https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

5 Peluang Usaha tanpa Modal Besar, Cocok untuk Millennials

Memulai usaha adalah jalan terbaik dalam meraih kesuksesan. Usaha bisa dilakukan siapa saja selama punya niatan dan keinginan yang kuat. Hanya saja, beberapa orang mengalami kendala saat akan memulai usaha mereka. Salah satu penyebabnya adalah kekurangan modal atau pun kekurangan dana.

Dropshipping

Padahal, beberapa jenis usaha sebenarnya bisa dijalankan tanpa memerlukan modal yang besar. Berikut kami berikan 5 peluang usaha tanpa modal besar yang cocok dipilih oleh millennials.

Dropshipping

Ingin berbisnis tapi tak punya modal besar? Coba saja bisnis dropshipping sebagai alternatif memulai usaha. Dropship adalah bisnis yang bisa dijalankan siapa saja tanpa modal dan biaya operasional yang besar. Lewat sistem dropship Anda bisa menjual barang kepada konsumen tanpa harus pusing memikirkan produksi dan distribusi. Di sini, Anda berperan sebagai penjual saja, di mana urusan produksi dan pengiriman akan ditanggung oleh supplier.

Skema bisnis sederhana ini sangat mungkin dilakukan oleh siapa saja. Bahkan, Anda yang punya keterbatasan modal pun tetap bisa memulai usaha dropshipper. Apalagi, dropshipper hanya mengandalkan koneksi internet saja tanpa memerlukan tempat khusus sebagai tempat usaha.

Barang apa yang bisa dijual oleh seorang dropshipper? Hampir semua barang bisa dijual menggunakan sistem dropship. Misalnya, alat kecantikan, kebutuhan fashion, makanan, elektronik dan lain-lain. Seperti disebutkan sebelumnya, Anda akan menjual barang tersebut hanya sebagai pihak ketiga saja.  Namun, barang yang dikirim ke konsumen akan menggunakan nama Anda sebagai nama pengirim.

Jasa Fotografi

Peluang usaha tanpa modal besar yang selanjutnya adalah membuka jas fotografi. Kamera nganggur yang jarang dipakai ternyata bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Ya, Anda bisa merintis bisnis fotografi dan membuka jasa untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, kebutuhan prewedding, wisuda, event, pernikahan, keluarga dan lain-lain.

Trend fotografi sendiri cukup stabil dan cenderung mengalami kenaikan. Apalagi dengan hadirnya media sosial, orang berlomba-lomba mengabadikan momen mereka untuk dipamerkan kepada netizen. Artinya, ada peluang usaha yang terbuka lebar dan harus dimanfaatkan dengan baik.

Bagaimana omset pendapatan seorang fotografer? Untuk fotografer kategori freelance saja, mereka bisa memperoleh ratusan hingga jutaan rupiah dalam sekali panggilan. Jika dalam satu bulan ada lebih dari satu klien yang membutuhkan jasa Anda, maka potensi pendapatan pun semakin besar. Oleh karena itu, terus tingkatkan koneksi dan skill fotografi Anda supaya lebih dikenal oleh konsumen.

Desain Grafis

Desain grafis adalah jenis usaha yang tidak memerlukan modal besar. Meskipun demikian, seorang graphic designer bisa mendapatkan bayaran dengan nominal yang cukup tinggi. Mereka dibutuhkan untuk beberapa pekerjaan seperti membuat ilustrasi, tipografi, grafis motion dan hal lain yang berhubungan dengan promosi digital.

Menariknya, bisnis desain grafis bisa dilakukan dari rumah dengan modal komputer saja. Cukup duduk manis di depan layar dan Anda bisa mulai mencari pekerjaan desain grafis. Biasanya, beberapa media online hingga website tertentu membutuhkan jasa graphic designer untuk mempercantik tampilan mereka. Oleh karena itu, sediakanlah portofolio terbaik untuk menarik perhatian para konsumen.

Freelance Writer

Peluang usaha tanpa modal besar selanjutnya adalah menjadi seorang freelance writer. Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, dari mana saja, dan juga kapan saja. Selain itu, job menulis pun selalu ada karena kebutuhan akan artikel di internet selalu bertambah setiap hari. Nah, Anda yang punya keahlian di bidang penulisan bisa mencoba profesi yang satu ini.

Anda bisa mengirim konten tulisan ke beberapa media yang membutuhkannya. Jika tulisan Anda terbit, maka honor yang didapat lumayan tinggi. Satu tulisan bisa dihargai hingga ratusan ribu, tergantung kualitas yang dimiliki.

Penerjemah

Penerjemah bisa menjadi alternatif  untuk memulai usaha Anda. Pekerjaan ini nyaris tidak membutuhkan modal besar sebab hanya mengandalkan soft skill saja. Banyak lowongan penerjemah tersedia di internet dan menawarkan tarif bayaran cukup besar.

Baca juga : 5 Langkah Memulai Bisnis Digital, Millennials Wajib Tahu!

Skema pembayaran seorang translator umumnya berbeda-beda. Misalnya, penerjemah tersumpah bisa mendapat Rp50.000 sampai Rp80.000 untuk satu halaman yang ia terjemahkan. Selain itu, terjemah Bahasa asing ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya akan memiliki tarif yang berbeda. Namun, penentuan tarif ini ditentukan juga oleh kualitas hasil terjemahan.

Blogging

Hobi menulis bisa memberi penghasilan yang lumayan besar. Selain menjadi freelancer, Anda bisa membangun blog sendiri dan mem-posting hasil tulisan di blog pribadi. Anda bisa mendapatkan uang dari adsense yang ditentukan oleh traffic pengunjung.

Untuk mengoptimalkan blog pribadi, ada beberapa hal yang harus dipelajari. Misalnya, menentukan topik yang diinginkan, mempelajari SEO, dan mengevaluasi kualitas tulisan. Meskipun butuh waktu yang tidak singkat, peluang sukses lewat blogging tetap bisa diperoleh.

Demikian penjelasan tentang 5 peluang usaha tanpa modal besar, semoga membantu dan bermanfaat.

5 Peluang Usaha tanpa Modal Besar, Cocok untuk Millennials | Malik | 4.5