Keuntungan dan Cara Budidaya Sayur Dalam Pot di Halaman Rumah

Sayuran merupakan jenis tanaman yang budidayanya dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan. Ada tiga jenis teknik budidaya tanaman sayuran yang bisa Anda terapkan yaitu hidroponik, penggunaan pot dan polybag. Penggunaan pot adalah salah satu teknik budidaya sayuran yang dapat Anda terapkan di halaman rumah. Penerapan cara budidaya sayur dalam pot tak hanya untuk keperluan kebutuhan pangan. Lebih dari itu, adanya pot akan mempercantik halaman rumah Anda.

Langkah menanam sayuran dalam pot

Proses penanaman tanaman sayuran menggunakan media pot relatif mudah untuk Anda lakukan. Langkah yang akan Anda terapkan hampir sama dengan menanam sayuran secara hidroponik. Ada beberapa bahan yang dibutuhkan untuk budidaya sayuran dalam pot. Bahan tersebut antara lain adalah bibit sayuran, tanah, pupuk kandang, sekam padi, nutrisi tanaman dan media tanam pot.

menanam sayuran di dalam pot

Cara penanaman tanaman sayuran dilakukan dengan mencampur tanah, pupuk kandang, sekam padi dan nutrisi tanaman ke dalam pot. Selanjutnya, taburkanlah bibit sayuran secara merata ke dalam pot. Setelah proses ini selesai, maka perawatan tanaman sayuran sebaiknya Anda lakukan dengan menyiramnya setiap pagi dan sore hari. Cara menanam sayuran menggunakan media tanam pot dapat dibilang mudah dan murah dbandingkan hidroponik maupun polybag.

Keuntungan budidaya sayuran di dalam pot

Keuntungan budidaya sayuran

Keuntungan budidaya sayuran

Anda mungkin telah mengetahui bahwa menanam sayuran dalam pot bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan. Selain itu, budidaya tanaman sayuran juga akan membuat pekarangan rumah Anda terlihat lebih cantik. Namun, keuntungan dari budidaya sayuran dalam pot tidak hanya sebatas itu saja. Faktanya masih banyak lagi keuntungan yang akan Anda peroleh dari aktivitas ini.

  1. Dapat memanfaatkan halaman rumah yang sempit sekalipun.
  2. Lebih mudah untuk dipindahkan sehingga meminimalisir resiko tanaman mati.
  3. Perawatan mudah dilakukan khususnya dalam aspek penanggulangan hama dan penyakit.
  4. Pertumbuhan tanaman tidak akan berakibat buruk pada bangunan di sekitar media tanam.
  5. Pemenuhan unsur hara berupa air dan mineral dapat dipenuhi secara optimal juga efisien.
  6. Penggunaan pupuk yang boros dapat diminimalisir karena pemberiannya sesuai kebutuhan.
  7. Bisa dimanfaatkan sebagai sumber gizi dan serat.
  8. Tanaman sayuran berproduksi sepanjang tahun.
  9. Dapat dijadikan sebagai usaha sampingan untuk memperoleh penghasilan.
  10. Terciptanya ekosistem yang sehat dan juga indah.

Jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dalam pot

Cara budidaya sayur dalam pot dapat Anda terapkan untuk berbagai jenis tanaman. Jenis tanaman yang Anda tanam umumnya adalah sayuran untuk konsumsi sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman sayuran yang dapat dibudidayakan dalam pot di pekarangan rumah.

  1. Kangkung
Kangkung di dalam pot

Kangkung di dalam pot

Satu dari sekian banyak jenis sayuran yang dapat ditanam dalam pot adalah kangkung. Menanam kangkung akan memberikan beberapa manfaat untuk Anda. Dari segi proses budidaya, kangkung relatif mudah untuk ditanam dan juga cepat panen. Waktu panen kangkung memang tidak secepat caisin. Namun, jika dibandingkan dengan cabe, maka pemanenan sayuran kangkung lebih cepat. Selain lezat ditumis, kangkung juga bermanfaat untuk kesehatan yaitu menambah darah.

  1. Wortel
Wortel di dalam pot

Wortel di dalam pot

Wortel merupakan jenis sayuran yang telah dibudidayakan oleh banyak orang. Budidaya wortel akan menghadirkan manfaat berupa terpenuhinya kebutuhan pangan dan kesehatan. Seperti Anda ketahui bahwa wortel banyak digunakan untuk berbagai macam masakan. Kemudian, menurut ahli kesehatan konsumsi sayuran berwarna oranye ini juga baik untuk kesehatan mata.

  1. Daun bawang
Daun bawang di dalam pot

Daun bawang di dalam pot

Hampir setiap masakan berkuah pasti menggunakan daun bawang sebagai bahan bakunya. Ini disebabkan aroma khas daun bawang menjadikan cita rasa masakan semakin lezat. Dengan begitu, ketika Anda menanamnya dalam pot di halaman rumah, maka akan mendatangkan keuntungan tersendiri.

  1. Cabe
Cabe di dalam pot

Cabe di dalam pot

Tanaman sayur yang satu ini memang paling digemari oleh banyak orang. Bagi penggemar rasa pedas, maka cabe harus disertakan sebagai bahan baku masakan. Dikarenakan banyak orang yang menggemarinya, maka permintaan cabe terus meningkat. Terkadang, kondisi ini akan menimbulkan kenaikan harga cabe di pasaran. Apabila Anda melakukan budidaya cabe di halaman rumah, maka naiknya harga sayuran ini tidak akan begitu berpengaruh.

  1. Bayam

Budidaya sayuran bayam juga bisa Anda lakukan dalam pot dan ditempatkan di pekarangan rumah. Dengan menanam bayam, maka Anda tidak perlu repot untuk membelinya di pasar. Anda tinggal pergi ke halaman rumah dan si hijau lebat ini sudah bisa dipetik. Menanam bayam juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh dimana asupan zat besi terpenuhi.

Bayam di dalam pot

Bayam di dalam pot

Menerapkan cara budidaya sayur dalam pot merupakan alternatif yang bisa Anda lakukan selain penanaman dengan polybag maupun secara hidroponik. Dilihat dari segi prosesnya, maka cara menanam sayur dengan pot lebih praktis ketimbang polybag maupun hidroponik. Tidak hanya itu, budidaya sayuran dengan media pot di pekarangan rumah juga bermanfaat untuk kebutuhan pangan, lingkungan dan kesehatan.

 

 

 

 

 

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

cara budidaya sayuran di rumah -keuntungan menanam tanaman di halaman rumah -sayuran dalam pot -MENANAM SAYUR DI POT -tanaman saryur dihalaman rumah yang sempit -tanaman sayur dalam pot -tanaman yang memberi leuntungan di halaman rumah -

Keuntungan dan Cara Budidaya Sayur Dalam Pot di Halaman Rumah | Malik | 4.5
error: Content is protected !!