Contoh Bisnis Afiliasi yang Sedang Tren di 2022

Pernahkah Anda mendengar tentang bisnis afiliasi? Bisnis afiliasi nge-trend kembali di 2022 dan menarik perhatian masyarakat. Afiliasi sendiri adalah program yang memberi kesempatan kepada siapa pun untuk mendapatkan untung bila berhasil mengajak orang lain.

Misalnya, jika ada orang yang membeli produk/jasa berkat Anda, maka Anda pun akan mendapatkan sejumlah komisi. Jumlah komisi yang didapat berbeda tergantung kebijakan perusahaan. Namun, Anda bisa mendapat gambaran dari Amazon yang menawarkan komisi hingga 10%. Nah untuk contoh bisnis afiliasi lainnya bisa Anda simak dalam artikel ini.

Cara Kerja Bisnis Afiliasi

Cara Kerja Bisnis Afiliasi

Setidaknya ada 3 pihak yang terlibat dalam bisnis afiliasi. Pertama, ada pihak perusahaan yang berperan sebagai pemilik produk. Kedua, ada afiliator sebagai pihak yang yang mengikuti program afiliasi. Mereka berperan untuk memasarkan produk kepada para konsumen sebagai pihak ketiga. Nantinya, pihak pertama dan kedua akan bekerjasama untuk memasarkan produk kepada konsumen.

Untuk menjadi afiliator maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Proses pendaftaran ini dilakukan di website perusahaan dengan mengisi beberapa persyaratan. Setelah pendaftaran selesai akan ada kode referral unik yang diterima oleh afiliator. Kode inilah yang memberikan keuntungan kepada afiliator jika ada pembeli yang menggunakannya. Oleh karena itu, afiliator akan mengirimkan referral sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan jumlah pembeli. Beberapa cara bisa dilakukan, seperti:

1.    Review Produk di Blog

Contoh bisnis afiliasi yang pertama bisa dilihat pada blog-blog review. Afiliator bisa mereview suatu produk dalam bentuk tulisan dan artikel. Tulisan tersebut harus disesuaikan dengan target pelanggan agar penjualannya lebih efektif. Review pun harus apa adanya supaya tidak terkesan klik bait dan menipu audiens.

Lalu, di mana kode referral ditemukan? Kode referral biasanya ditempatkan pada bagian akhir sebagai CTA. Oleh karena itu, afiliator harus punya skill menulis yang baik untuk memastikan kalau audiens akan membaca artikel review sampai akhir.

2.    Banner

Selain mengoptimalkan peluang lewat tulisan, afiliator bisa memanfaatkan banner untuk menempatkan kode referral. Banner sendiri adalah kolom promosi yang berisi gambar dan kata-kata yang menjual. Cara ini ternyata efektif dalam menarik perhatian konsumen. Gambar bisa menghidupkan sebuah tulisan dan membuatnya terlihat lebih menarik.  Jadi, tinggal maksimalkan saja desain banner sekreatif mungkin.

3.    Media Sosial

Media sosial menjadi tempat ideal untuk mengiklankan suatu produk. Misalnya, bisa melalui review singkat, video, posting foto dan lain-lain. Namun, jika melakukan promosi di media sosial maka ada etika yang harus dijunjung. Posting saja secukupnya dan jangan sampai mengganggu orang lain.

Beberapa Contoh Bisnis Afiliasi

1. Amazon Affiliate Program

Sebagai e-commerce terbesar di dunia, Amazon menawarkan program afiliasi yang menarik. Mereka menawarkan komisi 10% untuk afiliator yang berhasil menjual produk. Hanya saja, beberapa produk memiliki persentase komisi yang berbeda-beda. Misalnya, produk kecantikan dengan komisi 10%, dan produk kitchen dengan komisi 5% saja. Untuk mendaftar sebagai afiliator Anda bisa mengakses situs resminya.

2. Shopee Affiliates Program

Contoh bisnis afiliasi yang kedua adalah Shopee Affiliates Program. Shopee sendiri merupakan marketplace terbesar di kawasan Asia tenggara. Marketplace ini berhasil menyaingi kompetitor lainnya seperti Tokopedia, Lazada, BukaLapak dan lain-lain. Di tahun 2022 ini, Shopee bahkan masuk ke dalam list 5 besar marketplace online terbaik yang ada di Indonesia.

Shopee membuka kesempatan untuk siapa saja yang ingin memperoleh penghasilan lewat program afiliasi. Afiliator bisa menawarkan produk lewat Instagram, TikTok, Twitter, Facebook dan lain-lain. Untuk produk yang berhasil dijual, afiliator akan mendapat komisi sebesar 10% dengan batas maksimal sebesar Rp10.000.

3. BukaLapak Affliliate Program

BukaLapak menawarkan program afiliasi dengan skema Cost Per Sale (CPS). Lewat skema ini, afiliator mendapat keuntungan dari link hidup yang digunakan konsumen. Selain itu, BukaLapak pun menyediakan berbagai fitur afiliasi seperti dynamic banner, link generator, product search box dan lain-lain.

Baca juga : Cara Berjualan di Shopee dan Bukalapak untuk Pemula

4. Program Afiliasi Zalora

Contoh bisnis afiliasi yang terakhir adalah Zalora Affiliate Program. Zalora adalah e-commerce terbesar yang fokus menjual produk fashion dan produk kecantikan. Sedikit berbeda dengan program afiliasi sebelumnya, Zalora menentukan besaran komisi berdasarkan status pelanggannya. Ada komisi sebesar 4% untuk pelanggan lama, dan 6% untuk pelanggan baru.

 

Contoh Bisnis Afiliasi yang Sedang Tren di 2022 | Malik | 4.5
error: Content is protected !!