Cara Membuat Web Gratis untuk Toko Online dari Nol agar Laris

Mengetahui cara membuat web gratis untuk toko online tentu menjadi hal yang sangat menarik bagi setiap orang yang ingin menjalankan usaha dengan memanfaatkan perkembangan teknologi internet. Hal ini karena beberapa tahun belakangan perkembangan internet memberikan dampak yang cukup besar bagi gaya hidup masyarakat, terutama pada gaya belanja. Jika dulu kebanyakan orang harus pergi ke tempat perbelanjaan terlebih dahulu ketika ingin membeli barang, maka sekarang mereka hanya membutuhkan koneksi internet dan membeli barang yang diinginkan via toko online.

Sadar atau tidak, perkembangan toko online dewasa ini memang terbilang sangat pesat. Hal tersebut diperkuat dengan munculnya website yang mengusung tema toko online seperti Tokopedia, Shopee, OLX, Bukalapak, Lazada, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hanya saja terkadang pengguna toko online diharuskan membayar sejumlah uang agar barang-barang yang mereka pasang dapat diketahui oleh banyak orang. Untuk itu, apa salahnya jika Anda membangun sebuah website pribadi yang diperuntukkan dalam menjalankan toko online?

Cara Membuat Website Gratis yang Mudah Dilakukan

Sekedar informasi, memiliki website berarti Anda telah memiliki rumah tersendiri yang bebas melakukan segala hal di dalamnya, termasuk membangun sebuah toko online. Dan ternyata, membuat sebuah website gratis untuk toko online tidaklah sulit. Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa cara membuat web gratis untuk toko online yang dapat Anda lakukan.

Langkah Pertama: Menentukan Barang yang Ingin Dijual

Tentukan barang yang akan dijualTentukan barang yang akan dijual

Tentukan barang yang akan dijual

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menentukan barang atau produk apa saja yang akan Anda jual pada toko online. Hal ini bertujuan agar ke depannya Anda tidak kesulitan dalam mencari sebuah tema yang sesuai untuk website tersebut. Sekedar informasi, sebuah website toko online yang bagus merupakan situs yang menjual 1 tema barang saja seperti jam tangan, alat olahraga, fashion, dan sebagainya.

Dengan menentukan barang yang Anda jual, maka website gratis Anda dapat lebih diingat oleh para pelanggan yang ingin membeli barang-barang pada toko online tersebut.

Langkah Kedua: Menentukan Layanan Platform yang Sesuai

Langkah kedua yakni memilih layanan platform online seperti apa yang dapat membantu Anda dalam mewujudkan keinginan untuk membuka sebuah toko online. Sebenarnya terdapat banyak sekali platform online yang memiliki tampilan dinamis untuk toko online, namun sebagian besar dari platform tersebut mengharuskan penggunanya untuk membayar domain serta hosting yang digunakan.

Blogspot

Blogspot

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir mengingat banyak platform website gratis yang dapat Anda manfaatkan. Beberapa contoh platform website gratis adalah blogspot.com, about.me, dan wordpress.com. Semua platform tersebut dijamin gratis meskipun terdapat layanan berbayar di dalamnya, terutama jika Anda ingin melakukan upgrade kapasitas penyimpanan website. Tak hanya itu saja, semua platform website gratis tersebut memiliki tampilan yang sangat sederhana sehingga dapat dipahami oleh seorang pemula sekalipun.

Langkah Ketiga: Mempelajari Fitur yang Disediakan Platform Online untuk Pengguna Gratis

Cara membuat web gratis untuk toko online yang selanjutnya yakni mempelajari fitur apa saja yang ditawarkan oleh platform online untuk pengguna gratis. Hal ini karena untuk platform website gratis terkenal seperti blogspot dan wordpress, pengguna diharuskan membayar untuk dapat memanfaatkan fitur-fitur tambahan yang disediakan.

Hosting

Hosting

Bagi Anda yang telah mendapatkan penghasilan cukup besar dari toko platform web online tersebut, tentu bukan hal yang sia-sia apabila melakukan upgrade domain dan hosting sendiri. Kelebihan dari menggunakan fitur atau layanan berbayar ini pada sebuah website adalah pengguna dapat menyimpan lebih banyak memori penyimpanan mengingat toko online membutuhkan memori penyimpanan yang cukup besar karena berisi foto-foto produk. Sedangkan untuk Anda yang masih pemula, sebaiknya manfaatkan fitur gratis pada CMS gratis seperti blogger tersebut secara maksimal akan lebih hemat dalam hal pengeluaran biaya.

