https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Jenis Pinjaman Modal Usaha Bank dan Non Bank yang Dapat Anda Coba

Setiap jenis usaha tentu membutuhkan modal, baik itu usaha skala kecil atau skala besar. Hal ini tentu saja harus dipenuhi agar usaha dapat berjalan dengan lancar. Mendapatkan pinjaman modal usaha tentunya dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah dengan mengajukan pinjaman di bank. Kedua adalah mencari pinjaman non-bank. Kedua cara ini bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan besar modal yang dibutuhkan. Usaha juga tidak bisa berjalan tanpa adanya suntikan dana. Selain mencari investor Anda juga bisa mengajukan pinjaman dari bank maupun non-bank.

Pinjaman dari Bank

pinjaman modal usaha

Sebagai salah satu lembaga keuangan, bank pastinya selalu memiliki berbagai jenis produk pinjaman yang bisa dijadikan sebagai pilihan bagi setiap nasabah. Hal ini tentu saja akan membuat mereka merasa terbantu untuk bisa memilih dan menyesuaikan bentuk pinjaman yang paling sesuai bagi mereka. Pinjaman tersebut tentunya bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, salah satunya untuk modal usaha.

1.      Pinjaman Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah salah satu produk pinjaman dana yang sering dijadikan sebagai modal usaha yang akan atau sedang berjalan. Beberapa tahun belakangan ini, KTA sering kali dijadikan sebagai pilihan oleh para pelaku usaha sebagai pembiayaan usaha mereka karena proses dan persyaratan pengajuannya cukup mudah dilakukan dan prosesnya juga cepat.

Hal ini juga dapat dilihat dari tingginya minat masyarakat yang butuh pinjaman modal usaha dengan mengajukan KTA melalui bank. Selain itu, persyaratan untuk pengajuannya pun cenderung lebih mudah. Sebab para nasabah tidak perlu mengajukan agunan dalam produk pinjaman satu ini. Namun sayang, suku bunga pinjamannya cukup tinggi dengan plafon pinjaman yang cenderung kecil.

2.      Pinjaman Kredit dengan Agunan

Pinjaman kredit dengan agunan merupakan jenis produk pinjaman lain yang bisa Anda pilih. Pinjaman dengan mengajukan agunan pada bank ini juga masih banyak dilakukan oleh para nasabah. Hal tersebut dikarenakan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh para nasabah ketika membutuhkan pinjaman untuk pembiayaan modal usaha.

Meskipun persyaratan yang dibutuhkan sedikit merepotkan, namun produk pinjaman ini masih saja menjadi pilihan yang cukup banyak diambil oleh para nasabah, terutama mereka yang membutuhkan dana dalam jumlah cukup besar. Dengan suku bunga yang lebih rendah dan jangka pinjaman cukup panjang, hal ini pun membuat banyak nasabah memilih pinjaman kredit dengan agunan. Namun Anda harus  sabar, karena prosesnya relatif cukup lama.

Pilihan Pinjaman Non-Bank

Selain mendapatkan pinjaman modal usaha melalui lembaga keuangan resmi seperti bank, kita juga bisa mencari pinjaman melalui non-bank. Terlebih bila kebutuhan pinjaman dana yang Anda butuhkan tidak terlalu besar. Hal ini tentu saja sah untuk dilakukan, mengingat semua keputusan yang akan diambil harus berdasarkan perhitungan akurat dan kebutuhan yang dimiliki.

Baca juga : Yuk Intip 10 Cara Mendapatkan Penghasilan Selain Pinjam dari Bank

Di bawah ini adalah beberapa pilihan pinjaman di luar bank yang bisa dijadikan sebagai solusi mendapatkan pinjaman tanpa bunga.

Pinjaman dari Orang Tua

Orang tua adalah orang terdekat yang bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pendanaan pinjaman tanpa bunga yang aman. Saat mengajukan pinjaman, jabarkan terlebih dahulu rencana bisnis yang akan dijalankan serta peluang usaha yang akan didapatkan. Yakinkan juga kemampuan Anda dalam mengembalikan modal pinjaman tersebut agar pembayarannya bisa dilakukan secara tepat waktu.

Pinjaman Dana dari Sahabat

Sumber pinjaman modal usaha selanjutnya adalah sahabat. Biasanya Anda akan menjadi lebih santai dan mudah dalam menjelaskan rencana usaha yang akan dijalankan kepada sahabat dibandingkan dengan orang lain. Hal inilah yang dapat menjadi salah satu keuntungan jika Anda membutuhkan dana untuk membiayai usaha.

Selain meminjam uang tunai kepada sahabat, Anda juga bisa mengajaknya untuk bergabung dalam usaha tersebut. Hal ini tentu saja akan membuat usaha menjadi lebih bersinergi karena terjalinnya kerja sama antara Anda dan sahabat Anda. Menarik sekali bukan?

Mencari Dana Hibah dari Pemerintah

Bila Anda memiliki sebuah rencana bisnis yang sudah matang dan terprogram dengan baik, maka sebaiknya membuat proposal usaha dan mengajukannya pada pihak departemen pemerintah yang dapat membidanginya. Pilih departemen pemerintahan yang sesuai dengan jenis usaha yang akan Anda ajukan.

Biasanya setiap departemen pemerintahan mempunyai dana hibah bagi berbagai usaha yang dijalankan oleh masyarakat. hal ini tentu saja bisa dijadikan sebagai solusi terbaik untuk mencari sumber dana untuk mengembangkan usaha Anda. Namun, pastikan rencana bisnis yang dimiliki jelas dan proposal yang diajukan pun menarik.

Suatu usaha tentunya tidak akan berhasil jika rencana yang dibuat tidak memiliki modal yang memadai. Rencanakan usaha dengan matang dan pilih sumber pendanaan yang tepat. Dengan demikian pinjaman modal usaha dapat menunjang usaha tersebut. Pastikan untuk menyesuaikan kebutuhan modal dengan rencana bisnis Anda.

Jenis Pinjaman Modal Usaha Bank dan Non Bank yang Dapat Anda Coba | Malik | 4.5