berkolaborasi dengan content creator lainnya akan membuat engagement di antara kalian dapat semakin ditingkatkan. Penonton setia dari YouTuber yang kamu ajak collab juga dapat melihat aksi kalian. Diharapkan subscriber dari YouTuber tersebut juga tertarik untuk menjadi subscribermu.

Untuk mempromosikan channel YouTube milikmu, kamu wajib punya akun media sosial lain seperti Facebook, Instagram, dan juga Twitter.

7.     Ambil Uang dari YouTube

Untuk YouTuber pemula, kamu bisa mendapatkan uang dari YouTube dengan menggunakan AdSense. Namun jika kamu konsisten menerapkan kiat-kiat menjadi Youtuber sukses, kamu bisa menghasilkan uang dengan jumlah lebih banyak sponsorship ataupun endorsement.

8.     Unggah Video Secara Konsisten

Seiring meroketnya popularitas dari channel YouTube milikmu, semakin banyak pula orang yang menunggu video baru darimu. Agar kamu tak mengecewakan para subscriber, kamu harus konsisten mengunggah video-video baru. Misalnya, usahakan untuk menggunggah video baru secara rutin setidaknya seminggu sekali.

9.     Terapkan Aturan SEO

Setip hari, jutaan video baru diunggah ke YouTube. Untuk memudahkan orang mengetahui keberadaan video yang kamu buat, kamu harus menerapkan aturan SEO pada judul video tersebut. Kamu dapat memilih judul video yang bersifat deskriptif dengan tag dan kata kunci yang sesuai dengan search engine optimization.

10. Membangun Interaksi dengan Para Subscriber

Kiat-kiat menjadi youtuber sukses berikutnya adalah membangun interaksi dengan para subscriber. Para subscriber biasanya akan memberikan respon di kolom komentar pada video yang telah Anda upload. Feedback dari para subscrier bisa bersifat saja positif maupun negatif. Apapun komentar yang mereka berikan, usahakan untuk tetap memberikan respon terhadap mereka. Hal ini dapat meningkatkan hubungan antara conten creator dan para subscribernya.

11. Miliki Niat yang Kuat

Hal terpenting yang bisa membuatmu jadi seorang YouTuber yang sukses dan kaya raya adalah dengan memiliki niat yang kuat. Dengan kesungguhan niat, kamu akan punya semangat yang lebih besar untuk menjalankan setiap proses untuk menjadi seorang YouTuber kelas atas. Meski awalnya mungkin kamu harus bersusah payah, percayalah segala hal yang dilakukan dengan niat yang kuat pasti akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan di masa depan.

Itulah kiat-kiat menjadi YouTuber sukses dan kaya raya. Meski saat ini mungkin peralatan videografi yang kamu miliki masih sangat terbatas, jangan menyerah untuk berkreasi. Jalani saja dulu, pasti lama-kelamaan akun YouTube milikmu bisa berkembang sesuai harapan.

 

 

Kiat-Kiat Menjadi Youtuber Sukses dan Kaya Raya dengan Hanya Bermodalkan Ponsel Saja | Malik | 4.5
error: Content is protected !!