https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Ini Dia 6 Cara Meningkatkan Penjualan Online di Instagram!

Jualan sepi dan kompetisi begitu sengit di Instagram? Anda bisa membaca cara meningkatkan penjualan online di Instagram di artikel ini.  Yang namanya bisnis tentu sepi dan ramai adalah hal lumrah. Ada kalanya Anda kewalahan melayani pesanan konsumen namun ada juga kalanya bisnis sepi dan sedikit orderan yang masuk. Memang rezeki sudah diatur, tapi ada baiknya kita berusaha untuk mendapatkan rezeki yang lebih baik setiap harinya. Kita yang harus terus bergerak mencari rezeki tersebut, tidak berdiam diri dan berharap rezeki yang akan mendatangi kita.

Instagram Bisnis

Jika bisnis Anda sepi atau stagnan, Anda bisa memperbarui ilmu marketing online Anda di Instagram. Sosial media yang satu ini sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda. Memang saat ini sudah banyak yang berjualan melalui Instagram. Hal tersebut membuat kompetisi berjualan di Instagram semakin ketat dan sengit. Nah, agar bisa bersaing dengan kompetitor yuk simak beberapa tips meningkatkan penjualan online di Instagram yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Akun Publik dan Bisnis

Untuk bisa meningkatkan penjualan online di Instagram Anda bisa membuat akun Instagram Anda publik dan bisnis.  Sebagai media sosial yang populer, Instagram semakin memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk melakukan promosi. Salah satu yang disediakan adalah menyediakan akun instagram personal dan bisnis.

Dengan akun bisnis tersebut Anda bisa membuat profil bisnis yang menarik. Untuk bisa menggunakan profil bisnis di Instagram ini cukup mudah lho. Anda hanya perlu membuat Fans Page lebih dahulu di Facebook. Jika sudah Anda tinggal masuk ke pengaturan profil kemudian cari kolom account kemudian bisa switch ke business profile.

Setelah berhasil di laman profil Ana bisa mengetahui kinerja setiap postingan Anda melalui fitur insight di samping kolom option. Di dalam akan ada keterangan berupa impression jumlah postingan yang dilihat di akun lain, reach dan profil views jumlah akun yang melihat Anda.

Posting Konten Berkualitas

Tips meningkatkan penjualan online di Instagram yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah posting konten yang berkualitas.  Memang tidak mudah bagi Anda untuk mengikuti tren tapi tetap konsisten dengan konten yang berkualitas dan tidak pasaran.  Konten yang pasaran membosankan dan cenderung diabaikan.

Untuk membuat konten instagram yang berkualitas Anda bisa membuat story telling pada caption di bawah postingan, Anda bisa membuat konten seperti infografis, slideshow, foto atau video yang bermanfaat untuk pelanggan di feed  Instagram.

Anda bisa mengikuti tren Instagram yang tengah viral di media sosial. Anda bisa juga membuat konten spesial untuk hari penting seperti hari kemerdekaan, hari raya, tahun baru dan sebagainya. Anda juga bisa membuat konten kampanye seperti membuat film pendek yang isinya soft selling produk atau video testimoni pelanggan Anda.

Memaksimalkan Hashtag

Hashtag adalah tanda pagar menjadi salah satu fitur yang menguntungkan di instagram. Dengan mencantumkan hashtag yang relevan di postingan Anda, target market bisa menjangkau postingan itu dengan mudah. Meski demikian, Anda tidak boleh asal dalam mencantumkan hashtag.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mencantumkan hashtag tersebut seperti maksimal hashtag yang dicantumkan 20, jika lebih hashtag tidak akan optimal. Anda bisa meletakkan hashtag di caption yang relevan dengan merek atau postingan Anda. Usahakan agar tidak lebih dari 10 hashtag agar akun Anda tidak terkesan murah. Anda bisa mencantumkan hashtag sisa di komentar postingan tersebut.

Manfaatkan Fitur Instagram

Cara meningkatkan penjualan online di Instagram yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah memanfaatkan fitur Instagram. Saat ini Instagram banyak meluncurkan fitur yang bisa mendukung berbagai macam aktivitas bisnis seperti Instagram Shop. Fitur yang satu ini berguna bagi pengguna untuk mengunjungi beranda di toko, orang bisa menelusuri produk, menjelajahi koleksi dan membeli produk dengan lancar melalui browser.

Tidak hanya Instagram Shop saja tapi Anda bisa memanfaatkan fitur lainnya untuk memasarkan produk. Fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis seperti Instastory, highlight, Instagram Ads, dan direct purchase.

Baca juga : Tutorial Membuat Instagram Bisnis dan Cara Memaksimalkannya

Gunakan API Instagram

Fitur yang satu ini diluncurkan untuk meningkatkan layanan pelanggan atau pemilik bisnis toko online atau shop di Instagram. Dengan API Instagram, Anda bisa mengintegrasikannya ke Instagram Shop atau Direct Message, aplikasi penjualan CRM sehingga proses bisnis bisa berjalan lebih otomatis. Anda juga bisa menggunakan bot instagram agar bisa memberikan balasan yang otomatis.

Instagram Ads

Salah satu keunggulan Instagram adalah fitur iklan yang terafiliasi dengan Facebook. Bisa dikatakan dengan sekali iklan di Facebook, iklan itu juga akan muncul di Instagram. Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan baik karena sekali iklan Anda sudah bisa menggaet banyak target market dari dua sosial media sekaligus. Usahakan untuk menyiapkan desain banner yang minim tulisan karena lebih menarik bagi target market.

Setelah membaca artikel diatas, kini Anda sudah tahu bagaimana cara meningkatkan penjualan online di Instagram yang efektif, yuk buat bisnis Anda semakin berkembang dengan melakukan beberapa cara diatas secara konsisten ya!

Ini Dia 6 Cara Meningkatkan Penjualan Online di Instagram! | Malik | 4.5