https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Bagaimana Cara Manajemen Waktu bagi Pebisnis yang Efektif?

Sudah tahukah Anda bagaimana cara manajemen waktu bagi pebisnis yang efektif? Jika belum simak artikel ini sampai habis ya! Bagi pebisnis, waktu adalah uang. Penting bagi pebisnis untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Hal itu karena waktu yang telah terbuang tidak bisa dikembalikan. Dibutuhkan manajemen waktu yang efektif agar bisnis bisa berjalan dan berkembang sesuai dengan harapan. Lalu bagaimana cara manajemen waktu bagi pebisnis yang efektif? yuk simak!

Membagi Waktu Bisnis dan Pekerjaan

Tentukan Tujuan

Sebelum Anda tahu bagaimana cara manajemen waktu yang baik dan benar, Anda harus menentukan tujuan bisnis Anda lebih dahulu. Tujuan inilah yang ingin Anda capai dalam bisnis Anda. Selain itu, tujuan Anda memanajemen waktu adalah untuk membuat Anda lebih mudah mencapai berbagai macam tujuan bisnis yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Buat Jadwal Harian

Setelah menentukan tujuan, Anda bisa membuat dan mengatur jadwal harian yang terstruktur. Jadwal ini bisa membantu Anda untuk merinci hal apa saja yang perlu Anda lakukan di hari itu. Dengan demikian, Anda bisa membagi waktu dengan porsi yang tepat sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda.

Bagi Tugas Sesuai dengan Jenis Proyek

Strategi manajemen waktu bagi pebisnis yang efektif selanjutnya adalah membagi tugas sesuai dengan jenis proyek. Pembagian ini yang akan membantu Anda untuk mengatur kegiatan yang serupa dalam hari yang sama. Anda tidak perlu melompat dari satu hal ke hal lain, cukup fokus pada tujuan spesifik yang ingin Anda capai.

Buat Tenggang Waktu

Salah satu kesalahan manajemen waktu yang sering dilakukan tidak membuat deadline pada tugas yang dikerjakan. Membuat tenggang waktu atau deadline ini sangat penting lho. Dengan menentukan deadline Anda bisa mengetahui kapan harus menyelesaikan pekerjaan tersebut dan tidak menunda-nunda lagi.

Pisahkan Rencana Harian dan Mingguan

Cara selanjutnya Anda bisa memisahkan rencana harian dan mingguan. Memisahkan perencanaan harian dan mingguan bisa menjadi kebiasaan baik untuk memulai manajemen waktu yang efektif. Jadwal harian bisa Anda gunakan untuk mengerjakan tujuan bisnis secara umum misalnya membalas email, menjawab telepon atau bisa juga menghadiri acara seminar atau pertemuan. Untuk jadwal mingguan bisa membantu Anda untuk memiliki pandangan lebih luas tentang bisnis dan mengetahui hal apa saja yang akan Anda kelola.

Jangan Lupa Luangkan Waktu untuk Istirahat

Cara manajemen waktu yang efektif selanjutnya jangan lupakan istirahat. Banyak hal yang membuat Anda bertanya-tanya kapan Anda harus istirahat.  Pebisnis sering melupakan waktu istirahat karena merasa ada beberapa hal yang masih harus diselesaikan. Namun, istirahat ini sangat penting. Istirahat yang cukup bisa membuat Anda bisa memiliki tenaga yang cukup dan pikiran yang lebih fresh. Nantinya Anda bisa lebih produktif, lebih efektif dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

Hindari Proyek yang Menghambat Tujuan

Cara manajemen waktu bagi pebisnis yang efektif selanjutnya hindari proyek yang tidak membantu Anda dalam mencapai tujuan. Mengerjakan proyek yang tidak sesuai tujuan Anda akan menyita banyak waktu Anda dan tidak banyak membantu dalam mencapai tujuan bisnis yang ditetapkan sebelumnya.

Buat Skala Prioritas

Agar bisa memanajemen waktu dengan baik dan benar, penting bagi Anda untuk membuat skala prioritas. Mengapa hal ini penting? Alasannya karena Anda bisa mengetahui mana tugas penting yang harus Anda selesaikan lebih dahulu. Anda harus membuat list atau daftar berisi tugas mana yang ingin Anda kerjakan lebih dahulu. Daftar teratas merupakan tugas yang penting dan harus Anda selesaikan lebih dahulu.

Luangkan Lebih Banyak Waktu

Tips manajemen waktu selanjutnya adalah luangkan waktu lebih banyak pada kegiatan atau aktivitas yang ada hubungannya dengan tujuan bisnis. Jika Anda tidak ingin membuang waktu secara percuma, Anda harus bisa fokus pada tujuan Anda.

Gunakan Tools untuk Mengatur Tugas

Untuk bisa membantu manajemen waktu Anda secara efektif Anda bisa menggunakan tools untuk membantu Anda mengatur tugas yang harus Anda kerjakan. Ada berbagai tools yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu dalam mengerjakan tugas.

Anda bisa menggunakan alat atau aplikasi CRM. Aplikasi yang satu ini bisa memberikan Anda notifikasi sebagai pengingat otomatis berhubungan dengan tugas, deals atau proyek yang harus Anda selesaikan dengan segera.  Selain itu, CRM bisa membantu Anda dalam mengingat janji atau bertemu dengan klien penting yang harus segera Anda temui.

Baca juga : 9 Aplikasi Bisnis untuk Mendukung Bisnismu yang Harus Dicoba

Atur Ruang Kerja

Produktif atau tidaknya Anda juga berhubungan dengan ruang kerja Anda. Ruang kerja yang berantakan bisa membuat Anda frustasi dan bingung tugas  mana yang akan Anda kerjakan terlebih dahulu. Atur ruang kerja Anda agar bisa bekerja lebih efektif dan efisien.

Hindari Multitasking

Sebagian pebisnis menganggap multitasking menjadi hal yang bisa membantu untuk tetap produktif.  Padahal hal tersebut tidak benar, dengan melakukan dua atau lebih pekerjaan sekaligus akan menyebabkan Anda menjadi kewalahan dan kelelahan. Jika sudah begitu, hasil pekerjaan yang dilakukan tidak maksimal. Anda bisa fokus pada satu hal saja supaya Anda bisa bekerja lebih efisien dan produktif.

Demikianlah beberapa tips atau cara manajemen waktu bagi pebisnis yang efektif, yuk mulai atur waktu Anda lebih efektif mulai sekarang agar bisnis Anda bisa berjalan lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Bagaimana Cara Manajemen Waktu bagi Pebisnis yang Efektif? | Malik | 4.5