Inspiratif! 8 Contoh Pengusaha Sukses yang Tidak Tamat Sekolah

Contoh pengusaha sukses yang tidak tamat sekolah – Beberapa pengusaha sukses di dunia ternyata ada yang tidak menamatkan pendidikannya di bangku sekolah ataupun kuliah. Meski tak menyelesaikan pendidikannya, namun mereka mampu menjadi miliarder sukses yang memiliki besar di dunia. Siapa saja pengusaha sukses yang tidak tamat sekolah? Berikut ini daftar pengusaha sukses yang memiliki pengaruh besar di dunia meski tidak menyelesaikan pendidikannya di bangku sekolah maupun kuliah:

1.     Bill Gates

Bill Gates adalah pengusaha yang begitu sukses dan memiliki kekayaan hingga mencapai USD 80.4 miliar atau sekitar Rp 1.045,2 triliun. Siapa sangka, ternyata salah satu orang terkaya di dunia ini tidak menamatkan pendidikannya di Harvard University.

Gates muda telah menunjukkan ketertarikan pada dunia programming. Bersama rekannya, Paul Allen, dia memutuskan membangun perusahaan perangkat lunak, Microsoft. Namun karena Gates terlalu fokus menciptakan perusahaan Microsoft bersama rekannya tersebut, akhirnya dia harus keluar dari Harvard University. Meskipun tak lulus kuliah, nyatanya Gates bisa menunjukkan bahwa dirinya bisa sukses dalam membangun bisnis.

2.     Michael Dell

Michael Dell merupakan pebisnis sukses yang tidak memiliki gelar sarjana. Bakat bisnisnya sudah terlihat sejak dirinya masih berusia belia. Bahkan, di usia yang masih sangat muda dia sudah bisa mendapat penghasilan melalui investasi di sektor pertambangan.

Uang hasil investasi digunakannya untuk membeli komputer yang pertama. Pada saat itu, dia masih mengenyam bangku pendidikan di University of Texas. Namun, akhirnya dia memutuskan untuk keluar dan fokus mengurus bisnis komputernya yang semakin berkembang. Hingga saat ini, Dell berhasil menjalankan bisnisnya di bidang IT dan mampu menghasilkan kekayaan hingga mencapai USD 18.7 miliar atau sekitar Rp 243.1 triliun.

3.     Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg merupakan salah satu contoh pengusaha sukses yang tidak tamat sekolah. Meski dirinya tidak berhasil menyelesaikan pendidikan di Harvard University, namun dia nyatanya mampu membangun Facebook yang sangat dikenal oleh dunia. Bahkan, kerja keras yang dilakukan Mark terbukti berhasil menjadikan Facebook sebagai situs media sosial terbesar. Kini, Mark Zuckerberg memiliki kekayaan hingga mencapai USD 34.8 miliar atau setara dengan Rp 452.4 triliun.

4.     Larry Ellison

Larry Ellison merupakan seorang pengusaha sukses yang fokus menjalankan bisnis di bidang IT. Sejak kecil, Ellison telah terkenal punya kemampuan yang luar biasa dalam mata pelajaran IPA dan matematika. Larry pernah mengenyam pendidikan di University of Ilinois namun akhirnya dikeluarkan. Selang setahun kemudian, dia akhirnya kembali berkuliah di University of Chicago. Namun, lagi-lagi dirinya tak melanjutkan pendidikannya.

Meski tak lulus kuliah, Larry Ellison berhasil mendirikan Oracle Corporation pada tahun 1977. Perusahaan yang dibangunnya berfokus pada produksi perangkat keras dan juga lunak. Berkat usahanya, Ellison berhasil mencatat kekayaan sebesar USD 54.9 miliar atau sekitar Rp 713.7 triliun. Hal ini menunjukkan bahwa Larry Ellison merupakan salah satu contoh pengusaha sukses yang tidak tamat sekolah.

5.     Sheldon Adelson

Sheldon Adelson adalah seorang pebisnis yang memiliki kekayaan sebesar USD 28.7 miliar atau setara dengan Rp 373.1 triliun. Adelson memiliki masa kecil yang suram karena dia harus hidup dalam kemiskinan. Bahkan untuk mencukupi kebutuhannya, di usia 12 tahun dia harus berjualan koran di Boston.

Setelah lulus SMA,dia memutuskan untuk berkuliah di City College of New York. Sayangnya, dia tak menuntaskan pendidikannya karena harus bergabung dengan militer. Ketertarikannya pada dunia bisnis akhirnya membuatnya memutuskan untuk keluar dari militer dan mendirikan perusahaannya.

6.     Ralph Lauren

Ralph Lauren adalah contoh pengusaha sukses yang tidak tamat sekolah. Saat itu, Ralph Lauren berkuliah di Baruch College dan mengambil jurusan bisnis. Namun, baru beberapa waktu berjalan dia justru memutuskan untuk keluar dan memilih menjadi tentara. Setelah menjadi tentara, dia malah keluar dan bekerja di perusahaan pembuatan dasi. Akhirnya, dia membangun perusahaannya sendiri dengan mulai mendesain pakaian. Dari perusahaan yang dia dirikan, Ralph Lauren berhasil menghasilkan kekayaan sebesar USD 7.1 miliar atau sekitar Rp 92.3 triliun.

7.     Sean Parker

Pengusaha sukses ini terkenal sebagai pendiri situs berbagi file, Napster. Ketika dirinya masih berada di bangku SMA, Parker telah direkrut oleh beberapa perusahaan dan menghasilkan uang hingga miliaran rupiah setiap tahunnya. Karena dianggap telah sukses menghasilkan kekayaan sendiri, orang tua Parker tidak memaksanya untuk mengenyam bangku perkuliahan. Meski tidak kuliah, Parker mampu mengumpulkan kekayaan hingga mencapai Rp 35.1 triliun.

8.     Jack Dorsey

Jack Dorsey yang merupakan pencipta situs media sosial Twitter adalah salah satu contoh pengusaha sukses yang tidak tamat sekolah. Dia harus keluar dari NewYork University karena terlalu fokus merancang ide untuk membuat situs media sosial Twitter. Dari usahanya mendirikan Twitter, dia berhasil mengumpulkan kekayaan hingga mencapai USD 2.5 miliar atau setara dengan Rp 32.5 triliun.

Itulah beberapa contoh pengusaha sukses yang tidak tamat sekolah. Meski tak berhasil menyelesaikan pendidikannya, namun mereka tetap membuktikan diri bahwa itu bukan sebuah halangan untuk meraih kesuksesan.

Inspiratif! 8 Contoh Pengusaha Sukses yang Tidak Tamat Sekolah | Malik | 4.5
error: Content is protected !!