https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Ragam Manfaat Investasi Saham Bagi Mahasiswa Yang Menggiurkan, Mau Tahu?

kalangan, tak terkecuali untuk mahasiswa sekalipun. Perkembangan teknologi akhirnya mampu mendorong generasi muda menjadi lebih melek akan finansial. Berikut ini merupakan berbagai manfaat investasi saham bagi mahasiswa yang perlu Anda ketahui supaya mempunyai dana darurat untuk keperluan mendesak nantinya.

Sebagai Penghasilan Tambahan

Manfaat investasi saham bagi mahasiswa yang pertama yaitu bisa dijadikan sebagai pendapatan tambahan ke depannya. Mengingat hasil investasi umumnya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga tabungan maupun deposito. Bahkan, pendapatan yang diperoleh dari hasil investasi ini minim biaya administrasi.

Manfaat investasi saham bagi mahasiswa

Belum lagi pajaknya hanya relatif sedikit daripada deposito sehingga tidak ada alasan untuk takut melakukan investasi.  Menariknya lagi Anda bisa menyesuaikan instrumen investasi yang dipilih berdasarkan level risikonya.

Persiapan Membeli Rumah

Tidak sedikit anak muda Indonesia yang ingin memiliki rumah sendiri, namun sayangnya sebagian besar masih sulit untuk mendapatkannya. Belum lagi harga properti yang kian meningkat seiring berjalannya waktu sehingga tidak jarang yang menjadi minder dan mengurungkan niatnya untuk membeli rumah.

Dengan begitu apabila Anda ingin memiliki rumah dalam jangka waktu 10 hingga 20 tahun kedepan, maka lebih baik lakukan investasi terlebih dahulu sejak awal. Meskipun pada waktu yang telah ditargetkan tersebut total investasi yang dimiliki belum mencukupi, namun setidaknya Anda masih bisa membayar DP tanpa meminjam orang tua.

Menyiapkan Dana Pensiun

Poin lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan investasi yaitu menyiapkan dana pensiun sedari dini. Sebab tidak semua anak muda berkeinginan menjadi seorang PNS yang mana mempunyai dana pensiunan tetap. Apalagi pemerintah mempunyai wacana untuk mengganti PNS dengan artificial Intelligence beberapa tahun mendatang.

Padahal salah satu hal yang menggiurkan dari PNS yaitu mendapatkan dana pensiunan, sehingga ketika sudah memasuki usia senja tidak akan menyulitkan finansial orang lain. Untuk itu Anda harus menyiapkan dana pensiun sejak awal karena waktunya masih sangat lama dari usia mahasiswa menuju masa tua.

Belajar Mempunyai Tanggung Jawab Finansial

Saat masih menjadi mahasiswa, biasanya biaya sekolah maupun uang saku masih ditanggung oleh orang tua maupun beasiswa. Tetapi meskipun seolah tidak merasa ada tanggungan untuk mencari uang, tetapi Anda harus lebih sadar akan pentingnya tanggung jawab dalam mengelolanya.

Salah satunya yaitu dengan mencari penghasilan tambahan supaya Anda bisa tahu betapa susahnya memperoleh uang dan mengaturnya.  Dengan menyisihkan hasil pendapatan baik dari uang saku orang tua maupun hasil bekerja part time, Anda bisa melakukan investasi supaya jika ada kebutuhan mendesak bisa ditangani.

Hidup Mandiri

Sebagian besar cita-cita dari anak muda saat ini yaitu mampu hidup mandiri, dalam artisan secara finansial. Pola pikir tersebut memang sangat baik karena artinya anak muda jaman sekarang ingin memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa adanya campur tangan dari orang tua lagi. Namun sayangnya tidak semua anak muda mempunyai privilege untuk memperoleh pendapatan dengan nominal yang besar.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa melakukan investasi perlahan-lahan dengan nominal yang masih kecil tadi. Dengan demikian, meskipun uang yang dikumpulkan masih belum cukup untuk membeli rumah secara tunai maupun menyiapkan dana pensiun tetapi paling tidak sudah ada yang dicicil.

Membangun Keluarga

Biaya keluarga memang masih menjadi momok bagi generasi milenial yang akan menikah atau membangun keluarga. Sebab nantinya Anda tidak hanya membutuhkan biaya resepsi pernikahan saja. Melainkan ada biaya lain yang harus dipersiapkan mulai dari mahar, beli rumah, kebutuhan harian,  anak, istri, dan lain sebagainya.

Baca juga : Bagaimana Cara Investasi Saham Bagi Pemula Yang Gampang Dipahami?

Semua itu harus direncanakan dengan baik sedari awal supaya kebutuhan keluarga Anda nantinya tidak terbengkalai. Dengan persiapan yang matang maka Anda bisa membentuk keluarga yang sejahtera kedepannya.

Mengurangi Risiko Terjerat Hutang

Anda harus memikirkan baik-baik manfaat investasi saham bagi mahasiswa yang terakhir ini karena begitu penting untuk dipahami. Sebenarnya memang ada banyak sekali pinjaman yang bisa membantu mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun jangan salah, semua itu juga mempunyai risiko yang lebih besar karena nantinya Anda bisa terjerat hutang.

Demikian ulasan artikel mengenai manfaat investasi saham bagi mahasiswa sehingga bisa langsung Anda coba. Namun sebelum itu pastikan pelajar ilmu investasi saham dari dasar supaya tidak mengalami risiko kerugian yang lebih besar di tengah jalan.

 

Ragam Manfaat Investasi Saham Bagi Mahasiswa Yang Menggiurkan, Mau Tahu? | Malik | 4.5