https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Mengenal Mobile Marketing: Pengertian, Target, Cara Kerja dan Tantangan

Di era digital seperti saat ini penting bagi Anda untuk mengenal mobile marketing dan cara penerapannya yang efektif. Tren saat ini mengatakan hampir 80% pengguna mengakses internet melalui smartphone. Hal ini baru disadari sebagian pebisnis dan menerapkan mobile marketing melalui perangkat seluler.

Mobile Marketing

Sayangnya tidak semua bisnis berhasil menerapkan mobile marketing secara mulus. Alasannya karena marketing ini memiliki tantangan seperti pelanggan yang merasa terganggu dengan pemasaran digital, keamanan dan kebocoran data.

Jika Anda mempelajari tentang mobile marketing lebih lanjut, tantangan tersebut bisa Anda lalui dengan baik dan belum ada kata terlambat untuk mempelajari mobile marketing ini.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali kita akan mengenal mobile marketing, strategi mobile marketing yang bisa dilakukan dan masih banyak lagi lainnya. Silahkan baca artikel ini sampai bawah ya!

Pengertian

Sebelum Anda mengenal mobile marketing lebih mendalam, ada baiknya Anda tahu pengertian mobile marketing lebih dahulu. Lalu apa itu yang dimaksud dengan mobile marketing tersebut? Yang dimaksud mobile marketing adalah segala aktivitas periklanan yang mempromosikan produk dan layanan melalui perangkat seluler. Misalnya saja tablet, smartphone dan sebagainya.

Pemasaran seluler bisa memanfaatkan fitur teknologi seluler modern, layanan lokasi untuk menyesuaikan kampanye pemasaran berdasarkan lokasi individu. Tren mobile marketing bisa berkembang seiring perhatian pelanggan dan teralihkan ke ponsel.

bisnis harus mengikuti tren ini dan disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Agar pemasaran ini berjalan efektif penting bagi Anda memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan ketika membuat konten marketing.

Siapa Targetnya?

Yang menarik diketahui dari mobile marketing adalah siapa targetnya. Pemasaran seluler ini akan menargetkan audiens tidak hanya demografi namun juga berdasarkan perilaku juga berperan.

Dalam pemasaran seluler, perangkat terutama ukuran layar bisa menjadi pembeda misalnya pengguna smartphone dan tablet iPad memiliki respons yang berbeda terhadap pemasaran seluler. Pengguna smartphone cenderung menganggap konten informatif paling relevan, namun pengguna iPad cenderung suka dengan ikan interaktif yang menampilkan media kaya dengan visual menarik.

Cara Kerja

Lalu bagaimana cara kerja mobile marketing? Nah, mobile marketing memiliki cara kerja yang menarik dan unik. Mobile marketing mencakup promosi yang dikirimkan melalui pesan teks SMS, multimedia MMS, melalui aplikasi yang diunduh menggunakan push notification, melalui iklan dalam aplikasi atau game, situs web seluler dan sebagainya.

Sistem kedekatan dan layanan berbasis lokasi bisa mengingatkan pengguna berdasarkan lokasi geografis atau kedekatan dengan penyedia layanan. Peran mobile marketing sebagai tool yang berguna bagi perusahaan besar dan kecil karena perangkat sudah banyak ditemukan. Elemen penting dalam mobile marketing adalah brand dan penyedia layanan yang mengaktifkan iklan seluler.

Apa Tantangannya?

Meski dianggap efektif, pemasaran seluler memiliki berbagai macam tantangan tersendiri. Apa saja tantangannya? Yuk simak!

  1. Mengganggu

Pemasaran seluler sering dianggap mengganggu dan konsumen akan risih dengan iklan.  Meski pengguna menggunakan smartphone dan perangkat lainnya sering, mereka tidak suka dengan iklan. Tidak segan mereka akan melepas aplikasi jika banyak memunculkan iklan.

Pemasaran seluler harus bisa melakukan kampanye sempurna sejak awal. Perencanaan yang buruk bisa membuat pebisnis gagal menarik perhatian pengguna dan kehilangan minat mereka selamanya. Oleh karena itu, buat perencanaan yang sempurna.

  1. Isu Privasi Data

Tantangan selanjutnya adalah isu privasi data. Tantangan yang satu ini harus bisa Anda lalui agar pemasaran seluler Anda berjalan dengan lancar. Bisnis Anda harus memiliki kredibilitas yang tujuannya agar konsumen percaya dengan bisnis Anda.

Kampanye mobile marketing selalu terhalang dengan masalah privasi tentang bagaimana data dikumpulkan oleh perangkat seluler. Selain itu, apakah perusahaan Anda memiliki hak untuk mengumpulkan data itu tanpa persetujuan eksplisit atau tidak.

Masalah privasi data menjadi sangat krusial. Hal itu karena saat ini data Anda banyak dan disalahgunakan. Pencurian data yang dilaporkan sudah sangat banyak dan kebanyakan kebocoran data  jatuh ke tangan yang salah dikarenakan keamanan yang buruk.

Kelebihan

Nah, setelah membahas tantangannya ada baiknya Anda tahu apa saja kelebihan yang bisa didapatkan jika menggunakan mobile marketing ini. Anda bisa menimbang apakah tantangan yang Anda lalui tersebut sepadan dengan kelebihan yang didapatkan. Apa saja kelebihannya? Yuk simak!

  1. Hemat Biaya

Kelebihan mobile marketing yang pertama adalah lebih hemat biaya. Ada berbagai macam pilihan yang bisa Anda pilih sesuai dengan anggaran atau budget Anda. Misalnya saja, Anda bisa posting iklan di sosial media akan jauh lebih murah dibandingkan membeli ruang iklan di radio atau televisi.

  1. Jangkau Pelanggan Lebih Real Time

Kelebihan selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan adalah menjangkau pelanggan secara real time. Dimana pun mereka berada Anda tetap bisa menjangkau pelanggan Anda.

Baca juga : Yuk Mengenal Buzz Marketing Solusi Pemasaran Terbaik Disini!

Sangat berbeda jika Anda mengandalkan pemasaran melaui radio atau televisi hanya bisa menjangkau jika  pelanggan berada di depan televisi atau menyalakan radio.

  1. Akses Kampanye yang Sangat Mudah

Kelebihan terakhir adalah akses kampanye yang sangat mudah.  Anda tidak perlu teknologi canggih atau pengalaman teknis yang signifikan. Tidak hanya itu saja pemasaran online menggunakan seluler bisa mudah mengukur keberhasilan kampanye.

Demikianlah beberapa informasi untuk mengenal mobile marketing lebih dalam dan tidak boleh Anda lewatkan, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Mengenal Mobile Marketing: Pengertian, Target, Cara Kerja dan Tantangan | Malik | 4.5