https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Yuk Mengenal Chatbot WhatsApp, Bikin Bisnis Lebih Produktif!

Sebagai pebisnis online Anda harus tahu perkembangan teknologi yang ada saat ini, salah satunya chatbot WhatsApp atau WA.  Jika Anda sering merasa kewalahan dengan chat online shop yang tertumpuk, chatbot WA menjadi solusi yang bisa Anda manfaatkan. Chatbot WA ini memiliki beragam fitur yang bisa membuat operasional bisnis Anda menjadi lebih baik lagi. Fitur chatbot WA memiliki banyak keuntungan yang bisa Anda manfaatkan seperti berikut ini:

Meningkatkan Customer Trust

Tidak hanya Instagram, WA juga memiliki fitur centang atau biasa disebut dengan verified account. Dengan memiliki centang hijau atau verified ini kredibilitas Anda di mata calon pembeli bisa semakin meningkat karena akun bisnis Anda semakin terpercaya.

Chatbot WhatsApp

Chatbot WhatsApp

Menyediakan Informasi Melalui Auto Reply

Saat Anda sudah membuat chatbot WhatsApp Anda akan diberikan info mengenai fitur auto reply. Artinya adalah Anda bisa menjawab pesan secara otomatis. Pesan auto reply ini bisa Anda atur sendiri dan secara otomatis.  Anda bisa memberikan pesan greeting message atau kata sambutan, bantuan dalam melakukan transaksi, mengirim gambar produk dan sebagainya.

Efisiensi CS atau Customer Service

Saat bisnis Anda mengadakan campaign, Anda bisa memberikan informasi kepada pelanggan dan calon pelanggan secara bersamaan. Jika Anda melakukannya secara manual akan terasa sangat ribet. Fitur chatbot WhatsApp bisa membantu Anda bisa mengirim pesan dalam jumlah banyak secara bersamaan atau broadcast messages tanpa harus menyimpan nomor pelanggan. Dengan adanya fitur yang satu ini Anda bisa memaksimalkan kinerja CS di perusahaan Anda.

Menganalisa Performa Bisnis

Manfaat atau keuntungan menggunakan chatbot WhatsApp selanjutnya menganalisa performa bisnis. Dengan membuat chatbot WhatsApp Anda bisa mengakses analisis interaksi bisnis dalam dashboard.  Dalam dashboard tersebut Anda bisa memuat informasi berhubungan kinerja tim dalam menjawab chat, tren penjualan yang dihasilkan dari WA hingga data penjualan untuk mendukung peningkatan layanan bisnis Anda.

Mengumpulkan Feedback Pelanggan

Keuntungan menggunakan chatbot Wa selanjutnya bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Sayangnya ada beberapa customer yang cenderung malas mengisi form feedback dari Google. Chatbot WA bisa Anda manfaatkan untuk melakukan survei kepuasan pelanggan. Anda bisa mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan kepuasan mereka terhadap layanan, bagaimana mereka menyukai produk Anda dan tanyakan apa yang bisa ditingkatkan dari layanan bisnis Anda saat ini. Melalui chat, pelanggan bisa merasa lebih mudah untuk komunikasi dan Anda bisa mengumpulkan umpan balik untuk meningkatkan layanan tersebut.

Lebih Produktif

Keuntungan selanjutnya adalah Anda bisa lebih produktif. Chatbot WA bisa membuat CS lebih produktif berkat fitur yang dimiliki seperti reply and bulk messages, staf akan lebih fokus untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Respons Pelanggan Lebih Cepat

Keuntungan selanjutnya Anda bisa merespons pelanggan lebih cepat dibandingkan dengan chat manual. Dengan adanya fitur chatbot WA bisnis Anda bisa dipegang lebih dari satu admin dengan berbagai perangkat. Hal ini bisa membuat waktu tunggu pelanggan untuk pembalasan chat menjadi lebih singkat.

Lead Generation

Chatbot menjadi alat yang efektif untuk mendukung lead generation dalam bisnis. Chatbot yang baik adalah yang bisa mengumpulkan informasi tentang pelanggan kemudian dianalisis sehingga pengguna bisa mengetahui pelanggan dengan tipe seperti apa yang potensial untuk bisnis.

Hemat Biaya

Keuntungan menggunakan chatbot WA yang terakhir lebih hemat biaya. Anda tidak perlu merekrut banyak admin atau CS untuk melayani pelanggan Anda karena chatbot WA yang akan melakukannya. Terlebih lagi jika Anda adalah pebisnis pemula, dengan rekrut CS dalam jumlah banyak akan mempengaruhi biaya pengeluaran bisnis Anda.

Cara Membuat Chatbot WhatsApp

Dengan segudang keuntungan yang ditawarkan akan sangat disayangkan sekali jika Anda melewatkan chatbot WhatsApp yang satu ini.  Lalu bagaimana cara memulai atau membuat chatbot WA tersebut? Caranya sangat mudah. Pertama, Anda harus download aplikasi WhatsApp lebih dahulu. Jangan menggunakan aplikasi WA biasa tapi Anda bisa download aplikasi WA bisnis dengan logo huruf B dengan warna hijau.

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendaftarkan akun. Setelah memiliki aplikasi, Anda bisa mendaftar dengan nama bisnis dan nomor telepon yang belum Anda gunakan untuk mendaftar WA. Nah, sekedar informasi nama akun bisnis tidak bisa Anda ubah lagi. Jadi, pastikan Anda menggunakan nama bisnis yang tepat ya!

Baca juga : Mengenal Whatsapp Marketing dan Berbagai Tools yang Bisa Anda Manfaatkan

Cara selanjutnya Anda harus bisa melengkapi data profil dan akun bisnis Anda. Jika akun selesai dibuat Anda akan diminta melengkapi data profil dan akun bisnis. Buat akun bisnis Anda selengkap mungkin yang bisa membantu konsumen lebih mengenali bisnis Anda. Untuk melengkapi profil bisnis ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti jenis usaha, foto produk, hingga jam buka toko online Anda.

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menambahkan pilihan form yang akan dikirimkan ke pelanggan setelah melakukan pembayaran. Komunikasi antar agen dan pelanggan bisa berjalan dengan baik melalui form yang telah Anda buat.

Yuk buat produktivitas bisnis menjadi meningkat dengan menggunakan chatbot WhatsApp sekarang juga, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Yuk Mengenal Chatbot WhatsApp, Bikin Bisnis Lebih Produktif! | Malik | 4.5