4 Pinjaman Alternatif Selain KUR dengan Bunga Rendah

Salah satu produk pinjaman dana untuk modal usaha yang sangat terkenal oleh masyarakat Indonesia adalah Kredit Usaha Rakyat atau biasa disingkat dengan KUR. Hal tersebut dikarenakan program pembiayaan modal usaha ini dapat menjadi solusi terbaik untuk mengembangkan suatu bisnis. Dengan KUR para pemilik usaha yang butuh dana akan mendapatkan pinjaman untuk mengembangkan usaha makro mereka. Meskipun demikian ada beberapa Pinjaman Alternatif Selain KUR dengan Bunga Rendah yang bisa digunakan.

KUR

Para pemilik usaha sering kali merasa kesulitan dalam memenuhi syarat yang diberikan oleh program KUR. Mereka yang tidak bisa memenuhi berbagai syarat tersebut kerap kali merasa bingung. Padahal masih ada berbagai jenis pinjaman lain yang bisa dijadikan sebagai solusi alternatif jika KUR belum memenuhi syarat. Lantas, apa saja jenis pinjaman alternatif lainnya yang bisa digunakan oleh para pemilik usaha untuk mendapatkan pinjaman dana? Simak 4 pinjaman alternatif dengan bunga rendah di bawah ini.

1.      Kredit Ultra Mikro (UMi)

Jenis pinjaman alternatif yang bisa Anda ajukan selain KUR adalah kredit Ultra Mikro (Umi). Sesuai dengan namanya, kredit ini hanya diperuntukkan bagi para pelaku bisnis kecil saja. Para pengusaha yang belum bisa memenuhi syarat KUR karena usahanya belum berkembang dengan baik, tentunya dapat mengajukan pinjaman dana ini.

Hal unik yang ditawarkan dari kredit UMi ini adalah kredit ini tak hanya menyediakan dana untuk modal para pelaku bisnis kecil saja. Hal tersebut dikarenakan kredit ini akan melatih semua pengusaha untuk bisa memiliki karakter wirausaha untuk mengembangkan bisnis mereka. Caranya adalah para debitur kredit Umi akan mendapatkan pelatihan yang sudah disiapkan oleh pemerintah.

Pastinya pelatihan ini sudah mencakup berbagai aspek seperti menjadi seorang pengusaha yang baik hingga cara mengelola usaha yang baik dan benar. Anda bisa mengajukan kredit ini pada lembaga keuangan non – bank seperti PT. Pegadaian, PT. Bahana Arta Ventura, dan PT. Permodalan Nasional Madani dengan besaran dana maksimal hingga 10 juta rupiah.

2.      Koperasi

Apa yang ada di benak Anda jika mendengar koperasi bisa memberikan pinjaman dana? Mungkin beberapa besar dari masyarakat berpikir jika meminjam dana di koperasi telah ketinggalan zaman. Akan tetapi hal ini bisa menjadi Pinjaman Alternatif Selain KUR dengan Bunga Rendah yang amat menguntungkan. Pasalnya koperasi punya prinsip untuk menyejahterakan anggotanya.

Untuk jenis koperasi pun tentunya ada banyak jenisnya, salah satunya adalah koperasi simpan pinjam. Setidaknya ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengajukan peminjaman dana untuk modal usaha di koperasi, seperti berikut ini:

  • Besaran bunga yang ditawarkan tidak terlalu besar.
  • Syaratnya tergolong mudah dilakukan.
  • Terdapat Sisa Hasil Usaha (SHU) yang akan dibagikan setiap tahun.

3.      Kupedes BRI

Selanjutnya adalah program pinjaman dana dari Bank Rakyat Indonesia yang bernama kupedes bisa menjadi pilihan Anda. Kupedes merupakan singkatan dari Kredit Usaha Pedesaan yang bisa dijadikan sebagai Pinjaman Alternatif Selain KUR dengan Bunga Rendah. Meskipun produk tersebut memiliki nama seperti itu, bukan berarti program ini hanya dikhususkan untuk para pengusaha dari pedesaan saja.

Pada dasarnya produk yang diperkenalkan oleh BRI ini sama dengan KUR karena disediakan oleh pemerintah. Para pengusaha dapat mengajukan pinjaman maksimal hingga 100 juta rupiah dengan tenor 10 tahun. Kudapes BRI sendiri tidak hanya diperuntukkan bagi para pengusaha kecil saja, akan tetapi bisa digunakan untuk berbagai keperluan konsumtif lainnya dengan catatan orang tersebut punya usaha atau bisnis.

4.      Peer to Peer Lending

Pinjaman alternatif yang terakhir ini merupakan salah satu wadah untuk mempertemukan peminjam dengan penyedia dana pinjaman. Peer to peer lending atau yang lebih akrab disapa p2p lending ini akan menyediakan dana pinjaman bagi mereka yang belum bisa memenuhi syarat dan ketentuan kredit KUR dengan besar bunga beragam.

Untuk besaran pinjamnya bisa mencapai angka 200 juta rupiah tergantung dengan kebutuhan masing-masing peminjam dana. Hal yang perlu diketahui dari p2p lending ini adalah prosesnya bisa dilakukan tanpa ada jaminan apapun. Kalaupun harus ada jaminan, jaminan yang dapat diberikan berupa invoice financing saja.

Baca juga : Ini Dia 4 Tips Agar KUR Disetujui Bank

Maka dari itu jika Anda belum bisa memenuhi syarat kredit KUR, pilihlah p2p lending yang sudah terdaftar dan dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keungan (OJK) agar prosesnya jauh lebih aman. Dalam pemilihan pinjaman alternatif Anda tentunya harus lebih berhati-hati agar tidak tertipu oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Itulah ragam Pinjaman Alternatif Selain KUR dengan Bunga Rendah yang dapat Anda pilih. Saat ini Anda sudah bisa memilih berbagai jenis pinjaman sesuai kebutuhan dengan lebih mudah. Akan tetapi pertimbangkan dengan matang dan pilih program peminjaman dana dengan aman agar selalu aman ketika digunakan.

4 Pinjaman Alternatif Selain KUR dengan Bunga Rendah | Malik | 4.5
error: Content is protected !!