4 Cara Mendapatkan Investor Asing untuk Membangun Bisnis

Modal menjadi bagian yang paling penting dalam membangun bisnis. Semua rencana bisnis yang akan anda bangun harus berlandaskan pada modal yang kuat pula supaya bisa terealisasikan dengan baik. Sebenarnya ada banyak cara untuk mendapatkan dana untuk membangun maupun mengembangkan bisnis anda. secara umum, ada dua sumber investor besar yang saat ini menjadi rujukan para pebisnis, yaitu investor dalam negeri dan investor luar negeri atau asing. Mungkin di Indonesia, pebisnis lebih sering mencari investor dari dalam negeri karena selain akses yang lebih mudah, kemungkinan proposal di terima juga lebih besar. Nah, jika anda berencana untuk mencoba menggaet para investor asing, berikut adalah cara mendapatkan investor asing untuk membangun bisnis.

Investor Asing

Investor Asing

Investor Asing

Hal pertama yang harus anda perhatikan untuk mendapatkan investor asing adalah memahami karakter investor asing. Jika anda berpikir investor asing akan memperhatikan bisnis anda secara detail, maka anda salah besar. Kebanyakan investor asing hanya melihat perusahaan atau bisnis anda dari permukaan saja. Mereka cenderung tidak mau tahu dan hanya peduli dengan keuntungan yang mereka dapatkan saja. Jadi anda harus benar-benar membuat kesan baik perusahaan anda di mata investor asing. Usahakan untuk menata tampilan perusahaan sehingga menimbulkan kesan kredibel dan profesional. Hal tersebut akan menambah nilai anda sebagai startup lokal di mata investor asing. Anda juga harus bisa menyajikan konsep atau rancangan bisnis yang matang sehingga investor bisa melihat peluang dan untung yang didapatkan di dalamnya.

Kompetisi Bisnis

Kompetisi Bisnis

Kompetisi Bisnis

Nah, cara yang kedua ini cukup menarik. Anda mungkin sudah sering mendengar tentang kompetisi bisnis yang sering di gelar baik di dalam maupun luar negeri. Anda tentu juga bisa menjadi salah satu peserta dari kompetisi bisnis tersebut dan mendapatkan hadiahnya sebagai tambahan modal bisnis anda. Nantinya dalam kompetisi tersebut anda juga akan bertemu banyak investor asing yang mungkin tertarik pada bisnis anda. Yang perlu anda perhatikan adalah saingan dalam kompetisi tersebut. Jelas anda akan bertemu dengan banyak pebinis hebat dari berbagai dunia. Maka satu kewajiban anda menawarkan konsep bisnis yang bisa menarik minat para investor asing ke dalam bisnis anda. Jangan lupa pula untuk menyiapkan presentasi yang profesional. Anda bisa mempersiapkan materi presentasi yang padat, kredibel, dan profesional setelah melakukan riset terkait dengan keinginan dan selera para investor tersebut.

Hutang

Cara selanjutnya adalah hutang. Tidak dipungkiri jika hutang sebagai modal sebuah bisnis sudah jamak sekali dilakukan. Begitu pula dengan cara mendapatkan modal dari investor asing. Anda bisa mengajukan hutang ke luar negeri dengan jumlah yang ditentukan. Nah, namun anda juga harus mengerti bahwa mengajukan hutang ke luar negeri juga memiliki banyak ketentuan layaknya hutang di dalam negeri.

hutang

hutang

Bahkan lebih rumit lagi. Satu-satunya keuntungan dari hutang ke luar negeri adalah dana segar yang tidak terbatas. Masalah lain yang harus anda pertimbangkan sebelum mengajukan hutang adalah suku bunga yang ditentukan. Anda harus benar-benar cermat karena jika salah perhitungan, bisa dipastikan anda akan sangat kesusahan dalam mengembalikan hutang tersebut. Alih-alih mendapatkan untung, perusahaan anda malah berisiko terkena krisis karena terjerat hutang dengan pihak asing. Seimbangkan antara pertumbuhan profit perusahaan dengan suku bunga serta pokok yang harus anda bayarkan nantinya.

Hibah

Cara yang satu ini tergolong sangat sulit di lakukan. Namun bukannya tidak mungkin, anda bisa mendapatkan dana segar sebagai tambahan modal bisnis anda dari hibah. Cara ini sangat jarang ditemukan karena jelas, sangat jarang ada investor yang memberikan dananya secara cuma-cuma tanpa adanya retur keuntungan yang seimbang.

Hibah

Hibah

Anda bisa mencari informasi mengenai para investor yang menyediakan dana hibah dari banyak situs di internet. Anda juga bisa memanfaatkan relasi bisnis anda di luar negeri untuk mengupayakan dana hibah tersebut. Keuntungan dana hibah sepadan dengan cara memperolehnya. Anda tidak perlu memikirkan seberapa besar retur atau keuntungan yang harus anda setorkan kepada pemberi dana hibah nantinya. Anda juga tidak perlu khawatir membayarkan cicilan seperti saat anda mengajukan hutang.

Kesimpulan

Dari berbagai cara mendapatkan investor asing untuk membangun bisnis di atas, ada satu kesimpulan yang bisa di dapatkan. Menarik investor dari luar negeri atau asing jelas membutuhkan banyak persiapan baik secara internal maupun eksternal. Anda di tuntut untuk menyediakan lebih dari sekedar strategi bisnis yang baik untuk mendapatkan perhatian dari para investor tersebut. Silakan lengkapi semua kebutuhan yang sekiranya diperlukan bagi investor untuk mengetahui aspek apa saja dari perusahaan anda seperti laporan neraca, untung rugi, hingga risikonya.

Itulah beberapa cara mendapatkan investor asing untuk membangun bisnis yang bisa anda coba aplikasikan. Semoga bermanfaat.

4 Cara Mendapatkan Investor Asing untuk Membangun Bisnis | Malik | 4.5
error: Content is protected !!