https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Bisnis Ternak Ikan Lele Bisa Jadi Ide Bisnis yang Menarik

Demi menjaga kondisi finansial agar tetap stabil di tengah meningkatnya kebutuhan, banyak orang kini mulai membuka bisnis secara mandiri. Tidak jarang mereka menemukan pendekatan bisnis dengan cara unik. Salah satunya adalah bisnis ternak ikan lele atau budidaya ikan lele yang kini mulai menjadi ide bisnis unik dan menarik.

Ikan lele adalah salah satu bahan makanan yang cukup populer di Indonesia. melihat potensi besar dalam membantu memperkuat kondisi finansial agar tetap stabil, membuat budidaya ikan lele pun menjadi ide bisnis yang cukup menarik untuk dijalankan. Apalagi beternak ikan lele punya banyak kelebihan dan kemudahan dengan modal yang tidak terlalu besar.

bisnis ternak ikan lele

Kelebihan Ternak Ikan Lele

Dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, ikan lele sendiri punya banyak kelebihan di mata para pemiliknya. Apa saja kelebihannya? Simak ulasannya di bawah ini.

Ikan Lele Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan

Ikan lele dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang sangat mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Karena alasan inilah yang membuat banyak pelaku bisnis ternak lele mulai meliriknya. Mereka pun tak lagi merasa kebingungan saat membuat kolam dan menjaga kondisi air di dalamnya, karena ikan lele bisa tumbuh dengan baik di berbagai kondisi air.

Daya Tahan Tubuhnya Kuat

Keunggulan kedua yang ditawarkan saat beternak ikan lele adalah ikan ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak rentan terhadap penyakit. Hal ini tentu saja akan membuat peluang risiko kegagalan saat panen karena penyakit dan mati menjadi lebih kecil.

Bibit Sangat Mudah Dicari

Bibit ikan lele yang berkualitas juga sangat mudah dicari karena sudah banyak dijual di pasaran. Harganya pun terjangkau dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Hal inilah yang menjadi keuntungan dari bisnis ternak ikan lele.

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Ternak Ikan Lele

Sebagaimana mengelola dan mengembangkan bisnis lainnya, budidaya ikan lele tentu saja membutuhkan ketekunan. Pasalnya, saat menjalankan bisnis ternak ikan lele memerlukan waktu yang cukup panjang dalam membesarkannya agar bisa dijual dan dikonsumsi. Berikut ini adalah langkah-langkah memulai bisnis budidaya ikan lele sebagai bisnis rumahan.

1.      Siapkan Kolam

Berbeda dengan jenis kolam ikan hias, Anda tentu harus mempersiapkan kolam ternak sebelum melakukan budidaya ikan lele. Sebab jumlah kolam yang dibutuhkan ada beragam, mulai dari kolam untuk memisahkan benih, kolam ikan lele yang sedang berkembang, dan ikan lele yang siap panen. Untuk membuatnya, Anda juga tidak perlu menyiapkan kolam besar terlebih dahulu.

Dalam menyiapkan kolam, Anda tentu bisa membuat kolam ternak menggunakan terpal dengan besaran volume yang disesuaikan dengan lokasi. Selain itu, perhatikan juga kondisi air di kolam, karena Anda harus menjaga suhunya sekitar 20 hingga 28 derajat celcius.

2.      Pahami Jenis Indukan yang Tepat

Setelah menyiapkan kolam, tahap selanjutnya adalah menentukan jenis indukan yang tepat. Pemahaman untuk membedakan jenis induk yang ideal tentunya sangat dibutuhkan agar menghasilkan kualitas ikan yang baik. dalam jenis induk ikan lele, Anda tentu harus memahami karakteristik fisiknya terlebih dahulu.

Ikan lele jantan memiliki tubuh yang ramping, tulang kepala berbentuk pipih, warnanya gelap, serta pergerakannya sangat aktif. Sementara ikan lele betina memiliki perut yang lebih besar daripada punggung dan tidak terlalu aktif ketika di dalam air.

3.      Pelajari Cara Merawat Ikan Lele

Jangan lupa untuk mempelajari cara merawat ikan lele dengan baik saat memulai bisnis ternak ikan lele. Sebab saat benih sudah mulai berkembang, dibutuhkan waktu dan tingkat kesabaran yang lebih besar. dalam merawatnya, Anda harus memperhatikan kebersihan kolam ternak. Hal tersebut dikarenakan kondisi kolam sudah mulai keruh karena pertumbuhan lumut, segera bersihkan secara menyeluruh. Selain itu, pelajari juga cara memindahkan ikan lele ke kolam sesuai pertumbuhannya.

Baca juga : Analisa Usaha Lele Kolam Terpal dan Estimasi Keuntungannya

4.      Ketahui Waktu Panen

Setelah berhasil melewati berbagai tahapan yang lumayan memakan waktu, sudah saatnya Anda memanen hasil dari aktivitas budidaya ikan lele yang sudah dilakukan. Waktu panen yang tepat bisa dilakukan dengan cara memperhatikan perkembangan fisik hasil ternak budidaya ikan lele yang dimiliki. ikan lele yang siap panen biasanya memiliki panjang tubuh 7-12 cm. Selain itu, bisa juga dilihat dari warna kolam yang sudah menjadi kemerahan.

Dalam masa panen ini, Anda tentunya harus sigap untuk memisahkan hasil ternak pada wadah terpisah untuk dilakukan pendistribusian. Selanjutnya, kolam dapat diisi oleh benih baru dan mulai kembali aktivitas budidaya.

Nah, itulah langkah-langkah dalam memulai bisnis ternak ikan lele rumahan yang bisa Anda lakukan. Menjalankan semua bisnis tentu butuh perjuangan, tapi jika dilakukan dengan tekun tentunya akan menghasilkan hasil yang maksimal. Jadi, jangan takut untuk mulai budidaya ikan lele sebagai ide bisnis.

Bisnis Ternak Ikan Lele Bisa Jadi Ide Bisnis yang Menarik | Malik | 4.5