Cara Membangun Usaha Air Isi Ulang

Cara membangun usaha air isi ulang – Seiring berkembangnya zaman, air minum sangatlah mudah untuk ditemui. Banyak air mineral dalam bentuk kemasan yang dipasarkan di warung, toko, maupun air isi ulang. Oleh karena itu, bisnis air isi ulang sangatlah menjanjikan sebagai peluang usaha di berbagai tempat. Bisnis ini juga didorong oleh tingginya aktivitas dan keefisienan terhadap kebutuhan air minum yang praktis.

Jenis-jenis Usaha Air Isi Ulang

 Usaha Air Isi Ulang

Usaha Air Isi Ulang

Secara umum, bisnis usaha air isi ulang ini dibedakan menjadi 2 jenis, diantaranya adalah:

  1. Usaha air isi ulang biasa.

Usaha ini biasanya menjual air minum tanpa merk atau dengan merk sendiri yang belum terkenal. Bisnis ini memiliki skala yang masih kecil yaitu hanya di lingkungan kabupaten atau kota saja. Harga penjualannya biasanya berkisar dari harga Rp4.000,00 sampai dengan Rp6.000,00.

  1. Usaha air minum bermerk

Usaha ini biasanya menjual air minum, baik pengisian air dan perawatan galon oleh pabrik yang sudah terkenal, seperti Aqua, Vit, dan Cleo. Umumnya, harga penjualannya berkisar dari Rp12.000,00 sampai dengan Rp18.000,00. Perbedaan harga tersebut bergantung pada merk dan lokasi tempat usaha air isi ulang.

Alasan Memilih Usaha Air Isi Ulang

Bisnis air isi ulang ini memiliki perkembangan yang cukup pesat. Profit yang ditawarkan oleh bisnis air minum juga cukup tinggi. Tak hanya itu, ada beberapa alasan lainnya yang juga mendorong perkembangan bisnis ini. Alasan-alasan tersebut adalah:

  • Membutuhkan modal kecil

Dalam membuka usaha air isi ulang, modal usaha yang dibutuhkan terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan jenis usaha lainnya. Anda hanya memerlukan beberapa peralatan saja, seperti galon, alat pembersih, dan alat pengisi air mineral. Dengan demikian, Anda tidak perlu meminjam uang di bank sebagai modal usaha.

  • Simpel dan praktis

Usaha ini dinilai praktis dan simpel, baik bagi konsumen atau bagi pemilik usaha sendiri. Hal ini dikarenakan usaha ini mudah dilakukan bagi para pelaku bisnis dan menghasilkan produk yang praktis bagi konsumen.

  • Tidak membutuhkan tempat yang luas

Bisnis ini tidak membutuhkan tempat yang luas, sehingga Anda dapat memanfaatkan teras rumah Anda sebagai tempat bisnis. Anda juga tidak perlu lagi mencari tempat atau menyewa tempat saat hendak membuka usaha jenis ini.

  • Mudah mendapat pasokan

Pasokan dalam bisnis jenis ini sangat mudah ditemukan. Hal ini dikarenakan sumber mata air di alam ini sangat berlimpah. Selama air masih ada, maka pasokan air untuk bisnis ini juga masih terjamin.

Persiapan Membangun Usaha Air Isi Ulang

Pembangunan usaha air isi ulang ini pastilah membutuhkan persiapan. Persiapan dari berbagai aspek sangatlah penting demi terjadinya kelancaran dan mendapatkan laba atau keuntungan. Ada beberapa cara yang dilakukan untuk mempersiapkan usaha air isi ulang ini.

  1. Pemilihan lokasi usaha yang tepat

Pembangunan usaha air isi ulang ini biasanya cocok untuk daerah yang mementingkan ketersediaan air dengan harga murah. Selain itu, bisnis ini juga bisa diterapkan pada daerah yang kekurangan air bersih untuk dimasak namun mayoritas penduduknya berpenghasilan rendah.

  1. Melakukan perizinan tempat usaha pada dinas kesehatan

Perizinan tempat usaha biasanya dibantu oleh penyedia depo air minum untuk mengurus izin dari kementerian kesehatan. Apabila dari pihak penyedia depo air minum tidak membantu, maka Anda harus mengurus izin sendiri, terutama jika membeli peralatan air isi ulang secara terpisah.

  1. Melakukan survey tempat depot air isi ulang lain

Selain melakukan survey tempat depot isi ulang lain, Anda juga perlu memperbanyak informasi tentang penyediaan air isi ulang. Hal ini dilakukan untuk mengetahui cara-cara dan tips terbaik terutama dalam hal menjaga kualitas air, cara menutup galon dan tisu yang bagus tapi terjangkau, penentuan harga jual, estimasi laba ang akan didapatkan, dan lain sebagainya.

  1. Menentukan modal awal yang dibutuhkan

Modal awal yang dikeluarkan untuk menjalankan usaha air isi ulang ini tidak terlalu besar yaitu sekitar kurang dari Rp10.000.000,00. Hal ini dikarenakan usaha ini hanya membutuhkan beberapa peralatan, seperti alat pengisi air mineral, galon, alat pembersih, listrik, tutup galon, tissue, dan air. Selain itu, tempat yang digunakan untuk usaha ini tidak membutuhkan lahan yang luas. Memanfaatkan teras rumah pun cukup untuk dijadikan depot air isi ulang yang sederhana.

  1. Mengetahui cara memasarkan air isi ulang

Selanjutnya, yaitu mengetahui cara memasarkan air isi ulang ke daerah sekitar dan strategi promosi. Banyaknya persaingan dalam suatu bisnis usaha, terlebih ketika tempat usaha berada di kota besar tentu memerlukan strategi dan cara untuk menarik konsumen agar membeli air isi ulang. Anda dapat menempelkan hasil perizinan kualitas air dari dinas kesehatan agar konsumen makin yakin untuk membelinya. Selain itu, buatlah juga spanduk didepan tempat usaha air isi ulang secara menarik, ukuran besar, dan mudah dibaca.

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara membangun usaha air isi ulang. Semoga artikel ini dapat Anda jadikan sebagai referensi saat Anda hendak membuka usaha air isi ulang.

Cara Membangun Usaha Air Isi Ulang | Malik | 4.5
error: Content is protected !!