Langkah Keempat: Mulai Membangun Website Toko Online

Langkah selanjutnya adalah dengan mulai melangkah dalam membangun sebuah website untuk toko online. Dalam hal ini, Anda dapat membuat sebuah akun pada salah satu platform website online. Setelah itu, lakukan beberapa penyesuaian dalam pemilihan tema agar nantinya toko online yang Anda kelola memiliki tampilan yang dinamis dan nyaman bagi calon pembeli yang berkunjung ke toko online tersebut.

Tak hanya itu saja, sesuaikan tata letak toko online Anda. Perhatikan tentang bagaimana menyusun atau meletakkan tulisan serta galeri foto barang-barang yang akan Anda jual. Meskipun terlihat sepele, peletakan yang sesuai pada sebuah website memberikan pengaruh yang cukup besar dalam menarik minat pengunjung.

Langkah Kelima: Membuat Toko Online Seperti Seorang Profesional

toko online

toko online

Masih berhubungan dengan pengaturan tata letak serta pemilihan tema, cara membuat web gratis untuk toko online yang selanjutnya adalah dengan mengubah tampilan toko online seperti halnya toko online konvensional. Apabila Anda dapat mengelola website seperti seorang profesional, bukan hal yang tak mungkin apabila kepercayaan para pengunjung terhadap toko online tersebut akan semakin besar.

Selain itu, pastikan website Anda memiliki menerapkan mode mobile friendly. Mobile friendly merupakan sebuah mode dimana orang yang mengakses website toko online tersebut dapat melihat tampilan situs dengan tata letak yang bagus. Hal ini karena tak sedikit website yang memiliki tampilan bagus saat diakses lewat komputer, sedangkan tulisannya berantakan ketika diakses via smartphone.

Langkah Keenam: Rutin Melakukan Maintenance

Maintenance

Maintenance

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan rutin melakukan maintenance atau perawatan pada toko online Anda. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan pembaruan terkait tampilan toko online agar lebih indah dilihat pengguna. Selain itu, benahi masalah-masalah lain yang menyebabkan pengguna tidak nyaman saat berbelanja di toko online milik Anda tersebut.

Itulah beberapa cara membuat web gratis untuk toko online yang dapat Anda terapkan. Cara-cara di atas tentunya sangat mudah dilakukan oleh siapapun, bahkan oleh seorang pemula sekalipun. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka Anda dapat membangun toko online Anda sendiri.

Tips agar Website Toko Online Laris Manis

Setelah mengetahui beberapa cara dalam membuat website gratis untuk toko online, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah tentang bagaimana caranya agar toko online tersebut laris manis diserbu pelanggan. Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan adalah:

1.Berikan Nomor Kontak Anda

Tips pertama yakni dengan mencantumkan nomor kontak Anda pada web toko online yang sedang Anda kelola. Hal ini tentu akan semakin mempercepat proses negoisasi atau hanya sekedar menjawab pertanyaan calon customer yang tertarik pada barang-barang yang Anda jual. Dengan memberikan respon cepat, maka pembeli pun akan merasa nyaman berbelanja pada toko online Anda.

2. Deskripsikan Barang dengan Detail

Tips kedua, pastikan setiap barang memiliki keterangan atau deskripsi yang jelas. Hal ini bertujuan agar calon pembeli tak perlu bertanya-tanya ataupun meragukan produk yang Anda jual.

3. Pasang Foto Asli dari Produk yang Dijual

Tips ketiga, pasang foto asli dari produk yang Anda jual. Seperti yang kita tahu, sebagian besar produk yang dijual di web bertema toko online menggunakan satu gambar yang sama dengan keterangan berbeda. Hal tersebut tentunya akan membuat calon pembeli ragu tentang kredibilitas penjual barang tersebut. Untuk itu, sebisa mungkin selalu pasang foto asli dari barang-barang yang Anda tawarkan pada website toko online.

Setidaknya itulah beberapa tips yang dapat dilakukan agar toko online Anda mendapatkan kepercayaan dari para pembeli. Dengan begitu, maka keuntungan besar akan mengalir ke kantong Anda. Semoga ulasan tentang tips serta cara membuat web gratis untuk toko online di atas bermanfaat bagi Anda.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

bj plumbing orem utah -

Cara Membuat Web Gratis untuk Toko Online dari Nol agar Laris | Malik | 4.5
error: Content is protected !!