https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Intip 6 Ragam Kesalahan dalam Menjalankan Startup Pemula

Kini sudah banyak bisnis startup yang mulai bermunculan di Indonesia. Ada beberapa bisnis startup yang cukup sukses berkembang di masyarakat, namun ada juga yang masih harus bekerja keras untuk menghadapi berbagai tantangan bisnis dari kompetitor mereka, akan tetapi, tantangan tak hanya datang dari pihak kompetitor saja, akan tetapi juga muncul dari dalam diri sendiri yang bisa berupa kesalahan dalam menjalankan startup.

Membangun startup dari nol

Banyak hal yang membuat bisnis startup langsung mencapai kesuksesan pada bisnis mereka. salah satunya adalah kemampuan mereka dalam membaca pasar dan keinginan dari para pelanggan.

Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap kemajuan bisnis yang dijalankan. Sedangkan bagi bisnis startup yang terbilang masih baru harus bekerja lebih keras, karena mereka melakukan beberapa kesalahan ketika menjalankan bisnisnya.

Apa saja kesalahan yang biasa dilakukan oleh para pebisnis pemula? Simak ulasannya di bawah ini.

1.      Tak Punya Tujuan yang Jelas

Ketika hendak mendirikan suatu bisnis atau startup, Anda tentunya harus memiliki tujuan dan visi yang jelas terlebih dahulu. Terlalu sering mereka yang baru mendirikan startup akan langsung menyelam ke dalam ide-ide brilian untuk menunjang perkembangan bisnisnya tanpa memikirkan mengapa mereka ingin melakukan hal tersebut.

Tanpa adanya tujuan yang jelas, bisnis startup tentunya akan memiliki jalan yang berat sehingga menjadi sulit untuk dilalui. Begitu juga ketika mereka menghadapi permasalahan, itu akan membuatnya menjadi merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang muncul. Maka dari itu, sebelum memulai startup pastikan dibarengi dengan tujuan yang jelas.

2.      Kurang Fokus

Banyak startup yang awalnya terlalu merasa bersemangat dalam melakukan ide-ide brilian mereka, sehingga secara tidak sadar mereka terlalu banyak melakukan pekerjaan dalam satu waktu untuk menyelesaikannya dengan cepat. Akan tetapi, hal ini membuat mereka menjadi kurang fokus dalam mengembangkan bisnisnya. Susah sekali untuk fokus juga bisa menjadi salah satu kesalahan startup yang amat elementer.

Sebenarnya itu bukanlah hal yang baik, karena mereka menjadi tidak bisa fokus dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Dibutuhkan kedisiplinan dan harus teratur dalam mengerjakan setiap pekerjaan. Hal ini dilakukan agar Anda tetap fokus dalam mengerjakan pekerjaan yang dilakukan.

3.      Membangun Sesuatu yang Kurang Diinginkan Khalayak

Anda tentunya harus bisa membuat sebuah produk atau layanan yang disukai, diinginkan, sekaligus juga dibutuhkan oleh para pelanggan. Pastikan bahwa Anda sedang membangun produk yang sesuai dengan target audiens sebelum menyempurnakan pengalaman mereka terhadap produk yang Anda tawarkan.

Anda juga harus menjelajahi pasar, mencari pendapat orang, dan menemukan peluang baru yang berpotensi memberikan keuntungan besar. kebanyakan sebuah ide memang muncul berdasarkan asumsi orang yang berbeda-beda supaya tak terjadi kesalahan besar.

4.      Peluncurannya Terlambat Atau Terlalu Cepat

Kesalahan dalam menjalankan startup selanjutnya adalah peluncurannya terlambat atau terlalu cepat. Ada banyak startup yang disibukkan ketika merancang produk dan layanan yang cukup lama atau bahkan terlalu cepat. Hal ini terjadi karena persiapan bisnis yang masih belum terlalu rapi. Ada bisnis yang ingin cepat memperkenalkan bisnis mereka kepada khalayak umum meskipun produk atau layanannya masih belum siap.

Ada pula bisnis yang terlalu lama untuk merilis produk atau layanan, karena mereka ingin memberikan hal sempurna. Ini tentu tidak baik bagi bisnis startup yang Anda jalankan dan bisa jadi kesalahan yang cukup fatal. Maka dari itu Anda pun harus memiliki perencanaan yang matang ketika menciptakan suatu produk dan layanan. Dengan demikian waktu peluncuran pun dapat dilakukan tepat.

5.      Malu Meminta Bantuan

Tak jarang para pengusaha baru mempunyai rasa egois yang cukup besar dalam menjalankan bisnisnya. Mereka bisa saja bekerja sesuai dengan keinginan sendiri, tanpa memperhatikan kebutuhan pelanggan. Terkadang mereka juga masih tidak mau meminta bantuan, karena masih merasa gengsi pada masa-masa awal pendirian bisnis.

Baca juga : Keunggulan TikTok Shop yang Buat Bisnis Makin Cuan

Padahal, tanpa meminta bantuan tentunya dapat membuat kesalahan startup menjadi semakin menumpuk. Ibaratkan sebuah bola salju, semakin jarang meminta bantuan dari pihak lain akan membuat startup menjadi stagnan atau bahkan bisa mengalami kebangkrutan. Oleh sebabnya meminta bantuan pada ahli sangat dibutuhkan.

6.      Tak Punya Target Pertumbuhan

Hanya mendirikan bisnis tanpa dilengkapi dengan rencana pertumbuhannya tentunya akan sangat tidak berguna. Anda tentunya ingin bisnis yang dirintis terus tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh sebab itu Anda harus memiliki rencana pada setiap proses pertumbuhan yang dimiliki. Anda tentunya harus realistis dalam merencanakan bisnis agar semakin berkembang. Sebab kesuksesan tidak akan terjadi begitu saja tanpa ada target yang dimiliki.

Nah, itulah ragam kesalahan dalam menjalankan startup bagi pemula. Banyak pebisnis yang melakukan kesalahan di awal perjalanan mereka. Tapi kesalahan tersebut harus segera diperbaiki agar tidak membuat pengaruh besar pada bisnis startup yang Anda jalankan.

Intip 6 Ragam Kesalahan dalam Menjalankan Startup Pemula | Malik | 4.5