https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Bagaimana Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga yang Efektif dan Anti Gagal?

Bagaimana tips menabung untuk ibu rumah tangga yang efektif? Pantengin artikel ini sampai habis ya! Di saat semua harga serba mahal seperti saat ini membuat peran ibu rumah tangga semakin sulit. Harga sembako yang naik disertai dengan bahan lainnya yang naik membuat ibu rumah tangga kesulitan untuk memanajemen keuangan dan membuat menabung menjadi hal yang mustahil dilakukan.

Sebenarnya menabung ini tidak sulit jika sudah memiliki niat dan komitmen. Dengan niat yang sungguh-sungguh Anda sebagai ibu rumah tangga bisa menabung dengan mudah.  Dengan menabung, keuangan rumah tangga Anda menjadi lebih bagus dan lebih aman.  Yuk simak beberapa tips menabung untuk ibu rumah tangga anti gagal yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Buat Pengeluaran Tetap

Hal yang bisa Anda lakukan pertama adalah rinci pengeluaran tetap. Setiap bulannya Anda pasti memiliki pengeluaran tetap yang tidak bisa Anda abaikan. Anda tidak bisa menabung dengan aman jika pengeluaran tetap belum tercukupi.  Penting bagi Anda untuk membuat skala prioritas mana yang harus Anda penuhi dulu dan mana yang tidak. Langkah ini penting agar Anda bisa mengontrol dana dengan baik. Anda juga bisa membuat perkiraan pengeluaran yang akan membantu Anda dalam menyisihkan dana penting yang tidak akan mengganggu tabungan Anda.

Pisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Tips menabung untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan selanjutnya pisahkan kebutuhan dan keinginan.  Dengan membuat daftar keinginan dan kebutuhan Anda bisa menabung lebih cemat. Hindari membelanjakan uang Anda untuk kebutuhan yang sifatnya sekunder terlebih jika tidak memberikan manfaat yang signifikan dan berlaku sementara. Misalnya saja Anda sudah memiliki handphone yang masih berfungsi dengan baik, Anda tidak perlu lagi membeli handphone versi terbaru yang hanya mengikuti tren.

Hindari Lapar Mata

Tidak ada salahnya membeli barang yang Anda inginkan, tapi jika hal itu Anda lakukan terus menerus akan menyebabkan Anda menjadi boncos bahkan tidak bisa menabung. Oleh sebab itu, hindarilah lapar mata. Saat ini lapar mata tidak hanya bisa terjadi di mall atau pusat perbelanjaan saja, akan tetapi lapar mata bisa terjadi saat Anda membuka olshop atau marketplace.

Banyaknya promo dan adanya gratis ongkir membuat ibu rumah tangga menjadi kalap dalam berbelanja dan membeli barang yang tidak dibutuhkan. Melihat barang yang lucu dan unik di marketplace langsung di checkout tanpa memikirkan apakah barang itu dibutuhkan atau tidak. Demi keuangan yang sehat disarankan untuk bijak dalam berbelanja online. Tekanlah nafsu dalam berbelanja agar tidak menjadi lapar mata.

Belanja Mingguan atau Bulanan

Salah satu cara untuk membantu ibu rumah tangga dalam menabung adalah merencanakan belanja mingguan atau bulanan. Dengan belanja mingguan atau bulanan Anda bisa meminimalisir stok yang menumpuk di kulkas dan rentan mubazir. Anda bisa membuat rencana menu makanan selama satu minggu atau sebulan agar Anda fokus dengan bahan yang akan Anda beli. Cara ini bisa membantu Anda dalam meminimalisir pengeluaran yang tidak Anda butuhkan dan menekan pengeluaran.

Utamakan Pembayaran Tunai

Cara selanjutnya adalah utamakan pembayaran tunai. Mengapa demikian? hal itu karena pembayaran tunai akan lebih mudah dilacak dibandingkan menggunakan kartu. Mungkin terdengar kuno tapi dengan pembayaran tunai memudahkan Anda untuk melacak pembelian yang tidak direncanakan. Oleh sebab itu, lebih baik menggunakan pembayaran tunai demi memastikan Anda tidak mengeluarkan dana di luar rencana.

Tetapkan Target Tabungan

Cara selanjutnya adalah tetapkan target tabungan. Cara yang satu ini akan membantu Anda dalam menabung dan menetapkan target di awal. Dengan menetapkan jumlah tabungan tersebut secara spesifik Anda bisa lebih fokus dalam menggapai tujuan Anda. Tidak ada salahnya jika Anda menetapkan nominal yang perlu Anda tabung secara berkala. Dengan cara ini Anda bisa memperkirakan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda.

Berhenti Membanding-Bandingkan

Tips menabung untuk ibu rumah tangga yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah berhenti membanding-bandingkan. Yang perlu Anda ingat adalah orang lain tidak seperti apa yang mereka tunjukkan. Mereka memiliki cara dan jalan hidup masing-masing. Berhentilah membandingkan fokus dan tujuan Anda dengan fokus dan tujuan orang lain.

Baca juga : 5 Cara Menabung untuk Membangun Usaha

Rekap Pengeluaran

Sebagai ibu rumah tangga, Anda tidak hanya mencatat anggaran saja namun juga bisa merekap pengeluaran yang bisa membantu Anda menabung lebih cermat. Anda bisa merekap semua pengeluaran baik kebutuhan keluarga maupun kebutuhan pribadi. Dengan melakukan hal itu Anda bisa menjaga pengeluaran tetap terjaga dan sesuai dengan rencana.

Anda bisa melakukan rekapan setiap bulan, 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Bisa juga Anda melakukan rekapan setiap tahun. Saat Anda melakukan rekap pengeluaran Anda bisa membagi pengeluaran dalam beberapa kategori misalnya makanan, hiburan, pendidikan dan sebagainya. Dengan pembagian itu Anda bisa tahu mana pengeluaran yang berlebihan dan tidak diperlukan dan mana yang tidak.

Bagaimana, tidak susah kan bagi ibu rumah tangga untuk menabung? Lakukan tips menabung untuk ibu rumah tangga diatas secara konsisten ya, semoga informasi ini bermanfaat!

Bagaimana Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga yang Efektif dan Anti Gagal? | Malik | 4.5