Berbagai Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Bisnis Ritel

Secara garis besar, bisnis ritel yang fokus pada penjualan kebutuhan sehari-hari dapat dikategorikan menjadi dua bagian, yakni ritel tradisional dan ritel modern. Keduanya tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda sesuai kategorinya masing-masing.

Ciri-ciri ritel tradisional adalah memiliki tempat yang tidak begitu luas, barang yang dijual kurang begitu lengkap, sistem pengelolaannya masih sederhana, tak menawarkan kenyamanan dalam berbelanja, masih memiliki proses tawar menawar, dan produk yang dijual tak dipajangkan secara umum

Sedangkan ciri-ciri ritel modern adalah tempatnya luas, barang yang dijual lengkap, sistem manajemen dilakukan dengan baik, harga jualnya tetap, memiliki sistem pelayanan sendiri, dan pemajangan produk di rak terbuka untuk memudahkan pelanggan.

Saat ini bisnis ritel memang sangat diminati dan mulai banyak dikelola oleh banyak orang. Untuk menjalankan sebuah bisnis ritel, ada 3 faktor utama yang akan memengaruhi keberhasilannya. Apa saja faktor-faktor tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Pemilihan Lokasi

Faktor pertama yang harus diperhatikan oleh peritel adalah lokasi. Ya, memilih lokasi untuk bisnis ritel memang bukan hal yang mudah. Sebab lokasi yang dipilih harus strategis dan mudah dijangkau oleh semua kalangan. Berikut adalah patokan yang bisa digunakan untuk memilih suatu lokasi untuk dijadikan sebagai tempat bisnis ritel Anda:

  1. Tempat terlihat dengan jelas
  2. Lalu lintas padat karena sering dilalui banyak orang
  3. Dekat arah pulang ke rumah
  4. Dekat dengan fasilitas umum
  5. Biaya akuisisi yang dimiliki
  6. Peraturan atau perizinan lokasi
  7. Akses
  8. Infrastruktur
  9. Potensi pasar yang tersedia
  10. Legalitas

Perlu diketahui oleh semua pelaku bisnis ritel, salah memilih lokasi tentunya dapat berujung negatif untuk jangka waktu panjang. Hal ini dikarenakan setiap peritel harus mempertimbangkan hal-hal lainnya seperti biaya sewa, listrik, dekorasi, dan masih banyak lagi. Maka dari itu pilihlah lokasi bisnis ritel dengan tepat untuk memberikan hasil yang maksimal.

Modal yang diperlukan untuk membuka bisnis ritel memang terbilang sangat besar, sehingga peritel pun tidak boleh memilih lokasi yang salah. Memindahkan lokasi pun bukanlah hal yang mudah, sebab akan ada biaya tambahan lainnya yang perlu dikeluarkan oleh peritel. Jadi, pertimbangkan pemilihan lokasi bisnis ritel adan dengan tepat agar menemukan hasil yang maksimal dan keuntungan pun besar.

Harga

Umumnya dalam bisnis ritel akan menyediakan produk-produk yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka, setiap pelanggan akan memperhatikan dan membandingkan harganya dengan baik. Dengan demikian saat toko menawarkan harga yang lebih mahal pelanggan pun akan memutuskan untuk mencari toko lain yang menawarkan harga lebih rendah. Hal ini tentunya harus dihindari agar Anda memiliki pelanggan tetap yang senang berbelanja.

Akan tetapi menentukan harga pun tidak boleh terlalu rendah. Karena hal tersebut akan membuat keuntungan menjadi kecil. Keuntungan yang kecil tentunya akan memengaruhi berbagai faktor dari bisnis ritel. Maka dari itu setiap peritel harus mengetahui harga yang tepat agar tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Dengan demikian mereka pun bisa menarik perhatian para pelanggan tanpa ada kendala apapun.

Suasana Toko

Faktor ketiga yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam bisnis ritel adalah suasana toko. Ya, suasana toko yang nyaman tentunya akan membuat pelanggan merasa senang untuk berbelanja. Hal ini pun dipercaya dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Cara yang bisa membuat suasana toko menjadi nyaman adalah mengatur cahaya lampu dengan tepat hingga memasang alunan musik.

Baca juga : Kenali 4 Penyebab Supermarket Giant Bangkrut

Dalam menciptakan suasana toko yang nyaman bagi pelanggan, peritel tentunya harus memperhatikan dua hal , yakni interior dan eksterior. Kedua hal tersebut tentunya harus dibuat menarik dan pastinya nyaman untuk semua pelanggan yang berkunjung. Selain itu, perhatikan juga fasilitas yang dimiliki toko untuk menunjang rasa puas pelanggan ketika mereka berbelanja di toko Anda.

Nah, itulah 3 daftar utama yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam menjalankan bisnis ritel. Seperti diketahui bersama, bisnis ritel bukanlah sebuah usaha yang mudah untuk dijalankan. Namun jika sudah dijalankan dengan baik dan tepat, maka bisa mendapatkan hasil yang menjanjikan.

Berbagai Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Bisnis Ritel | Malik | 4.5
error: Content is protected !!