6 Hal Remeh yang Menguras Uang Bulanan Anda, Bikin Boncos Tanpa Sadar

Ada lho beberapa hal remeh yang menguras uang bulanan Anda. Hanya saja Anda sering tidak sadar jika hal tersebut bikin boros. Tentunya, melakukan hal tersebut secara berulang-ulang tidak bagus untuk kesehatan finansial terutama jika dilakukan dalam jangka panjang. Nah, sebelum kebablasan ada baiknya Anda mulai merinci dan melakukan perencanaan keuangan Anda dengan baik mulai dari sekarang. Selain itu Anda bisa berhemat dengan menghindari hal remeh yang menguras uang bulanan Anda. Apa saja sih? Yuk simak!

Kartu Kredit

Hal remeh yang bisa membuat keuangan menjadi kandas sebelum waktunya adalah kartu kredit. Banyak yang tidak sadar, penggunaan kartu kredit yang tidak terkendali membuat keuangan Anda mudah boncos lho.

kartu kredit

kartu kredit

Memang, kartu kredit mampu memberikan kemudahan dalam berbelanja, Anda tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah yang banyak. Namun, penggunaan kartu kredit tersebut ada pajak yang harus Anda tanggung. Bahkan saat Anda melakukan transaksi, uang Anda akan terpotong 5 ribu untuk pajak.

Nah, Anda bisa membayangkan sendiri misalnya dalam sebulan ada 60 kali transaksi, berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk membayar pajak? Ya, benar 300 ribuan harus Anda keluarkan untuk membayar pajak. Oleh sebab itu ada baiknya Anda bijak dalam menggunakan kartu kredit Anda. Memang 5 ribu terlihat sedikit, namun jika dilakukan berulang-ulang uang yang harus Anda keluarkan cukup besar.

Jajanan

Hal remeh yang menguras uang bulanan Anda adalah jajanan. Saat ini Anda mudah menemukan jajanan dan makanan apa saja yang Anda mau. Hanya dalam genggaman dan satu kali klik saja makanan yang Anda inginkan bisa datang dan terkirim ke rumah Anda. Namun, terlalu sering lapar mata membuat keuangan Anda menjadi tidak sehat.

Memang dalam satu kali jajan hanya mengeluarkan uang mulai dari belasan ribu rupiah. Namun apa jadinya jika Anda melakukannya berulang kali dalam satu bulan. Belum lagi banyak promo dan diskon menarik, membuat keinginan Anda untuk jajan semakin besar. Tanpa disadari, semakin sering Anda jajan akan membuat financial Anda menjadi tidak sehat. Boleh saja jajan, namun jangan terlalu sering misalnya satu  atau dua kali seminggu.

Nongkrong

Hal remeh yang menguras uang bulanan Anda selanjutnya adalah nongkrong. Berkumpul bersama teman itu tidak salah, yang salah adalah berkumpul bersama teman terlalu sering. Mengapa demikian? Hal itu karena Anda tidak hanya nongkrong saja namun juga kulineran bersama. Tidak mengherankan jika biaya nongkrong Anda besar. Batasi nongkrong Anda karena tidak bagus untuk finansial Anda.

Makan Siang

Jam makan siang menjadi hal remeh yang tidak disadari bisa menghabiskan uang bulanan Anda lho. Saat di kantor, makan siang menjadi hal wajib yang harus dilakukan agar bisa bekerja dengan semangat. Namun, membeli makan siang di kantor hanya akan membuat Anda boros.

Bisa dibayangkan untuk sekali makan Anda harus merogoh kocek mulai dari 20 ribu rupiah. Jika dalam sebulan, untuk makan siang Anda harus mengeluarkan uang mulai 600 ribuan. Nah, agar uang bulanan Anda tidak lewat begitu saja Anda bisa membawa bekal dari rumah. Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup besar hanya untuk membeli makan siang.

Membership

Tanpa disadari membership juga akan membuat Anda lebih boros setiap bulannya. Yang membuat miris, kartu keanggotaan atau membership sering dianggap sesuatu yang sepele. Misalnya jasa membership salon kecantikan maupun membership yang lainnya. Padahal untuk membayar membership ini tidak murah lho, minimal 50 ribu Anda keluarkan untuk membayar membership tersebut.

Baca juga :  Peluang Usaha Online yang Menguntungkan

Misalnya Anda memiliki 3 kartu keanggotaan, dalam satu bulan Anda harus membayar 150 ribu rupiah. Uang tersebut cukup besar, bahkan bisa mempengaruhi uang bulanan Anda. Nah, jangan heran jika pengeluaran Anda tetap besar meski Anda sedang berusaha untuk berhemat.

Air Minum

Suka minum air kemasan setiap hari? Hal tersebut bisa bikin kantong Anda jebol lho. Bisa dibayangkan jika Anda membeli air minum dengan harga 3 ribuan kemudian diakumulasikan dalam sebulan, berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan? Terlebih lagi jika dalam sehari air mineral kemasan yang Anda minum tidak cukup satu tentunya membuat pengeluaran Anda setiap bulan semakin besar.

Nah, demikianlah beberapa hal remeh yang menguras uang bulanan Anda tanpa disadari, mulai dari sekarang mulailah hidup hemat dengan mengurangi hal-hal tersebut atau menggantinya dengan opsi yang lain, semoga informasi ini bermanfaat ya!

6 Hal Remeh yang Menguras Uang Bulanan Anda, Bikin Boncos Tanpa Sadar | Malik | 4.5
error: Content is protected !!