https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Ide Bisnis Digital di Masa Pandemi, Minim Modal namun Menjanjikan

Ingin memulai bisnis di masa pandemi? Coba saja bisnis digital yang sedang nge-trend akhir-akhir ini. Bisnis digital mendukung situasi pandemi yang membatasi mobilitas orang di luar rumah. Sebab, jenis bisnis ini bisa dijalankan oleh siapa pun, dari mana pun, dan dengan pilihan bisnis yang beragam. Nah kali ini, kita akan membahas tentang ide bisnis digital di masa pandemi, dengan modal minim namun tetap menjanjikan.

Mengapa Harus Bisnis Digital?

Bisnis Digital

·         Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Perlu dipahami bahwa bisnis digital berjalan secara online dengan bantuan koneksi internet. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas, lebih spesifik dan juga tidak terbatas. Melalui internet, bisnis bahkan bisa dijalankan selama 24 jam menyesuaikan dengan kebutuhan. Artinya, ada potensi pasar yang lebih luas dan tidak terbatas hanya di Indonesia saja.

·         Menyesuaikan dengan Kemajuan Teknologi

Melalui bisnis digital, Anda telah berpartisipasi dalam perkembangan teknologi. Beberapa tahun ke depan, diprediksi bahwa mayoritas sektor yang ada akan mengandalkan peran dari teknologi. Dengan memulai bisnis digital saat ini, artinya Anda sudah sedikit lebih maju dibanding kebanyakan orang di dunia.

·         Modal yang Terjangkau

Alasan memulai bisnis digital adalah kebutuhan modal yang cukup terjangkau. Beberapa jenis bisnis memungkinkan pelakunya untuk membuka usaha tanpa harus menyiapkan modal banyak. Contohnya, bisnis dropshipper, penerjemah, editing, dan lain-lain.

·         Banyak Pilihannya

Terakhir, bisnis digital menawarkan pilihan yang tak terbatas kepada para pelakunya. Anda tinggal riset kebutuhan pasar saat ini, lalu menjual produk yang paling potensial.  Tidak punya ide untuk menjual produk? Tenang, Anda bisa menjual keahlian atau pun skill khusus yang sudah dikuasai.

5 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan

Pada bagian ini, kita akan membahas tentang 5 ide bisnis digital di masa pandemi.

1.      Membuka Toko Online

Bisnis e-commerce berkembang sangat pesat di Indonesia. Kini, siapa pun bisa memiliki took online-nya sendiri dan menjuak produk yang dimiliki. Banyak platform toko online yang siap menjadi wadah bagi para pelaku bisnis. Sebut saja Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau beragam platform toko online lainnya.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk membangun toko online sendiri. Media sosial seperti Instagram sudah memungkinkan penggunaannya untuk membuat toko online secara profesional.

2.      Menjadi Youtuber

Menjadi seorang Youtuber belum terlambat untuk dilakukan. Media sosial ini terus membutuhkan inovasi baru dari berbagai SDM di dunia. Oleh karena itu, Anda yang merasa kreatif dalam hal-hal tertentu bisa menumpahkannya di platform media sosial YouTube.

Profesi Youtuber sangat fleksibel dan mudah dilakukan. Anda tidak memiliki keterkaitan waktu sehingga bebas menentukan pilihan jam kerja. Meskipun fleksibel, YouTube tetap menawarkan keuntungan yang sangat fantastis. Anda tentu bisa melihat beberapa orang yang mendadak jadi miliarder setelah berbisnis di platform YouTube.

3.      Menjadi Influencer

Ide bisnis digital di masa pandemi lainnya adalah menjadi seorang influencer. Influencer bisa mendapat bayaran mahal dengan pekerjaan yang sederhana. Sebut saja job endorse atau promosi berbayar yang membutuhkan waktu pengerjaan beberapa menit atau beberapa jam saja. Meskipun begitu, bayaran seorang influencer termasuk salah satu yang sangat besar, bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta per satu konten endorse.

Untuk menjadi influencer, Anda perlu mengembangkan media sosial terlebih dahulu. Mulailah secara bertahap dan harus tetap original. Maksudnya, jangan membeli followers palsu sebab akan merusak reputasi di kemudian hari. Kemudian, daftarlah di agen marketing influencer agar mudah mendapat pekerjaan.

4.      Menjadi Seorang Blogger

Punya ide kreatif dan hobi tulis menulis? Cobalah profesi blogger yang tetap menjanjikan di tahun ini. Blogger memungkinkan Anda untuk memperoleh gaji tidak terbatas dari tulisan-tulisan yang dibuat. Profesi ini cukup ringan dilakukan, khususnya bagi Anda yang punya hobi khusus di bidang kepenulisan.

Baca juga : Dapat Dijadikan Sebagai Lahan Bisnis, Inilah Perbedaan Blogger dan Vlogger !

Meskipun sudah ada YouTube, blog tetap menjadi pilihan bagi banyak orang. Blog menyediakan info yang tidak terbatas dengan penyampaian yang sederhana. Oleh karena itu, pengunjung blog saat ini relatif banyak dan stabil, tergantung dari konten yang dibuat.

5.      Jual Pulsa dan Paket Data

Penggunaan internet selama pandemi melonjak tajam dibanding sebelum pandemi. Hal ini disebabkan oleh keadaan, di mana lebih banyak orang yang melakukan aktivitas secara online. Misalnya, untuk sekolah dan juga kerja, pertemuan dilakukan secara online melalui zoom atau pun google meet. Selain itu, akses ke beberapa platform hiburan dan video games juga meningkat semenjak pandemi.

Karena alasan di atas maka berjualan pulsa dan paket data adalah Ide bisnis digital di masa pandemi yang patut dicoba.  Anda bisa memilihnya sebagai bisnis utama, atau pun menjadikannya sebagai sampingan saja. Bila dijalankan secara konsisten, bisnis ini mampu memberi keuntungan yang lumayan besar.

Ide Bisnis Digital di Masa Pandemi, Minim Modal namun Menjanjikan | Malik | 4.5