Ide Peluang Usaha Percetakan (Digital Printing) 2019

Peluang usaha percetakan (digital printing) – Menggeluti usaha atau bisnis digital printing saat ini tetap akan menggiurkan dan menjanjikan. Meski bisnis ini menggeliat di tahun 2018, namun di tahun 2019 digital printing akan tetap laku dan banyak diminati. Permintaan konsumen akan jasa digital printing ini akan semakin meningkat, selain itu ada banyak sekali ragam dari digital printing yang banyak dibutuhkan dan diperlukan oleh konsumen. Selama kebutuhan tersebut ada, maka bisnis percetakan digital ini akan tetap laris manis di pasaran.  Simak beberapa ide bisnis di bidang percetakan digital yang bisa Anda jadikan referensi seperti berikut ini:

Percetakan Kartu Undangan atau Kartu Nama

Percetakan kartu undangan

Percetakan kartu undangan

Peluang usaha percetakan (digital printing) yang bisa Anda jadikan pertimbangan pertama adalah mencetak kartu nama atau kartu undangan. Saat ini kebutuhan akan kartu nama dan juga kartu undangan semakin besar. Untuk bisa menggeluti bisnis ini Anda harus memiliki desain-desain kreatif untuk memproses pengerjaan kartu-kartu tersebut. Untuk modalnya pun tidak terlalu besar sehingga cocok bagi Anda yang mencari bisnis potensial dengan modal yang tidak terlalu besar. Berikut ini adalah rincian modal awal yang harus Anda keluarkan untuk mendirikan bisnis cetak kartu undangan atau kartu nama:

Nama Barang Biaya
Komputer dan perlengkapan Rp3,000,000
Bahan baku kertas Rp500,000
Tinta printer Rp300,000
Printer khusus Rp3,000,000
TOTAL Rp6,800,000

Selain modal awal, Anda juga harus mengeluarkan biaya operasional yang mana bisa dihitung per hari bahkan bisa pula per bulan. Biaya operasional yang akan Anda keluarkan adalah biaya listrik, internet, dan juga biaya untuk penggantian kertas, tinta printer, dan lain sebagainya. Jika bisnis sudah besar, biaya akan ditambah dengan gaji karyawan dan juga sewa tempat.

Percetakan Mug

Peluang usaha percetakan (digital printing) selanjutnya adalah percetakan mug. Mug dengan cetakan digital ini bisa dijadikan sebagai souvenir pernikahan atau bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan, hadiah untuk saudara, teman baik, dan masih banyak lainnya. Untuk menggeluti bisnis ini Anda hanya memerlukan mesin press untuk mug. Menariknya adalah mesin ini tidak terlalu susah dioperasikan sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak bisa mengoperasikannya. Anda juga membutuhkan beberapa pirantinya seperti kertas label, kertas inkjet yang sudah diberikan desain dan di print menggunakan tinta sublim, dan juga mug keramik yang sudah dilakukan proses coating.

Percetakan Mug

Untuk membeli mesin ini Anda cukup mengeluarkan budget mulai dari 900 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk bahan pelengkap seperti tinta sublim Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari 90 ribu rupiah per 100 ml, kertas label dengan harga mulai dari 20 ribu rupiah, mug dengan harga mulai dari 6 ribu rupiah per piecesnya, dan juga kertas inkjet Anda cukup mengeluarkan budget mulai dari 45 ribu rupiah.

Jika Anda belum memiliki printer, Anda juga harus membeli printer jenis inkjet terlebih dahulu yang mana harganya mulai dari 2 juta rupiah. Dengan modal kurang dari 4 juta, Anda sudah bisa mendirikan bisnis ini. Untuk estimasi keuntungannya satu mug ini biasa dijual mulai dari 25 ribu rupiah dengan biaya produksi sebesar 15 ribu rupiah, katakanlah dalam sehari Anda bisa menghasilkan 5 mug maka penghasilan Anda dalam sehari 50 ribu rupiah dan dalam sebulan pendapatan Anda 1,5 juta rupiah.

Case Handphone

Ide peluang usaha selanjutnya yang bisa Anda geluti adalah percetakan case handphone. Case custom ini banyak digandrungi di tahun 2019 namun akan tetap menarik di geluti pada tahun ini.  Jika dulunya case handphone ini digunakan untuk melindungi dari benturan namun juga bisa digunakan untuk mempercantik tampilan handphone. Terlebih lagi saat ini pengguna smartphone sangat banyak sehingga bisnis case handphone tidak akan pernah tenggelam.

Percetakan Case Handphone

Percetakan Case Handphone

Untuk menggeluti bisnis ini modal mesin pencetak untuk case full print yang mana di dalamnya sudah ada mesin print sublime, kertas sublime dan tinta, dan juga ada beberapa yang menyertakan blank case yang masih kosong. Harga dari satu buah unit mesin ini mulai dari 8 juta rupiah.

Kaos Sablon

Ide usaha yang terakhir adalah kaos sablon. Saat ini banyak sekali yang membutuhkan sablon mengingat pemilu sebentar lagi. Tran kaos sablon ini muncul saat ada fenomena distro pakaian dan juga factory outlet lokal yang mulai menjamur, namun saat ini siapapun bisa membuka usaha ini dengan mudah meski hanya dengan skala rumahan.  Trik bagi Anda yang akan menggeluti bisnis ini adalah usahakan untuk menetapkan target pasar yang tepat dan jelas, jangan mengambil semua lini konsumen karena tidak akan maksimal, kemudian berikanlah kualitas sablon terbaik yang aman tidak akan mudah crack atau pecah ketika dicuci dan dijemur.

Kaos Sablon

Untuk menggeluti bisnis ini pun semakin mudah karena sudah ada mesin printer khusus kaos yang bisa mencetak gambar langsung ke kaos dan tentunya full color. Anda harus menyiapkan budget mulai dari 15 juta rupiah, ditambah lagi menyiapkan kaos polos berbagai warna untuk sablon namun kebanyakan konsumen menyukai warna hitam dan putih. Harga per pieces kaos ini mulai dari 15 ribu sampai dengan 20 ribu.

Demikianlah beberapa ide peluang usaha percetakan (digital printing) yang bisa Anda jadikan pertimbangan, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

bisnis percetakan dan ternak -

Ide Peluang Usaha Percetakan (Digital Printing) 2019 | Malik | 4.5
error: Content is protected !!