Cara Menanam Bunga Terompet, Manfaat Serta Peluang Usahanya

Cara menanam bunga terompet – Dari namanya, bunga terompet terdengar seperti bunga yang unik dan indah. Tapi bukan hanya itu, bunga ini memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kandungan yang terdapat didalamnya. Dengan demikian, hal ini banyak dimanfaatkan oleh orang- orang cermat untuk dijadikan lahan bisnis yang menjanjikan. Bentuknya yang indah membuat bunga ini banyak dijadikan tanaman hias. Selain itu, manfaat lain dari bunga ini yakni sebagai tanaman obat yang menjadikan tanaman ini layak untuk dijadikan lahan bisnis. Terlebih lagi, cara menanam bunga terompet ini tergolong mudah sehingga untuk kalian yang masih baru belajar merawat bunga dapat paham dengan cepat. Jadi bagaimana? Apakah kalian tertarik? Jika iya, kalian dapat menyimak artikel ini untuk mendapatkan wawasan mengenai cara merawat sekaligus teknis berbisnis budidaya tanaman bunga terompet. Sebelum itu, marilah kita simak manfaat dari bunga terompet terlebih dahulu.

Perawatan dan Budidaya Bunga Terompet

Berikut ini cara menanam bunga terompet yang baik dan benar:

  1. Pembibitan Awal

Budidaya bunga terompet sangatlah mudah. Selain bunganya yang indah, ternyata cara menanam bunga terompet ini hanya dengan stek batang. Kalian dapat memilih batang bunga terompet yang sudah besar dan sehat kemudian potong miring lalu ditancapkan di lahan atau pot tanaman yang sudah kalian siapkan.

  1. Penanaman Bibit

Setelah proses pembibitan di atas selesai, jangan lupa mencampurkan pupuk kendang atau kompos di media tanam kalian. Tancapkan bibit batang dengan kedalaman sekitar 30cm untuk memastikan bibit dapat mengembangkan akarnya dengan kuat. Selain itu, pastikan posisi dari batang bibit berdiri tegak untuk membantu proses pertumbuhannya nanti.

  1. Perawatan Tanaman

Sebelum bibit dapat hidup, lakukanlah penyiraman secara rutin. Kemudian, apabila bibit telah tumbuh berkembang kalian dapat menyiram seperlunya saja. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pupuk agar nutrisi dari bunga terompet tersebut dapat terpenuhi. Lakukan pemupukan setiap 2 bulan sekali.

Manfaat Bunga Terompet

Selain terkenal sebagai tanaman hias yang cantik, ternyata bunga terompet ini memiliki beberapa khasiat lain dari kandungannya. Dalam dunia medis, bunga ini diperlukan sebagai bahan untuk pembuatan obat bius, spasmolitik, antikoligernik, narkotik, anti asma, dan lainnya. Kemudian, bunga ini juga menandung zat bermanfaat lainnya seperti skopolomin, hiosiamin, atropin, dan lainnya yang merupakan suatu alkaloid penting. Fungsi- fungsi tersebut termasuk khasiat yang sangat diperlukan dalam dunia medis modern saat ini.

Manfaat Budidaya Bunga Terompet

Manfaat Budidaya Bunga Terompet

Terlebih lagi, bunga terompet ini juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan luar seperti untuk mengobati penyakit sakit kepala, artritis, pegal, nyeri, dan lainnya. Biasanya, bunga terompet ini akan dikemas dalam bentuk salep atau sirup untuk memudahkan pengguna. Sangat bermanfaat bukan?

Di lain sisi, kandungan bunga terompet sebenarnya kebanyakan beracun. Tapi jangan khawatir, beracun atau tidaknya suatu obat bergantung pada pengolahnya. Jadi, tanaman ini masih tetap dijadikan sebagai bahan utama para medis untuk obat dalam seperti sakit perut, membunuh bakteri dalam tubuh, dan lainnya. Oleh karena itu, bunga terompet ini sangat menjanjikan untuk dijadikan sebagai lahan bisnis karena manfaatnya yang begitu banyak.

Bisnis Pertanian Budidaya Bunga Terompet

Bisnis Budaidaya Bunga Terompet

Bisnis Budaidaya Bunga Terompet

Lahan bisnis yang dihasilkan oleh budidaya bunga terompet tergolong menjanjikan. Bagaimana tidak, bisnis pertanian tamanan ini memang tergolong sebagai salah satu bisnis yang selalu berhasil. Selain perawatannya yang mudah, banyak calon pembeli yang tertarik dengan tanaman hias yang satu ini. Kalian dapat memulai bisnis budidaya tanaman bunga terompet dengan modal kecil di lahan atau pekarangan rumah kalian.

