https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Yuk Mengenal Buzz Marketing Solusi Pemasaran Terbaik Disini!

Ada berbagai macam inovasi teknologi yang menjadi andalan untuk marketing, salah satunya buzz marketing solusi pemasaran terbaik. Lalu apa itu buzz marketing? yang dimaksud buzz marketing merupakan strategi untuk memaksimalkan pemasaran dengan berbagai informasi dari mulut ke mulut melalui media sosial maupun melalui media lainnya. Buzz marketing dilakukan dengan konsep atau ide menarik agar audiens menjadi tertarik dan penasaran dengan brand bisnis Anda.

Buzz Marketing

Dengan strategi buzz marketing Anda bisa membangun reputasi yang positif terhadap brand, produk maupun layanan yang akan di launching. Sudah banyak brand menggunakan strategi ini untuk menarik minat pelanggan. Tujuan buzz marketing adalah membuat konsumen ikut mempromosikan produk atau layanan tertentu kepada keluarga, teman atau jaringan media sosial mereka. Lalu apa saja jenis buzz marketing tersebut? Yuk simak!

Outrageous

Jenis buzz marketing solusi pemasaran terbaik yang satu ini mampu menghasilkan buzz untuk mengejutkan penonton. Misalnya saja BlendTec yang memadukan kampanye YouTube. Iklan tersebut menampilkan pria yang menggunakan jas lab memasukkan berbagai macam item seperti Apple iPhone, Action Figure, Amazon Echo dan sebagainya.

Hilarious

Merupakan buzz marketing lucu yang bisa membuat orang tertawa dan berinteraksi. Salah satu contohnya adalah Allstate Mayhem yang menampilkan Mayhem Man yang menghancurkan properti pribadi yang menunjukkan mengapa seseorang harus membeli asuransi Allstate.

Taboo

Menggunakan subjek kontroversial untuk bisa menghasilkan buzz yang membuat banyak orang berbicara. Sayangnya taboo beresiko mengundang reaksi negatif dari pelanggan. Misalnya saja iklan Coca Cola pada tahun 2014 It’s Super Bowl yang bisa menampilkan lagu America the Beautiful dengan sembilan bahasa berbeda. Iklan itu memicu reaksi negatif di media sosial. Banyak yang mengatakan lagu itu tidak patriotik dan hanya mengekspresikan sentimen dalam bahasa Inggris.

Secret

Merupakan jenis buzz marketing yang rahasia untuk bisa menarik pelanggan. Saat materi pemasaran menyajikan petunjuk berupa informasi yang eksklusif, rasa ingin tahu audiens menjadi memuncak. Ungkapan yang tepat dan menarik dari jenis buzz marketing secret adalah “Seharusnya saya tidak memberitahu Anda, tapi….” saat pertama kali Facebook diluncurkan, Anda memiliki undangan pribadi dari anggota lain untuk bergabung. Hal ini bisa menciptakan rasa takut kehilangan atau sering disebut FOMO dan kegembiraan karena telah dimasukkan.

Remarkable

Merupakan brand yang digunakan untuk melampaui apa yang diharapkan, menunjukkan nilai atau bisa menginspirasi audiens.

Unusual

Merupakan jenis buzz marketing yang terjadi ketika brand membingkai produk atau layanan sebagai suatu hal yang berbeda.  Misalnya ketika iPad keluar pada tahun 2012. Apple bisa memposisikan produk baru yang berbeda dari pasaran.

Kelebihan Buzz Marketing

Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menjadikan buzz marketing solusi pemasaran terbaik. Apa saja? simak dibawah ini!

  1. Lebih Hemat Biaya

Kelebihan buzz marketing adalah lebih hemat biaya. Jika dibandingkan dengan strategi konvensional biaya yang dikeluarkan untuk melakukan buzz marketing jauh lebih ekonomis.

  1. Jangkauan yang Lebih Luas

Buzz marketing solusi pemasaran terbaik adalah jangkauan yang luas. Selain ekonomis dan diakses berbagai segala jenis usaha, menerapkan buzz bisa membuat bisnis Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Bahkan jangkauan bisnis Anda bisa sampai ke seluruh dunia. Jika campaign yang Anda lakukan berhasil akan banyak orang yang membicarakan brand Anda.

  1. Penjualan Meningkat

Dengan melakukan buzz marketing Anda bisa menaikkan brand identity Anda. Dengan hal tersebut, produk atau brand Anda bisa dikenal lebih banyak orang. Semakin banyak orang yang mengenal produk atau jasa Anda, penjualan pun bisa semakin meningkat.

Tips Membuat Buzz Marketing

Buzz marketing solusi pemasaran terbaik bisa berfungsi secara efektif jika Anda tahu bagaimana cara melakukannya dengan baik dan benar. Supaya maksimal, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan agar buzz marketing bisa berjalan dengan baik. Pertama, Anda bisa mengenali audiens yang ingin dijangkau.

Sebelum Anda memasarkan jasa atau produk apapun, sebaiknya Anda mengenali lebih dahulu audiens yang ingin dijangkau. Saat membuat konten untuk di buzz, Anda bisa memikirkan apa saja dampaknya terhadap audiens yang ingin dijangkau. Selanjutnya Anda bisa melakukan campaign dengan video. Campaign dengan video bisa lebih berhasil dibandingkan dengan iklan lainnya.  Jadi, pastikan Anda membuat video yang bisa memberikan dampak besar, mudah dibagikan dan menarik bagi audiens.

Baca juga : Intip 8 Ide Bisnis Digital yang Bisa Mendatangkan Pundi-pundi Bagi Mahasiswa

Ketiga, Anda bisa menjalin kerjasama dengan influencer yang tepat. Jika Anda ingin buzz marketing bisa menjangkau banyak orang atau audiens, Anda bisa bekerja sama dengan influencer yang tepat. Pilih influencer yang memiliki reputasi yang positif dan memiliki hubungan yang baik dengan audiens Ana.

Keempat, buat dan susun konsep yang menarik. Hal menarik berbeda dengan kontroversial yang lebih mudah viral di internet hanya saja sebaiknya Anda tidak  menggunakan konsep yang berbau kontroversial demi kebaikan brand Anda sendiri. Selanjutnya, Anda bisa meningkatkan kualitas produk atau jasa. Selain membuat campaign, Anda perlu memperhatikan kualitas produk atau jasa yang dijual. Misalnya saja Anda meningkatkan layanan CS agar bisnis lebih dekat dengan konsumen.

Buzz marketing solusi pemasaran terbaik mampu memberikan banyak manfaat dan keuntungan untuk bisnis Anda, jadi jangan ragu untuk melakukan strategi ini untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis Anda menjadi lebih baik!

Yuk Mengenal Buzz Marketing Solusi Pemasaran Terbaik Disini! | Malik | 4.5