https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Berbagai Macam Peluang Usaha Pertanian Yang Menguntungkan Modal Minim

Tidak semua bisnis membutuhkan modal yang besar sebab usaha di bidang pertanian hanya membutuhkan modal yang begitu minim. Namun jangan salah,  usaha pertanian tersebut ternyata mampu menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Bagi Anda yang tertarik maka simak berbagai macam peluang usaha pertanian yang menguntungkan dengan modal yang minim berikut ini.

Produksi Pupuk Kompos

Peluang usaha pertanian yang menguntungkan yang pertama yaitu dengan memproduksi pupuk kompos. Tidak hanya membutuhkan biaya yang sedikit, melainkan pembuatan pupuk kompos tersebut begitu gampang untuk dilakukan karena hanya memanfaatkan limbah dapur atau rumah tangga saja.

Baca juga : Peluang Bisnis Modal Kecil di Desa yang Menguntungkan

Selain itu, pupuk kompos juga mempunyai potensi yang begitu pesat di pasaran karena permintaan dari konsumen akan semakin meningkat. Mengingat banyak orang yang mulai bercocok tanam di rumah sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha pertanian yang menguntungkan. Supaya cepat laku terjual maka Anda bisa mempromosikannya secara online melalui media sosial maupun beberapa marketplace atau e-commerce.

Jual Tanaman Hias

Bukan rahasia umum lagi jika berjualan tanaman hias akan memberikan profit yang berlipat ganda. Hal ini tidak lain karena banyak orang yang semakin menyukai hobi berkebun maupun bercocok tanam tadi.  Apalagi tanaman hias mampu mempercantik hunian baik secara indoor maupun outdoor sehingga tidak heran jika pangsa pasarnya jauh lebih luas.

Jika Anda tertarik untuk mencoba peluang usaha pertanian yang menguntungkan yang satu ini maka pilih jenis tanaman hias yang sedang ngehits. Mulai dari Lidah Mertua, Janda Bolong atau Monstera, Philodendron Micans, Calathea, Cryptanthus Red, dan juga Sri Rejeki atau Begonia.

Bisnis Alat Berkebun

Apabila Anda merasa kurang memahami ilmu pertanian atau bercocok tanam maka bisnis jualan alat berkebun ini bisa dijadikan pilihan lain. Seiring bertambahnya permintaan akan bibit maupun tanaman, maka pangsa pasar dari penjualan alat berkebun akan kian mengikuti.

Bahkan, Anda bisa memulai usaha pertanian tersebut dengan modal yang begitu kecil. Caranya sangat mudah, cukup beli beberapa macam alat perkebunan seperti halnya pot, sekop, hingga penyiram tanaman lalu jual kembali secara online maupun offline.

Lebih baik beli peralatan berkebun tersebut dalam jumlah yang banyak atau borongan sehingga Anda bisa mendapatkan diskon. Dengan begitu harganya menjadi jauh lebih murah dan jika dijual kembali maka keuntungan yang akan Anda dapatkan menjadi berkali lipat.

Jualan Media Tanam

Beberapa media tanam yang bisa Anda jual yaitu berupa sekam padi, humus, sekam bakar, sabut kelapa, dan lain sebagainya yang mempunyai potensi besar saat dijual. Jika Anda ingin mendapatkan untung yang jauh lebih besar maka gabungkan ide usaha yang lainnya dari poin sebelumnya.

Sebagai contoh, Anda bisa berjualan media tanam dan juga alat berkebun maupun pupuk kandang. Meskipun terlihat sepele untuk dilakukan namun jangan salah, bisnis gabungan ini membutuhkan ketekunan yang begitu tinggi. Sehingga Anda harus tekun dan juga giat dalam memasarkan produk pertanian tersebut supaya bisa cepat laku.

Jualan Bumbu Dapur / Bahan Masakan

Di pasaran, makanan ready to cook alias yang berisi bahan makanan siap masak memang sedang populer. Maka dari itu Anda tidak boleh melewatkan peluang bisnis pertanian yang satu ini karena untung yang diperoleh bisa jauh lebih besar jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Umumnya bumbu dapur atau bahan masakan tersebut telah disajikan secara langsung dalam makanan ready to cook. Sehingga nantinya konsumen bisa langsung memasaknya saja atau melakukan eksperimen sendiri.

Bisnis Tanaman Hidroponik

Singkatnya tanaman hidroponik ini merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah sedikitpun. Melainkan, nantinya Anda hanya perlu menanam bibit tersebut ke dalam air yang mengandung campuran unsur zat hara saja.

Dengan begitu nantinya Anda bisa mulai membudidayakan tanaman hidroponik ini di rumah secara langsung dan pastinya tidak membutuhkan lahan yang luas. Apalagi peluang usahanya sangat menjanjikan dan modalnya hanya sedikit.

Baca juga : Hasil Lebih Melimpah, Ini 6 Teknik Budidaya Semangka Hidroponik yang Benar!

Menariknya lagi harga jual dari tanaman hidroponik ini jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan yang ditanam secara konvensional. Untuk itu tidak ada alasan lagi untuk menolak peluang usaha tanaman hidroponik ini karena banyak diminati orang-orang.

Demikian ulasan artikel mengenai berbagai macam peluang usaha pertanian yang menguntungkan sehingga bisa langsung Anda coba sekarang juga. Mengingat modal usaha dari bisnis di bidang pertanian tersebut begitu kecil sehingga tidak ada salahnya untuk memulainya sejak awal.

Berbagai Macam Peluang Usaha Pertanian Yang Menguntungkan Modal Minim | Malik | 4.5