  1. Siapa Saja Dapat Berbisnis Budidaya Bunga Terompet

Ya, bisnis yang satu ini tergolong langkah usaha yang mudah dan menjanjikan. Semua orang tentunya dapat menjalanankan bisnis ini. Dengan arti lain, kalian hanya perlu niat dan kesungguhan yang kuat untuk berani memulai lahan bisnis ini.

  1. Konsumen Dari Bisnis Budidaya Bunga Terompet

Kalian tidak perlu khawatir mengenai mencari calon pembeli produk bunga terompet kalian. Bunga ini sangat laku di pasaran dan seringkali dicari orang, baik untuk diolah dijadikan bahan obat ataupun hanya sebagai tanaman hias. Jenis konsumen yang akan kalian dapatkan dari bisnis budidaya bunga terompet ini tergantung pada lokasi. Apakah di daerah kalian lebih banyak konsumen pengelola khasian dari bunga terompet ataukah lebih banyak konsumen dari pengoleksi tanaman hias tersebut. Yang pasti, kalian tidak akan kehabisan calon pembeli dari lahan usaha yang satu ini.

  1. Peralatan Untuk Perawatan Bunga Terompet

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kalian memerlukan kesungguhan tekad mulai dari awal, misalnya dalam hal kelengkapan peralatan perawatan. Peralatan yang paling penting untuk mengelola lahan bunga terompet kalian yakni lahan yang cukup, cangkul, gerobak, golok, sabit, bibit bunga terompet, pompa air, hand sprayer, selang air, dan peralatan umum bertani lainnya.

  1. Pemasaran Bisnis Budidaya Bunga Terompet

Seperti yang dibahas di atas tadi, konsumen kalian tergantung pada daerah masing- masing. Carilah calon konsumen yang sekiranya dapat berlangganan untuk kedepannya. Kalian bisa mencoba memasarkan budidaya bunga terompet kalian ke pengepul atau ke pecinta bunga hias. Tapi, apabila kalian ingin keuntungan yang lebih besar, saya sarankan untuk lebih fokus memasarkannya ke para pecinta bunga hias.

  1. Karyawan atau Pengelola Bisnis Budidaya Bunga terompet

Hal ini tergantung pada pilihan kalian. Kalian dapat memperkerjakan beberapa karyawan tambahan untuk membantu mengelola bisnis ini. Carilah karyawan yang jujur dan bertanggung jawab agar tidak merugikan bisnis kalian. Namun, apabila kalian merasa sanggup mengelola usaha ini sendirian bersama keluarga, maka saya pikir itu lebih baik. Tapi tetap ingatlah, bisnis ini perlu perawatan yang intens untuk menjaga kualitas budidaya bunga terompet tersebut. Jadi pikirkanlah matang- matang sebelum mulai menentukan.

  1. Harga Jual Bisnis Budidaya Bunga Terompet

Untuk masalah ini, sebenarnya tergantung lokasi. Apakah bunga terompet di daerah kalian tergolong langka atau memiliki pasokan yang normal. Tapi untuk pasaran rata- rata dari bunga ini yakni sekitar 5.000 Rupiah hingga 10.000 Rupiah.

  1. Prakiraan Modal Dan Biaya Bisnis Budidaya Bunga Terompet

Untuk prakiraan biaya modal awal dan biaya operasional dari bisnis budidaya bunga terompet tergolong murah dan dapat dijangkau siapa saja. Pertama, prakiraan untuk biaya modal awal dari bisnis ini adalah sekitar 10 Juta Rupiah, cukup kecil bukan. Modal awal ini meliputi penyewaan lahan, pembukaan kebun, pembelian peralatan berkebun, dan beberapa biaya variabel lainnya. Kemudian, untuk prakiraan biaya operasional perbulan adalah 7 Juta Rupiah. Biaya ini sudah termasuk penyusutan peralatan modal awal serta biaya variabel seperti pupuk, pot bunga, BBM, dan lainnya. Sedangkan, perkiraan keuntungan bersih perbulan yakni sekitar 2 Juta Rupiah. Hasil ini diperoleh dari contoh perhitungan jika terjual 260 pot bunga terompet perbulan dan harga per pot yakni 7.000 Rupiah. Cukup menggiurkan bukan?

Nah demikian pembahasan artikel ini. Semoga penjelasannya dapat memberikan hidayah untuk kalian yang memiliki tekad untuk mencoba bisnis budidaya bunga terompet. Tetaplah berusaha dan semoga sukses.

 

Cara Menanam Bunga Terompet, Manfaat Serta Peluang Usahanya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!