Intip Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung yang Menjanjikan

Ayam adalah jenis hewan yang paling banyak dikonsumsi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Hidangan yang terbuat dari ayam banyak disajikan oleh restoran cepat saji hingga warung nasi di pinggir jalan. Menemukan olahan makanan yang terbuat dari ayam tentunya sangat mudah di Indonesia.

Oleh karenanya, usaha ayam potong kini menjadi salah satu bisnis yang bisa dikatakan sangat menjanjikan karena jumlah peminatnya sangat banyak. Jenis usaha satu ini juga tak lekang oleh waktu, karena kapan dan dimana saja setiap orang pastikan akan mencari daging ayam sebagai makanan. Salah satunya seperti usaha ternak ayam kampung dan ayam negeri yang bisa Anda lirik.

usaha ternak ayam kampung

Dalam menjalankan bisnis ternak ayam ini, ada dua jenis ayam yang bisa digunakan, yakni ayam kampung dan ayam negeri. Keduanya tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, kualitas ayam kampung potong tentunya tak kalah dari ayam negeri. Selain itu, meskipun penggemar ayam kampung tidak terlalu banyak, bukan berarti menjalankan bisnis ternak ayam kampung tidak akan membuahkan hasil.

Kelebihan Usaha Ternak Ayam Kampung

Bagi para pengusaha ayam kampung, tentunya ada beberapa kelebihan dan keuntungan yang bisa mereka dapatkan. Ingin tahu lebih lanjut tentang usaha ternak ayam kampung? Simak ulasannya berikut ini.

Pemeliharaannya Mudah

Beternak ayam kampung tentunya tidak serumit ayam negeri. Sebab beternak ayam kampung tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang membuatnya pun lebih sehat secara alami. Untuk itu, kini sudah mulai banyak orang memilih untuk beralih mengonsumsi ayam negeri karena tidak menggunakan bahan kimia pendukung dalam perkembangannya. Hal inilah yang membuat Anda bisa mulai beternak ayam kampung sebagai ide bisnis yang menjanjikan.

Menggunakan Metode Alami

Ayam kampung adalah jenis hewan ternak yang paling mudah ditemukan pada berbagai daerah di Indonesia. Banyak rumah tangga yang memeliharanya dan menjual daging maupun telurnya. Namun, ada juga yang hanya dipelihara saja di rumahnya masing-masing. Ayam kampung sendiri sebenarnya dikenal sebagai ayam lokal dari Indonesia.

Merawat peternakan ayam kampung tentunya cukup mudah karena masih menggunakan metode alami. Namun, pemilihan lokasi pengoperasian peternakan hewan unggas ini lebih cocok dilakukan di pedesaan. Sebab lingkungan yang sejuk, akan membuat makanan ayam melimpah. Desa adalah tempat yang direkomendasikan untuk memelihara ayam lokal ini.

Usaha yang Dilindungi Oleh Pemerintah

Peternakan ayam kampung yang dilakukan oleh rakyat Indonesia telah dilindungi oleh pemerintah dalam Perpres No. 77 tahun 2007. Dalam hal ini, pemerintah telah menjamin jika usaha ayam kampung hanya bisa dilakukan oleh masyarakat, mulai dari bibit sampai pembesaran. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan jika Anda mulai menjalankan ternak ayam kampung.

Melalui kebijakan tersebut usaha ayam kampung tidak boleh dibudidayakan oleh industri. Tak seperti peternakan ayam negeri yang sudah banyak dikelola oleh industri dan persaingannya sangat ketat. Dengan demikian para peternak kecil tak perlu lagi merasa khawatir akan dikalahkan oleh industri besar.

Peluang Pasar Berkelanjutan

Permintaan untuk ayam kampung di pasaran terus mengalami peningkatan. para konsumen tentunya memiliki kelasnya masing-masing. Saat ini mulai banyak restoran dan rumah makan yang menawarkan menu olahan makanan dari ayam kampung. Selain itu kini mulai banyak orang yang mengonsumsi ayam kampung untuk kesehatan. Hal ini tentu saja membuat peluang pasar berkelanjutan dan patut Anda pertimbangkan.

Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

Dalam beberapa tahun belakangan ini, ayam kampung telah mendapatkan kembali posisinya di antara konsumen ayam di pasaran. Dengan berkembangnya opini tentang ayam kampung jauh lebih sehat untuk dikonsumsi dengan jumlah kolesterol yang rendah membuatnya mulai banyak diminati. Selain itu, cita rasa dari daging ayam kampung sendiri dikenal enak dan bervolume meskipun teksturnya cukup keras dan membutuhkan waktu lama untuk memasaknya.

Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pola hidup yang sehat, termasuk untuk mengonsumsi makanan sehat, tentunya memberikan dampak besar terhadap konsumsi ayam kampung di pasaran. Hal ini tentu saja membuat permintaan ayam kampung semakin meningkat, baik untuk daging ataupun telurnya. Dengan demikian hal ini bisa menciptakan peluang usaha, yakni usaha ternak ayam kampung.

Baca juga : Peluang Usaha Ayam Bakar dan Estimasi Keuntungannya

Permintaan pasar terhadap pasokan ayam kampung pun selalu berkembang seiring berjalannya waktu. Namun sayang, meningkatkan  permintaan ayam kampung jelas tidak dapat dipenuhi oleh para peternak. Hal ini dikarenakan para peternak masih menjalankan bisnis mereka di rumah saja. Dengan memanfaatkan teknologi yang Anda tentunya ayam kampung bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan.

Maka dari itu untuk meningkatkan peluang usaha ternak ayam kampung harus disesuaikan dengan perkembangan zaman, sehingga akan membuat usaha bisa berkembang dengan pesat. Bahkan bisnis ini bisa bersaing di pasaran tak kalah dengan pemasaran ayam negeri. Kuncinya adalah konsistensi dan belajar beternak dalam jumlah besar untuk hasil maksimal. Selamat mencoba!

Intip Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung yang Menjanjikan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!