https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

5 Instrumen Investasi Ini Cocok di Kantong Anak Muda

Salah satu kunci kesuksesan dalam membangun kekayaan adalah berinvestasi sedini mungkin. Ya, investasi memang penting dan wajib dilakukan oleh semua orang dimana pun mereka berada. Sebab dengan berinvestasi mereka bisa mendapatkan sumber penghasilan tambahan untuk mewujudkan tujuan hingga menunjang masa tua mereka.

Akan tetapi, dari mana modal yang bisa digunakan untuk berinvestasi? Biasanya pertanyaan tersebut sering kali datang dari para investor pemula. Berita baiknya adalah saat ini investasi bisa dilakukan oleh siapa saja dan tidak selalu harus diawali dengan modal yang tinggi. Anda bahkan bisa memulainya dengan modal kecil sekalipun.

Bagi Anda yang masih berusia 20 tahunan, tentu tak perlu bingung ataupun bimbang lagi untuk berinvestasi di usia muda. Berikut ini adalah 5 instrumen investasi yang cocok di kantong anak muda.

Investasi Emas Digital

Mendengar investasi emas, banyak orang pasti membayangkan harganya yang cukup mahal karena mencapai ratusan bahkan jutaan rupiah. Memang benar, untuk satu terkecil emas 1 gram, harganya memang bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Akan tetapi dengan adanya kemajuan teknologi yang ada saat ini anak muda bisa lebih mudah dalam melakukan investasi emas dengan modal terbatas. Salah satunya adalah tabungan emas yang dibuka oleh beberapa e-commerce saat ini, sehingga akan memudahkan semua kalangan untuk mulai berinvestasi meskipun tak punya modal yang besar.

Reksa Dana

Reksa dana merupakan instrumen investasi yang dapat memungkinkan pengelolanya untuk bisa menghimpun dana dari masyarakat. kemudian dana tersebut akan diinvestasikan di pasar modal. Instrumen ini tentunya sangat cocok bagi investor pemula yang ingin mulai belajar melakukan investasi di pasar modal.

Uang yang Anda investasikan di reksa dana tentunya tidak akan dikelola sendiri. Dalam hal ini Anda akan dibantu oleh manajer investasi, sehingga akan memudahkan dalam melakukan investasinya. Berikut adalah berbagai jenis keuntungan investasi reksa dana:

  • Nilai awal investasi terjangkau
  • Diawasi oleh OJK, sehingga lebih aman
  • Proses pencairan lebih cepat tanpa ada biaya administrasi
  • Keuntungan bisa mencapai 6,5% setiap tahunnya.

Tabungan Berjangka

Menabung juga menjadi salah satu cara dalam melakukan investasi dengan paling mudah. Akan tetapi, jangan asal menabung. Hal tersebut dikarenakan menabung di produk tabungan biasa tidak akan mendapatkan hasil yang menguntungkan. Apabila Anda memiliki niat untuk berinvestasi, cobalah untuk membuka tabungan berjangka.

Tabungan berjangka adalah salah satu produk tabungan yang mewajibkan nasabah untuk menentukan jangka waktu menabung mereka seperti 6 bulan, 1 tahun, atau 3 tahun lamanya sesuai keinginan. Selama masa menabung nasabah tak boleh melakukan penarikan dana.

Kelebihan memiliki tabungan berjangka di usia muda:

  • Aksesnya lebih mudah
  • Syarat mudah dilakukan
  • Aman
  • Melatih kita untuk disiplin dalam menyisihkan uang.

Investasi Pendidikan

Pendudukan merupakan salah satu jenis investasi yang perlu diperhitungkan. Dalam jangka panjang, imbal hasil yang diberikan oleh pendidikan tentunya akan jauh lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan instrumen investasi dan keuangan lainnya. Hal ini tentu saja harus Anda perhitungkan di usia muda.

Bagi Anda yang masih berada di usia 20-an tahun, investasi pendidikan tentunya dapat membantu melepas kemiskinan. Dengan mengenyam pendidikan, Anda pun bisa menjadi apa saja yang diinginkan asalkan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Baca juga : 6 Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan dan Hambatannya

Saham

Saham merupakan salah satu instrumen investasi dengan risiko yang cukup besar. Akan tetapi, risiko tersebut sebanding dengan imbal hasil yang bisa diterima. Besarnya risiko juga dapat dikurangi dengan cara membaca prospektus perusahaan serta rekomendasi yang akan diberikan para analisis saham sebelumnya.

Untuk dapat memulai investasi saham, modal yang perlu disiapkan tentunya jauh lebih besar daripada jenis instrumen yang sudah disebutkan di atas. Umumnya dana minimal yang harus disiapkan mulai dari Rp 1 juta untuk bisa membuka rekening pada perusahaan sekuritas dan membeli saham minimal 1 lot.

Nah, itulah 5 instrumen investasi yang cocok dipilih oleh anak muda usia 20 tahunan. Hal terpenting saat berinvestasi adalah sifat disiplin. Anda tentunya harus membiasakan diri untuk mengurangi pengeluaran dan mulai menyisihkannya untuk investasi. Tetap semangat dan selamat mencoba!

5 Instrumen Investasi Ini Cocok di Kantong Anak Muda | Malik | 4.5