Tutorial Membuat Instagram Bisnis dan Cara Memaksimalkannya

Kehadiran Instagram Bisnis pastinya akan memudahkan semua pelaku usaha dalam melakukan promosi secara online. Apalagi di era modern seperti sekarang ini hampir semua sektor bisnis mulai menjajal promosi secara online. Hal ini dapat dapat membantu mereka dalam menjangkau lebih banyak orang. Banyaknya fitur dalam Instagram Bisnis yang tak ditemukan pada akun personal biasa tentunya mampu membuat bisnis semakin terkenal.

Instagram Bisnis

Maka dari itu Anda wajib mengetahui tutorial membuat Instagram bisnis dan cara memaksimalkannya untuk membuat bisnis yang dimiliki semakin berkembang. Dengan adanya branding yang baik di media sosial tentunya akan membantu untuk menjangkau audiens secara luas. Bahkan Instagram Bisnis ini bisa dijadikan sebagai platform pendukung dalam meningkatkan traffic dan leads pada sebuah website. Menarik bukan?

Pada artikel kali ini kami akan membahas tutorial membuat akun Instagram bisnis dan cara memaksimalkannya agar bisa meningkatkan penjualan. Jadi simak ulasannya hingga selesai, ya!

Login akun Instagram

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat Instagram Bisnis adalah dengan cara login pada aplikasi dari platform tersebut. Pastikan Anda sudah memiliki akun instagram sebelumnya yang sudah terdaftar agar memudahkan prosesnya. Jika belum, segera daftar sekarang juga.

Buka Settings

Selanjutnya, buka halaman settings. Caranya adalah klik ikon 3 baris yang ada di pojok kanan atas dari profil, lalu pilih menu settings. Setelah itu, pilih pilihan Switch to Professional Account untuk mengubah akun menjadi akun bisnis.

Tentukan kategori bisnis Anda

Tutorial Membuat Instagram Bisnis berikutnya adalah menentukan jenis profil yang nantinya akan digunakan. Hal ini harus dilakukan sebab Anda ingin mengubah akun tersebut untuk tujuan berbisnis. Maka dari itu pilih profil business untuk mengubah fungsi akun Anda. Tapi jika Anda adalah seorang content creator atau influencer, pilih profil creator. Selanjutnya tentukan kategori bisnis yang sedang Anda buat.

Mengisi data kontak dan lokasi

Anda nantinya akan melihat halaman review kontak. Di sana perlu diisi beberapa daya yang masih belum dilengkapi sebelumnya seperti nomor telepon yang bisa dihubungi dan lokasi bisnis. Jika sudah, klik next untuk langkah selanjutnya.

Hubungkan dengan Facebook Page

Tutorial Membuat Instagram Bisnis satu ini opsional. Karena menghubungkan akun Instagram dengan Facebook Page bukan hal yang wajib. Tapi hal ini bertujuan untuk mengotomatisasi postingan di halaman Facebook setiap kali Anda memposting konten pada akun Instagram Bisnis tersebut. Postingan tersebut nantinya akan muncul bersamaan secara otomatis pada laman Instagram dan Facebook Page dengan praktis.

Lengkapi data pada profil

Langkah terakhir adalah mengisi data profil akun bisnis Anda. Isi profil dengan lengkap seperti nama, username, alamat website, bio, dan jangan lupa tambahkan foto profil. Jika semuanya sudah diisi dengan lengkap, klik Done pada bagian ujung kanan atas.

Cara Memaksimalkan Instagram Bisnis

Setelah mengetahui Tutorial Membuat Instagram Bisnis, Anda mungkin masih bingung apa yang harus dilakukan ketika sudah memiliki akun bisnis pada platform media sosial ini. nah, kami memiliki beberapa tips untuk memaksimalkan akun Instagram Bisnis Anda di bawah ini.

Menentukan target audiens

Menentukan siapa saja yang akan menjadi target audiens sebelum memposting konten merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua pemilik akun bisnis. Jadi pastikan Anda menggunakan waktu sebanyak mungkin untuk melakukan riset pada audiens yang ingin dijangkau. Biasanya bisa dilakukan dengan menyesuaikan produk atau jasa bisnis yang ditawarkan.

Optimasi akun

Instagram Bio sendiri hanya bisa diisi maksimal 150 karakter saja. Itu artinya, Anda harus pintar memanfaatkan hal tersebut untuk memperkenalkan bisnis yang Anda miliki kepada audiens. Langkah ini memang cukup sulit, karena pesan yang diberikan harus menggambarkan produk yang ditawarkan, keunggulan, nilai yang dimiliki, atau berbagai promo yang dimiliki. Maksimalkan akun Anda menuliskan deskripsi terbaik pada Instagram Bio.

Baca juga : 9 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Tanpa Modal Sama Sekali

Buat jadwal posting

Sebuah riset mengatakan jika waktu ideal untuk memposting sebuah konten pada platform Instagram adalah jam 9 – 11 pagi. Akan tetapi riset tersebut belum tentu akurat dan berpengaruh pada akun bisnis Anda. Sebab tak semua jenis konten memiliki target audiens yang sama. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui betul kapan waktu yang tepat untuk memposting konten agar bisa dijangkau oleh banyak kalangan.

Berikan konten yang menarik

Instagram merupakan platform yang semuanya tentang visual. Jadi, dalam platform ini sangat penting untuk menyiapkan berbagai konten menarik untuk dapat memikat hati audiens. Dengan menciptakan kesan yang dapat merepresentasikan persona bisnis tentunya bisa membuat banyak orang menjadi percaya.

Itulah Tutorial Membuat Instagram Bisnis dan cara memaksimalkan akun bisnis untuk mendapatkan perhatian audiens. Pastikan kelola akun tersebut dengan baik agar audiens menjadi lebih percaya dengan produk dan jasa yang ditawarkan.

Tutorial Membuat Instagram Bisnis dan Cara Memaksimalkannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!