https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Jangan Salah, Ini 8 Tips Email Marketing yang Menarik!

Sudahkah Anda tahu bagaimana tips email marketing yang menarik? Jika belum Anda bisa scroll artikel ini sampai habis. Email marketing adalah strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan untuk menarik pelanggan.

Email Marketing

Selain menarik pelanggan, email marketing bisa meningkatkan ROI 4 kali lebih besar dibandingkan dengan media sosial. Sayangnya, tidak semua bisnis menerapkan email marketing yang efektif. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tahu bagaimana tips email marketing yang menarik seperti berikut ini:

Pesan yang Personal

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah memberikan pesan yang personal. Memang email marketing bisa ditunjukkan oleh banyak kontak sekaligus, namun Anda harus tetap bersifat profesional. Yang dimaksud dengan profesional adalah Anda jangan hanya menyapa dengan menggunakan nama saja, namun Anda bisa membuat konten email marketing yang relevan dan banyak dibutuhkan pelanggan. Penting bagi Anda mengumpulkan data atau informasi pelanggan yang telah Anda targetkan sebelumnya. Anda bisa memposisikan diri Anda sebagai calon pelanggan yang bisa menerima email itu.

Kelompokkan Penerima Email

Tips email marketing yang menarik selanjutnya adalah Anda bisa mengelompokkan penerima email.  Anda bisa mengelompokkan prospek atau pelanggan yang memiliki kesamaan tertentu misalnya usia, gender dan lainnya. Hal inilah yang bisa memudahkan Anda membuat konten yang relevan dan bisa dikirim pelanggan. Metode ini efektif untuk targeting dibandingkan mengirim email ke semua list pelanggan.

Membuat Subjek yang Efektif

Tips selanjutnya adalah buat subjek yang efektif. Hal pertama yang akan dibaca dan dilihat dari email adalah subjek atau judul email. Jika judul awa saja sudah gagal merebut perhatian yang menerima, jangan harap mereka akan melakukan call to action atau CTA.

Subjek yang menarik, mampu membuat pelanggan membaca semua isi email. Lalu apa saja subjek yang menari tersebut? Nah, penerima email akan membaca isi email sampai habis jika subjek tersebut menawarkan reward atau hadiah menarik, keuntungan pasti yang bisa didapatkan penerima email, subjek tidak menipu dan langsung pada inti, sanggup membuat penerima email rugi jika sampai melewatkannya dan sebagainya.

Intinya, Anda bisa membuat subjek email yang bisa memancing emosi dengan bahasa unik dan memancing rasa penasaran si penerima.

Manfaatkan Header

Tips selanjutnya manfaatkan header. Yang dimaksud dengan header adalah kalimat pertama dalam body email yang akan Anda kirimkan ke pelanggan. Anda bisa membuat kalimat atau header yang bisa membuat Anda penasaran. Dengan begitu, banyak pelanggan yang tertarik untuk membuka email Anda.

Jangan SPAM

Tips email marketing yang menarik selanjutnya adalah jangan spam. Hal itu karena spam hanya akan membuat kredibilitas bisnis Anda menjadi menurun. Pelanggan akan merasa kesal saat Anda mengirim spam yang terlalu sering. Anda bisa menggunakan fitur frequency capping untuk membatasi jumlah email yang diterima pelanggan dalam waktu tertentu. Anda bisa mengatur jumlah yang diinginkan agar Anda tidak menerima email secara berlebihan.

A/B Testing

Untuk bisa menciptakan email marketing yang menarik jangan lupa menggunakan A/B testing.  Setelah menyebarkan email marketing ke banyak pelanggan hal yang tidak boleh terlupakan adalah A/B testing. Tujuannya untuk menguji dan mengukur hasil campaign. Matriks yang perlu Anda ukur adalah pengirim, subjek email, isi email dan CTA.

Buat Email yang Singkat dan Fokus Pada Kebutuhan Pelanggan

Tips email marketing yang menarik yang terakhir Anda bisa membuat email yang singkat agar menarik perhatian pembaca. Sebisa mungkin buat email sesingkat mungkin. Selain itu, Anda harus tetap fokus terhadap keinginan pelanggan. Pastikan email marketing yang Anda kirimkan ini sesuai dengan kebutuhan atau apa yang ingin dicari pelanggan. Jangan membuat email yang hanya Anda inginkan saja agar memberikan value bagi pelanggan.

Meski Anda ingin menyampaikan banyak hal kepada pelanggan, tetap usahakan isi email Anda singkat. Mengapa demikian? Alasannya tentu saja karena pelanggan akan malas membaca tulisan yang terlalu panjang. Mereka juga tidak bisa membaca atau menangkap isi email Anda. Bahkan pelanggan tidak mau membaca isi email Anda sampai habis.

Baca juga : Email Marketing Campaign: Jenis dan Cara Membuat yang Baik dan Benar

Manfaat Email Marketing

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan email marketing ini. Manfaat yang terasa adalah bisa meningkatkan brand awareness.  Dengan memiliki alamat email pelanggan atau calon pelanggan menandakan jika mereka memiliki ketertarikan pada bisnis Anda. Dengan menggunakan email marketing, bisnis Anda bisa meningkatkan brand awareness. Penting diketahui, Anda tidak perlu mengirim email setiap hari kecuali ingin bisnis Anda dibenci.

Anda juga bisa meningkatkan traffic website Anda. Dengan traffic yang meningkat Anda bisa meningkatkan penjualan Anda. Yang terakhir, Anda bisa mendapatkan customer secara real time.  Sebanyak 54% email dibuka melalui perangkat seluler.

Seiring dengan jalannya waktu, pelanggan bisa menggunakan perangkat seluler tidak hanya membuka email namun media yang lainnya.

Demikianlah tips email marketing yang menarik dan bisa Anda lakukan, dengan melakukan email marketing yang baik dan benar Anda bisa menjangkau audiens lebih banyak dan bisa meningkatkan penjualan, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Jangan Salah, Ini 8 Tips Email Marketing yang Menarik! | Malik | 4.5