Mengintip Peluang Usaha Bunga Kering dan Beberapa Tips untuk Memulainya

Sektor bisnis kreatif mulai dilirik oleh masyarakat. Salah satu yang populer adalah usaha bunga kering. Bisnis ini mengubah sebuah bunga menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. Apalagi, peluang usaha bunga kering cukup potensial di Indonesia. Mengapa? Pertama, belum banyak orang yang terjun ke dalam bisnis ini.

Peluang Usaha Bunga Kering

Kedua, karya bunga kering semakin diminati oleh konsumen. Nah langsung saja, berikut beberapa bisnis bunga kering yang bisa Anda coba.

1. Bunga Kering untuk Kado Wisuda dan Ulang Tahun

Pertama, Anda bisa menjual rangkaian bunga kering sebagai kado wisuda atau kado ulang tahun. Caranya adalah dengan merangkai bunga-bunga kering dan menyusunnya hingga menjadi buket yang menarik. Tak lupa tambahkan juga ornamen-ornamen lainnya untuk mempercantik tampilan bunga.

Produk bunga kering ini sangat laku keras pada periode wisuda. Terkadang untuk periode selain wisuda pun, buket bunga kering tetap laku untuk kado ulang tahun. Satu rangkaian bunga dijual antara puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung kualitas dan kerumitannya. Pelanggan umumnya memesan jenis bunga seperti mawar, pakis, bunny, gandum, pikok dan lain sebagainya.

2. Bunga Kering untuk Pernikahan

Bunga seakan menjadi ornamen wajib yang harus ada di pesta pernikahan. Bunga biasa dipakai untuk hiasan panggung atau sebagai aksesoris yang dipegang mempelai wanita. Ya, bucket yang digenggam oleh pengantin wanita ternyata bukanlah jenis bunga segar. Bucket tersebut adalah rangkaian bunga keringan dari jenis edelweiss, bunga bunny tail, mawar, teratai, dan lain-lain.

3. Bunga Kering Bingkai

Peluang usaha bunga kering cukup potensial sebagai pelengkap bingkai. Umumnya, orang menggunakan bingkai bunga untuk mempercantik kado ulang tahun atau seserahan pada pernikahan. Nantinya, bunga kering ini dipadukan dengan bingkai foto biasa dan dirangkai dengan Teknik tertentu.

4. Bunga Kering untuk Pajangan

Kebutuhan olahan bunga kering sering dipesan untuk pajangan di ruangan. Mereka dipakai untuk mempercantik ruangan dan menghiasi benda-benda yang ada di dalamnya. Misalnya, ditempatkan pada vas keramik, di atas meja kerja, sudut ruangan, dan lain-lain. Adapun jenis bunga yang sering dipakai antara lain lavender, cotton flowers, gandung, baby breath dan lain-lain.

5. Bunga Kering untuk Kartu Ucapan

Bunga dapat menjadi penghias menarik pada kartu ucapan yang ingin kita kirim. Caranya adalah menekan bunga di dalam bunga dan membiarkannya beberapa saat. Produk seperti ini banyak dipakai di luar negeri dan cukup laris di pasaran. Misalnya, karya kreatif bunga kering di Jepang yang sering disebut sebagai Oshibana. Nah, peluang seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk segera memulai bisnis.

Tips Memulai Bisnis Bunga Kering

Jika tertarik memulai bisnis bunga kering, ada beberapa tips yang bisa Anda coba, seperti:

1.      Persiapkan Modal

Hal utama yang harus disiapkan untuk memulai bisnis bunga kering adalah menyiapkan modal. Sebelum memulai bisnis, Anda harus punya gambaran tentang berapa banyak modal yang diperlukan. Misalnya, modal untuk membeli peralatan, bahan baku, promosi, distribusi, penjualan dan lain-lain. Selain itu, jika Anda berencana menjalankan bisnis secara profesional, maka perlu memikirkan juga biaya sewa tempat.

2.      Meningkatkan Kreativitas

Untuk mengoptimalkan peluang usaha bunga kering, Anda pun wajib meningkatkan kreativitas. Ingatlah bahwa dalam bisnis ini Anda akan menjual kreativitas supaya konsumen tertarik untuk membelinya. Untungnya, internet memberikan Anda ide-ide tidak terbatas untuk meningkatkan kreativitas. Anda bisa belajar merangkai bunga kering dari blog maupun platform video seperti YouTube.com.

Baca juga : 5 Cara Meningkatkan Kreativitas Bisnis Saat Pandemi Paling Jitu

3.      Manfaatkan Media Sosial

Selain membutuhkan kreativitas, kemampuan melakukan promosi menjadi penentu lainnya apakah Anda bisa sukses di bisnis ini atau tidak. Nah salah satu cara promosi terbaik adalah dengan memanfaatkan media sosial. Misalnya, Anda membangun akun khusus di Instagram dan mulai mem-posting hasil karya pada halaman feed.

4.      Pertimbangkan Agen Digital Marketing

Kurang pandai dalam melakukan promosi digital? Cobalah untuk bekerja sama dengan agen-agen digital marketing. Mereka cukup paham dengan bisnis digital sehingga bisa mengoptimalkan bisnis bunga kering ini. Lewat digital marketing, Anda bisa berkonsultasi sepuasnya dan menentukan strategi terbaik untuk promosi.

Bagaimana, mulai tertarik dengan peluang usaha bunga kering ini? Jika iya, tinggal ikuti saja langkah-langkah yang sudah kami berikan di atas.

 

 

 

Mengintip Peluang Usaha Bunga Kering dan Beberapa Tips untuk Memulainya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!