Cara Memanfaatkan Teknologi Dalam Bisnis Online

Cara Memanfaatkan Teknologi Dalam Bisnis – Bisnis tanpa melibatkan teknologi cenderung stagnant dan sulit berkembang. Bahkan potensi merugi sangat besar jika pebisnis atau investor tidak punya pemahaman tentang teknologi yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan.

Saat ini teknologi tidak hanya berkembang, tapi berubah sangat cepat. Mobilitas tinggi tak hanya monopoli para produsen, konsumen juga semakin tergantung dengan hal-hal yang sifatnya praktis, cepat, dan tepat. Ini kondisi yang tak bisa ditawar lagi dan yang mampu menfasilitasi kebutuhan tersebut hanya dukungan teknologi.

Sosial media, aplikasi messenger, video chat, adalah sebagian kecil dari kemajuan teknologi saat ini. Mengirim atau menerima dokumen dalam hitungan detik via email sudah menjadi hal biasa. Bahkan rapat penting via video conferencing juga bukan hal yang aneh lagi.

Nah, jika Anda masih kurang memahami cara memanfaatkan teknologi dalam bisnis, Anda akan tumbang dalam rivalitas bisnis yang kian kompetitif. Maka, sebelum Anda semakin jauh tertinggal, pelajari beberapa hal tentang bisnis yang wajib melibatkan teknologi didalamnya.

Promosi via Media Online

social media

Pemanfaatan teknologi informasi untuk pemasaran online semakin marak. Bayangkan, jika dulu kita ingin membeli sesuatu harus meluangkan waktu sekian menit bahkan jam menuju lokasi, kini hanya melalui situs jual beli kita sudah dapat menikmati apa yang kita mau. Cepat, praktis, bahkan tanpa beranjak dari tempat duduk.

Demikian juga dengan Anda, jika Anda pebisnis yang ingin sukses dalam waktu singkat, manfaatkan teknologi yang ada. Promosikan usaha Anda melalui Instagram, Facebook, atau situs marketplace lainnya. Tidak perlu keluar modal banyak untuk mencetak brosur, banner, atau alat iklan yang menghabiskan waktu dan biaya.

Perlu Anda tahu 150 juta penduduk Indonesia adalah pengguna internet aktif. Sekali Anda promosi melalui media internet, produk atau jasa Anda akan dikenal dengan jangkauan tak terbatas. Bahkan ke seluruh dunia selama ada akses internet.

Mempermudah Sistem Transaksi

Pembayaran cashless

Pembayaran cashless

Jika teknologi sudah Anda kuasai dengan komunikasi via chatting atau video call, bahkan promosi produk via media online, lantas teknologi apa lagi yang perlu Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis?

Benar, tentu saja teknologi untuk mempermudah proses transaksi dalam bisnis yang Anda kelola. Harus dipahami bahwa sekali Anda terjun ke bisnis berbasis online maka ada banyak hal yang wajib Anda pelajari, termasuk cara transaksi dan pembayaran.

Transaksi secara online hampir mustahil jika dilakukan menggunakan uang tunai atau cash. Kecuali untuk radius tertentu. Nah, mau tak mau Anda harus membuka rekening untuk kemudian mendaftar i-banking dan m-banking untuk mempermudah pembayaran.

Saat ini banyak konsumen lebih memilih menggunakan credit card atau kartu debit ketika melakukan pembayaran sebagai pengganti uang tunai. Bahkan untuk transaksi tertentu mulai banyak yang menggunakan mata uang virtual seperti Dana e-Cash, Pay-pal,  Bitcoin dan pembayaran cashless lainnya. Jadi, akan sangat ketinggalan jaman jika Anda masih memikirkan setumpuk uang kertas yang hanya bikin penuh kantong celana.

Meningkatkan Produktivitas

Cara memanfaatkan teknologi dalam bisnis pengaruhnya sangat signifikan terhadap produktivitas kerja. Dengan kata lain, adanya teknologi sangat memungkinkan bagi Anda untuk berinovasi dan melakukan berbagai improvement sehingga produktivitas kerja semakin maksimal.

peningkatan produktivitas

peningkatan produktivitas

Misalnya untuk mencatat keluar masuk barang, berapa unit yang terjual, berapa unit yang return, jumlah barang yang rusak, stok apa saja yang habis, semua bisa Anda kendalikan melalui perangkat komputer. Bahkan bisa juga menggunakan ponsel meskipun kurang begitu mendukung.

Melalui software pada desktop, Anda dengan mudah dapat meng-handle transaksi, tanya jawab konsumen, keluhan pelanggan, bahkan mungkin bisa menemukan produk baru yang belum Anda perkenalkan kepada konsumen. Intinya memanfaatkan teknologi untuk bisnis sangat efektif untuk meningkatkan produktivitas sekaligus membangun manajemen tugas yang baik.

Seribu Persen Memberi Layanan Terbaik untuk Konsumen

Pahami dulu bahwa konsumen adalah sumber kehidupan bisnis. Sederhananya, tanpa konsumen bisnis Anda mustahil dapat berkembang. Jadi pastikan mereka mendapatkan seribu persen kepuasan melalui layanan terbaik yang Anda berikan.

Lagi-lagi disini Anda wajib melibatkan teknologi. Anda bisa melakukan survey kepuasan pelanggan secara online. Tidak hanya spesifik disitu namun media online bisa dijadikan sarana untuk mengetahui seberapa tingkat kepuasan mereka. Review konsumen baik yang positif maupun negatif merupakan tolok ukur sekaligus bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas layanan.

Meningkatkan Keamanan Informasi Bisnis

Bisnis online sangat tergantung dari teknologi perangkat lunak. Sistem keamanan informasi yang rentan dapat membuka peluang hacker atau peretas untuk mengacaukan bisnis. Untuk itu sangat penting meningkatkan sistem keamanan pada bisnis Anda untuk meminimalkan orang tidak bertanggung jawab mendapat akses ke sistem informasi sensitif.

Buatlah sistem keamanan tingkat tinggi melalui teknologi yang memastikan bahwa semua informasi hanya bisa diakses oleh Anda sendiri atau orang-orang terpercaya. Tentunya melalui permintaan email atau password yang terkonfirmasi sehingga tidak ada kebocoran data.

Saat ini dunia bisnis tidak bisa lepas dari teknologi. Oleh sebab itu cara memanfaatkan teknologi dalam bisnis harus Anda pelajari. Teknologi mampu membuat bisnis berkembang pesat jika Anda mampu menguasainya. Sebaliknya Anda akan kalah bersaing jika tetap ‘buta’ teknologi informasi.

 

Cara Memanfaatkan Teknologi Dalam Bisnis Online | Malik | 4.5
error: Content is protected !!