Ingin Mulai Bisnis franchise Indomaret? Begini Caranya

Minimarket merupakan salah satu jenis bisnis yang bisa dijadikan sebagai investasi terbaik bagi berbagai kalangan. Hal tersebut dikarenakan Bisnis Franchise Indomaret Indomaret bisa dibilang sukses besar. saat ini gerainya pun sudah hadir di berbagai pelosok Indonesia. Minimarket tentunya bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan berbagai kebutuhan primer maupun sekunder. Pasalnya masyarakat tak perlu pergi jauh untuk mendapatkan segala kebutuhan mereka.

indnomaret

Mengapa Harus Indomaret?

Indomaret merupakan salah satu minimarket terbesar yang pertama kali membuka gerainya di Ancol, Jakarta Utama. Minimarket ini dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama dan resmi dibuka pada Juni 1988 silam. Selanjutnya perusahaan ini pun telah mengembangkan bisnis waralaba mereka pada tahun 1997 hingga saat ini. Diketahui saat ini Indomaret sudah memiliki 17.681 gerai yang telah tersebar di Indonesia.

Dengan banyaknya gerai yang ada saat ini, membuktikan jika Indomaret cocok dipilih sebagai bisnis waralaba terbaik. Melihat besarnya prospek yang diberikan dalam menjalankan bisnis waralaba ini, banyak orang kini mulai tertarik untuk ikut dalam franchise Indomaret. Anda juga tertarik untuk menjalankan bisnis waralaba Indomaret sekarang? Simaklah beberapa hal yang wajib disiapkan sebelum Anda memulainya.

Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Pertama-tama Anda harus menyiapkan beberapa dokumen terkait untuk bisa memulai bisnis minimarket sendiri. Anda harus memiliki data kependudukan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) terlebih dahulu. Dalam hal ini siapkanlah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan berbagai jenis kartu identitas lainnya. Jangan lupa untuk memperbanyak seluruh dokumen yang diperlukan, karena Anda akan diminta menyerahkan beberapa salinannya.

Pilih lokasi strategis

Jika Anda ingin memulai, pastikan untuk memilih lokasi yang strategis. Tiga faktor penunjang yang perlu dipertimbangkan saat memilih lokasi adalah aksesibilitas kendaraan, dekat dengan akses jalan raya, daerah ramai. Pemilihan lokasi pastinya dapat menjadi faktor penunjang suksesnya bisnis minimarket Anda. Jadi pastikan untuk tidak sembarangan dalam memilih lokasi minimarket jika Anda ingin memulai bisnis minimarket Indomaret. Lahan yang diperlukan untuk membuka minimarket adalah 120 – 300 meter persegi.

Miliki surat kelengkapan usaha

Calon pembeli waralaba tentunya harus memiliki berbagai surat kelengkapan usaha agar mereka bisa menjalankan usahanya tanpa ada masalah apapun. Adapun beberapa surat kelengkapan usaha yang perlu dimiliki di antaranya adalah:

  • Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Surat Izin untuk Perusahaan (SIUP)

Semua surat kelengkapan usaha tersebut harus Anda siapkan dengan lengkap agar proses mendapatkan kerja sama dengan waralaba Indomaret bisa dilakukan tanpa ada masalah.

Siapkan modal untuk investasi

Membuka suatu usaha tentunya harus memiliki modal, hal ini pun berlaku jika Anda ingin membuka sebuah minimarket. Maka dari itu siapkanlah modal yang akan diinvestasikan menjadi usaha. Modal ini nantinya bisa akan diserahkan pada pihak Indomaret sebagai pemilik merek saat proses permohonan kerja sama sudah disetujui. Besaran modalnya sendiri tergantung pada jenis waralaba yang dipilih.

Beberapa pilihan waralaba yang bisa dipilih adalah memulai bisnis dari awal dengan kisaran dana Rp 300 – 400 juta dan mengambil alih mitra lama dengan kisaran dana yang dibutuhkan Rp 150 – 200 juta. Harga tersebut tentu saja sudah termasuk royalti yang perlu dibayarkan selama masa kontrak kerja sama selama lima tahun.

Lakukan pendaftaran di waralaba Indomaret

Untuk melakukan proses pendaftaran Bisnis Franchise Indomaret, Anda tentunya bisa langsung menghubungi call canter Indomaret ataupun mengunjungi laman resmi Indomaret untuk dapat mengunduh formulir pendaftaran secara langsung. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu kedatangan tim survei untuk mengecek lokasi waralaba yang sudah ditentukan.

Baca juga : 7 Cara Memulai Bisnis Waralaba Modal Kecil Agar Sukses

Sesi Presentasi

Selanjutnya bagian tim verifikator dari Indomaret akan melakukan sesi presentasi setelah Anda selesai melakukan pendaftaran. Proses ini nantinya akan dibagi menjadi dua tahap, yakni tahap penjelasan keuntungan toko perbulan hingga sistem operasional toko dan tahap kedua terkait hasil survei toko hingga besarnya modal.

Setelah semua syarat dan kelengkapan pembukaan bisnis ini disetujui, Anda akan diminta untuk menandatangani kontrak kerja sama. Kemudian akan ada nota kesepahaman yang berisikan berbagai tugas antara waralaba Indomaret dengan pemilik. Nota kesepahaman ini nantinya akan membantu Anda dalam mengatur kepengurusan izin, pembukaan toko, renovasi, seleksi dan pelatihan karyawan, pembelian perlengkapan toko, hingga pembayaran termin.

Pembukaan Toko

Setelah berhasil menyelesaikan berbagai jenis tahapan di atas, Anda tentunya bisa langsung merencanakan pembukaan toko. Pihak Indomaret pun akan membantu semua proses pembukaan toko hingga promosi yang akan dilakukan. Anda akan menandatangani kontrak kerja sama selama lima tahun untuk pembukaan bisnis ini.

Itulah penjelasan lengkap tentang cara Bisnis Franchise Indomaret. Tertarik untuk membuka minimarket sendiri? Maka siapkan semua syarat dan ketentuan yang berlaku sekarang juga.

Ingin Mulai Bisnis franchise Indomaret? Begini Caranya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!