Usaha Jajanan Rumahan Cocok Dilakukan Para Pebisnis Pemula

Menjalankan suatu usaha merupakan impian dari banyak orang. Namun, sering kali kebanyakan dari mereka merasa bingung memilih peluang usaha untuk dijalankan. Salah satu rekomendasi jenis usaha yang cocok dilakukan oleh para pebisnis pemula adalah usaha jajanan rumahan. Ya, jenis usaha satu ini memang semakin populer karena bisa dilakukan di rumah dengan modal yang kecil.

usaha jajanan rumahan

Apalagi menjalankan bisnis jajanan rumahan ini bisa berpotensi untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar. Hal tersebut dikarenakan masyarakat Indonesia sangat suka menghabiskan waktu mereka untuk mencari jajanan di berbagai kesempatan yang memiliki cita rasa nikmat. Tak heran jika peluang usaha satu ini bisa Anda pertimbangkan.

Bisnis makanan ini juga masuk ke dalam kategori jenis bisnis yang mudah untuk didirikan dan Anda pun bisa belajar sendiri saat membuatnya. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ragam informasi menarik tentang ide jajanan rumahan yang laris manis untuk dijual dan cara memulainya. Jadi, pastikan untuk simak ulasannya hingga selesai.

Ide Jajanan Rumahan yang Laris Manis untuk Dijual

Usaha jajanan rumahan adalah salah satu jenis bisnis yang paling populer saat ini. Hal tersebut dikarenakan semua orang membutuhkan makanan dan menyukai jenis makanan dengan cita rasa tinggi, termasuk pada aneka jajanan rumahan. Usaha kuliner satu ini juga dikenal hanya memerlukan modal yang kecil.

Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan bisnis makanan ini untuk dapat memperoleh penghasilan. Inilah ide jajanan rumahan yang laris manis untuk dijual di rumah.

1.      Seblak

Seblak merupakan salah satu ide jajanan rumahan yang bisa Anda pertimbangkan. Jajanan asal Jawa Barat ini sangat diminati masyarakat dengan cita rasanya yang lezat. Cara pembuatannya pun cukup mudah, Anda dapat menemukan resepnya di internet dan mengkreasikannya sendiri. Biasanya seblak disajikan dengan kerupuk, bakso, makaroni, telur, sosis, dan bumbu pedas. Untuk memulainya pun tidak perlu modal yang besar. Menarik bukan?

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan besar, pemilihan tempat atau lokasi yang strategis bisa dilakukan. Selain itu, saat ini penjualan seblak bisa dilakukan secara online dengan cara bekerja sama dengan aplikasi ojek online untuk meningkatkan penjualan.

2.      Corn Dog

Jenis makanan asal Amerika Serikat satu ini sedang populer dan banyak peminatnya di Indonesia. bentuknya sendiri berupa roti dengan tusukan sate. Di dalamnya terdapat isian keju, sosis, cokelat, dan lain sebagainya. Corn dog tentunya bisa menjadi peluang usaha dengan modal kecil. Apalagi anak-anak sangat menyukai jenis makanan ini. Selain itu, corn dog juga bisa jadi salah satu ide bisnis frozen food, di mana para pembeli bisa memasaknya sendiri di rumah untuk mendapatkan corn dog yang hangat dan nikmat.

3.      Gorengan

Gorengan merupakan salah satu jenis camilan yang tidak pernah sepi penggemar. Jenis jajanan satu ini tentu saja bisa menjadi salah satu ide bisnis yang menarik dan tidak membutuhkan modal besar. camilan sejuta umat ini memiliki berbagai macam jenis seperti tahu, tempe, cireng, bakwan, dan lain sebagainya. Untuk memulainya, Anda bisa membuat kedai dengan lokasi strategis atau menjualnya dari rumah dengan menggunakan sistem penjualan online.

Cara Memulai Usaha Jajanan Rumahan dengan Modal Kecil

Saat ini jenis usaha jajanan rumahan sudah cukup banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan kebanyakan dari mereka mulai menjajal usaha ini dengan menawarkan jenis produk yang unik untuk dijual. Anda juga bisa memilih jenis produk yang sudah umum atau menjual produk hasil modifikasi saat menjalankan jenis usaha satu ini.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan ketika memulai usaha jajanan, yakni operasional dan juga keuangan. Operasional adalah segala sesuatu yang dibutuhkan dan berfokus pada hal-hal untuk menjalankan usaha tersebut seperti bahan-bahan dasar atau kemasan yang akan digunakan. Dengan demikian bisnis pun bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Baca juga : Intip 5 Strategi Pemasaran untuk Usaha Makanan dari Awal

Selain menyiapkan hal-hal operasional dalam bisnis, bagian lain yang harus diperhatikan adalah keuangan. Dalam hal ini Anda harus bisa mengatur pengeluaran dan pemasukan keuangan dalam usaha agar bisa berjalan dengan lancar.

Setelah mempersiapkan langkah awal dalam menjalankan usaha jajanan rumahan, kini saatnya untuk memasarkan produk. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform media sosial yang ada saat ini sebagai salah satu sarana pemasaran yang mudah, murah, dan dapat memberikan hasil secara maksimal.

Namun, pastikan untuk memperhatikan penyajian promosi pada usaha jajanan rumahan yang Anda miliki. Caranya dengan membuat tampilan promosi yang menarik untuk menarik minat para konsumen.

Untuk menjalankan suatu usaha, Anda tentunya harus konsisten dan tekun dalam mengembangkan usaha jajanan ini. Jika dilakukan dengan baik dan benar, bukan tidak mungkin usaha dengan modal kecil ini dalam memberikan keuntungan yang menjanjikan.

 

Usaha Jajanan Rumahan Cocok Dilakukan Para Pebisnis Pemula | Malik | 4.5
error: Content is protected !!