Simak Cara Memulai Usaha Angkringan Lewat 7 Langkah Berikut

Bisnis kuliner angkringan menjadi trend baru di masyarakat. Orang lebih menyukai jajan di angkringan ketimbang makan di restoran mahal. Karena itu, jangan heran jika bisnis angkringan mulai menjamur dan tumbuh di kota-kota besar. Nah jika merasa tertarik, Anda bisa menyimak cara memulai usaha angkringan lewat 7 langkah berikut ini.

Memulai Usaha Angkringan

Membeli Peralatan yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membeli alat-alat untuk angkringan. Di sini Anda bisa mulai memperkirakan besaran modal untuk memulai bisnis ini. Secara umum, beberapa hal yang harus Anda beli adalah gerobak jualan, peralatan masak, kompor, tabung gas, dan bahan-bahan untuk dimasak. Berkaca dari pelaku bisnis lainnya, estimasi kebutuhan modal yang dibutuhkan adalah sekitar 5 jutaan saja.

Menentukan Lokasi yang Strategis

Trend usaha angkringan umumnya dilakukan di pinggir-pinggir jalan atau kedai-kedai sederhana. Nah agar usaha berkembang dengan cepat, Anda perlu memikirkan lokasi strategis untuk berjualan. Misalnya, membuka lapak di tempat keramaian seperti alun-alun, dekat pusat aktivitas dan memiliki akses memadai. Yang terpenting lokasi harus memiliki akses jalan dan sedikit lahan untuk parkir.

Siapkan Tempat yang Nyaman

Meskipun lapak berada di pinggir jalan, Anda tetap wajib menyiapkan tempat yang cukup nyaman. Misalnya, menyiapkan meja makan sebagai tempat menyantap makanan. Atau, Anda pun bisa menggunakan konsep lesehan untuk memberikan kenyamanan lebih.

Apa pun pilihannya sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah berarti. Yang terpenting Anda harus menjaga kebersihan lapak, jangan membiarkannya kumuh apalagi membiarkannya berantakan. Lapak yang tidak nyaman memberikan kesan yang buruk di mata konsumen.

Siapkan Fasilitas Hiburan

Cara memulai usaha angkringan yang berikutnya adalah menyiapkan fasilitas hiburan. Pasanglah TV atau radio untuk menemani konsumen yang sedang makan. Untuk momen-momen tertentu, kehadiran TV ataupun radio bisa meningkatkan jumlah pembeli di angkringan. Misalnya, saat ada pertandingan bola maka pelanggan tak segan untuk nobar di dalam angkringan.

Selain itu Anda bisa pun bisa mempertimbangkan untuk memasang jaringan WiFi. WiFi bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk membuat konsumen datang ke tempat Anda. Adanya WiFi terkadang membuat konsumen betah berlama-lama berada di dalam angkringan. Mau tidak mau mereka pun akan membeli makanan tambahan sehingga meningkatkan pendapatan Anda.

Menentukan Menu Pilihan

Kelima, tentukanlah menu pilihan apa yang ingin dijual di angkringan. Di sini Anda harus berpikir kreatif untuk menciptakan menu makanan berbeda. Ingatlah bahwa pelanggan sangat suka dengan hal yang berbeda dan tak segan untuk mencoba sesuatu baru.

Namun jika Anda kesulitan dalam menentukan menu makanan maka jangan terlalu memaksakan. Menjual makanan angkringan yang mainstream tetap oke dilakukan. Selama penyajian dan kualitasnya terjaga maka konsumen pun akan datang ke tempat Anda.

Menentukan Harga

Cara memulai usaha angkringan berikutnya adalah menentukan estimasi harga. Angkringan sangat identik dengan wisata kuliner murah. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mematok harga mahal dan jauh di atas harga rata-rata. Mematok harga yang mahal hanya akan membuat Anda kehilangan para pelanggan.

Sebagai gambaran, nasi kucing di beberapa tempat dijual mulai dari Rp10 ribuan saja. Bahkan beberapa tempat lainnya menjual nasi kucing di bawah harga tersebut, tergantung dari komposisi bahannya. Hal ini dilakukan demi menjaga image angkringan yang terkenal dengan makanan-makanan yang murah meriah.

Baca juga : Peluang dan Cara Memulai Bisnis Angkringan

Promosi di Media Sosial

Terakhir, manfaatkanlah media sosial untuk mempromosikan angkringan Anda. Meskipun angkringan bersifat tradisional, Anda disarankan untuk tetap melakukan promosi dengan bantuan teknologi. Misalnya, mulai mengiklankan angkringan lewat video sederhana di media sosial. Lewat video tersebut minimal teman-teman Anda akan tahu bahwa Anda sedang merintis usaha angkringan. Lambat laun mereka akan datang dan mulai meramaikan lapak angkringan.

Menyewa jasa Influencer, why not! Influencer memiliki pengaruh yang kuat di media sosial. Mereka adalah sosok yang cocok untuk diajak bekerja sama. Jangan terlalu memikirkan tarif influencer yang mencapai puluhan juta per video. Sebab, ada jenis influencer mikro yang bisa Anda sewa dengan tarif mulai dari Rp10.000 saja. Anda bisa menemukan influencer mikro di platform influencer marketing.

Itulah beberapa cara memulai usaha angkringan, semoga bermanfaat.

 

 

Simak Cara Memulai Usaha Angkringan Lewat 7 Langkah Berikut | Malik | 4.5
error: Content is protected !!