7 Cara Mempromosikan Usaha Melalui Bazar Paling Efektif dan Efisien

Cara mempromosikan usaha melalui bazar – Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis, selain dengan cara online Anda bisa mempromosikannya dengan cara offline. Cara offline yang dimaksud adalah melalui bazar atau event tertentu yang mana sering diadakan pada kota-kota besar. Kota yang sering mengadakan bazar adalah kota Jakarta dengan tema yang berbeda seperti kuliner, fashion, tanaman, dan masih banyak lagi lainnya. Anda yang ingin memperkenalkan bisnis Anda, bisa melalui basar tersebut dengan menyewa stand atau both yang sudah disediakan oleh panitia. Tentunya agar maksimal, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mempromosikan usaha melalui bazar yang efektif dan efisien seperti berikut ini:

Kenali Konsep Bazar dengan Baik

Bazar

Bazar

Bazar yang diselenggarakan memiliki konsep yang berbeda-beda, sehingga Anda harus memahami konsepnya dengan baik dan benar terlebih dahulu. Dengan memahami konsepnya Anda bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan harga. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan konsep atau tema bazar tersebut. Jangan sampai Anda mempromosikan bisnis kuliner di bazar yang konsepnya adalah otomotif. Tidak hanya itu saja, yang sering terjadi adalah banyak peserta bisnis yang mengikuti bazar tidak sesuai dengan tagline yang diusung oleh penyelenggara. Misalnya saja adalah bazar kuliner dan fashion murah, namun Anda justru memberikan produk Anda dengan harga selangit. Tentunya konsumen tidak akan banyak melirik bisnis Anda.

Pahami Cara Sistem Sewa Stan / Booth

Sistem Sewa Stan

Sistem Sewa Stan

Cara mempromosikan usaha melalui bazar selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana konsep dari sewa stand ini. Yang bisa Anda pertanyakan adalah bagaimana sistem pembayaran dari sewa stand tersebut apakah harian atau dibayar selama bazar berlangsung. Dari informasi ini Anda bisa mengira-ngira berapa besar kebutuhan dana yang Anda butuhkan untuk mengikuti bazar tersebut. Kemudian Anda bisa mengkalkulasikan berapa besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari pameran tersebut.  Jika keuntungan yang Anda dapatkan tipis maka Anda tidak perlu mengikuti bazar tersebut terlebih lagi jika Anda tidak mendapatkan keuntungan atau justru merugi.

Networking

Dalam bazar atau pameran akan dihadiri oleh banyak orang yang mana Anda kenal atau tidak kenal. Hal ini bisa menjadi sarana bagi Anda untuk mempromosikan bisnis sebaik-baiknya dengan cara menjalin kerja sama dengan orang yang tidak kenal. Jika dirasa menguntungkan, Anda bisa menjalin kerja sama dengannya.

Berikan Brosur

Berikan brosur

Berikan brosur

Tentunya Anda tidak ingin bukan jika biaya sewa, transport, dan lain sebagainya terbuang sia-sia. Oleh sebab itulah ada baiknya jika Anda memaksimalkan promosi saat di bazar tersebut. Anda bisa memberikan brosur kepada setiap pengunjung yang lewat. Dengan begitu dibutuhkan minimal dua orang untuk mengikuti bazar dimana Anda jaga stand dan teman Anda membagikan brosur atau bisa juga dengan berganti tugas.

Kartu Nama

Jangan pernah Anda melupakan satu ini untuk promosi dan branding. Tanpa kartu nama, bisnis dan profil Anda tidak akan bisa dikenal oleh pengunjung. Terlebih lagi jika Anda mengikuti bazar di luar kota sehingga jika tidak meninggalkan kartu nama pengunjung yang tertarik dengan bisnis Anda tidak akan bisa menemui dan menghubungi Anda kembali. Di dalam kartu nama tersebut Anda bisa mencantumkan nama Anda, perusahaan Anda, alamat, dan juga kontak yang bisa dihubungi. Jika Anda sudah memiliki website profesional tidak ada salahnya jika Anda juga mencantumkan alamat website di kartu nama Anda tersebut.

Berikan Direct Email atau Alamat Sosial Media

Di dalam suatu event atau bazar orang-orang akan bertukar alamat atau kontak yang bisa dihubungi. Selain bertukar dengan nomor WhatsApp Anda bisa memberikan alamat email kepada orang-orang tersebut. Mengapa hal ini penting? Melalui email tersebut Anda bisa membangun sebuah promosi yang berhubungan dengan bisnis Anda dimana langsung ditujukan kepada alamat email penerima.

Tidak hanya itu saja untuk mempromosikan usaha di bazar, Anda bisa dengan memberikan alamat sosial media dimana yang sudah dikelola secara profesional. Misalnya saja adalah Facebook dan juga instagram khusus bisnis. Hal ini tidak hanya berlaku untuk berpromosi saja namun melalui bazar ini juga Anda bisa mendapatkan investor yang mau menanamkan modalnya di bisnis Anda. Sehingga bazar ini sangat bermanfaat untuk Anda mencari konsumen maupun mencari investor.

Berikan Sampel

Berikan sampel

Berikan sampel

Untuk menciptakan branding Anda harus bersusah-susah terlebih dahulu. Salah satu cara branding yang sukses untuk bisnis Anda adalah berikan sampel produk Anda. Alasannya adalah pengunjung hanya akan melirik dan melihat tanpa membeli jika mereka belum tahu bagaimana rasa produk Anda. Hal ini berlaku bagi Anda yang membuka bisnis kuliner. Setelah dirasa rasanya enak dan cocok di lidah, pengunjung tersebut akan membeli produk Anda dan merekomendasikannya kepada teman-temannya yang menghadiri bazar.

Demikianlah cara mempromosikan usaha melalui bazar paling efektif dan efisien yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

7 Cara Mempromosikan Usaha Melalui Bazar Paling Efektif dan Efisien | Malik | 4.5
error: Content is protected !!