https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Bukan Investasi Bodong, Begini Cara Kelola Uang THR Anak yang Bijak!

Bagaimana sih cara kelola uang THR anak yang bijak? Temukan jawabannya di artikel ini ya! Postingan viral yang menyebut menitipkan uang THR anak ke orang tua sebagai awal mula anak mengenal investasi bodong, memicu berbagai reaksi dari para orang tua.

Investasi Bodong

Saat menjelang lebaran, berseliweran unggahan dengan kalimat “Ketika THR anak dititipkan ke orang tua, saat itulah anak pertama kali mengenal investasi bodong”. Kok bisa demikian? Hal itu karena banyak anak yang kesulitan mendapatkan uangnya kembali setelah dititipkan ke orang tuanya.  Dalih orang tua agar uang tersebut tidak hilang. Faktanya orang tua justru menggunakan uang THR tersebut untuk keperluan lain. Saat diminta, orang tua menjawab jika uang tersebut telah habis untuk membeli A,B dan C.

Tidak semua orang tua setuju dengan kalimat investasi bodong pada unggahan tersebut. Banyak yang berpendapat jika uang THR dipegang sendiri oleh anak, uang tersebut menjadi tidak berfaedah alias untuk membeli barang-barang yang tidak perlu. Hal itu karena anak-anak belum tahu bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. Lantas bagaimana sih cara kelola uang THR anak yang bijak? Yuk simak caranya di bawah ini!

Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah ajak anak untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran yang menjadi hal penting dilakukan anak. Mencatat pemasukan dan pengeluaran sejak dini sangat berguna untuk anak hingga dewasa. Anda bisa memberikan nasehat jangan sampai anak besar pasak daripada tiang yang artinya pengeluaran yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan dengan pendapatan.

Ajarkan Anak Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Cara kelola uang THR anak yang bijak selanjutnya adalah Anda bisa mengajarkan anak untuk membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Banyak anak belum bisa membedakan kedua hal ini. Kebutuhan merupakan hal yang diperlukan dalam jangka pendek. Misalnya, anak usia sekolah membutuhkan edukasi seperti membeli buku dan alat tulis.

Untuk anak remaja yang lebih besar, kebutuhan akan jauh lebih bervariasi. Meski demikian, tetap ajarkan anak untuk membeli apa yang menjadi kebutuhannya dan menekan apa yang menjadi keinginannya.  Kebutuhan anak remaja bisa berupa ongkos transportasi, pulsa, kuota dan sebagainya.

Yang dimaksud keinginan bisa berupa hiburan seperti membeli mainan, gadget, alat musik dan sebagainya. Anda bisa mendorong anak untuk memprioritaskan kelebihan lebih dahulu baru menabung.  Orang tua bisa membantu anak untuk membuat pos pengeluaran dan membagi uang sesuai dengan pos tersebut.

Ajak Anak Diskusi

Cara kelola uang THR anak yang bijak selanjutnya ajak anak untuk diskusi. Memang uang THR tersebut merupakan hak anak dan bisa diberikan langsung ke anak. Namun penggunaan uang tersebut tidak bisa didasarkan pada kemauan anak semata, orang tua tidak boleh lepas tangan begitu saja.

Supaya tidak memiliki perilaku yang konsumtif, orang tua bisa mengajak anak diskusi mau diapakan uang THR yang akan didapatkan tersebut. Apakah uang THR akan ditabung semua atau hanya separuhnya, dibelikan gadget atau mainan atau dipakai untuk kebutuhan untuk sekolah. Jangan lupa untuk memberikan dampak negatif dan positifnya apa saja. Berikan saran agar anak bisa memanfaatkan dan mengelola uang lebih bijak.

Baca juga : 8 Tips Memulai Bisnis Thrift shop dengan Modal Sedikit Cuan Banyak

Bimbing Anak untuk Mendahulukan Menabung

Anda bisa memberitahu anak pentingnya menabung. Ajaklah anak untuk mendahulukan menabung. Saat anak mendapatkan pemasukan berupa THR, Anda bisa menyisihkan uang lebih dahulu, kemudian sisa uang bisa digunakan untuk kebutuhan anak. Anda sebagai orang tua juga bisa membantu anak menabung misalnya saja menyimpan uang tersebut ke dalam tabungan dan berkomitmen menjaga uang tersebut untuk anak. Bisa juga Anda bisa membuatkan rekening tabungan pribadi untuk anak.

Kenalkan Anak dengan Investasi

Cara kelola uang THR anak yang bijak selanjutnya adalah Anda bisa mengenalkan anak kepada investasi. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa melakukan investasi ini tapi anak juga bisa dikenalkan investasi sejak dini. Apa investasi yang cocok? Salah satu investasi yang cocok untuk anak adalah emas.

Investasi yang satu ini tidak hanya cocok untuk anak perempuan saja namun juga anak laki-laki. Misalnya saja untuk anak perempuan bisa Anda ajak untuk menginvestasikan uang THR mereka dengan membeli perhiasan misalnya saja kalung, cincin, gelang dan sebagainya. Untuk anak laki-laki Anda bisa menginvestasikan uang THR ke emas batangan atau antam yang bisa disimpan sebagai investasi jangka panjang.

Ajarkan Berbagi Kebaikan

Tidak ada salahnya Anda mengajarkan anak untuk mengelola keuangannya dengan baik. Tapi, jangan lupa ajarkan anak untuk berbagi kebaikan dengan sesama. Mengapa demikian? hal itu karena di dalam rezeki yang anak terima ada hak sesama yang harus dibayarkan. Dengan mengajarkan berbagi kebaikan anak tidak hanya menjadi pribadi atau seseorang yang hemat dan bijak mengelola keuangan saja, namun juga menjadi pribadi yang tidak pelit terhadap sesama yang membutuhkan.

Demikianlah cara kelola uang THR anak yang bijak, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya!

Bukan Investasi Bodong, Begini Cara Kelola Uang THR Anak yang Bijak! | Malik | 4.5