https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

5 Langkah Memulai Bisnis Digital, Millennials Wajib Tahu!

Bisnis digital adalah jenis usaha yang dijalankan dengan bantuan teknologi. Bisnis ini banyak dilirik masyarakat di tengah sulitnya mencari lapangan pekerjaan. Kebanyakan pelakunya berasal dari kalangan millennials. Mereka adalah anak-anak muda kreatif yang berani melangkah menentukan masa depan. Nah kali ini, kita akan membahas tentang 5 langkah memulai bisnis digital yang bisa dilakukan dengan mudah.

Bisnis Digital,

Sekilas Tentang Bisnis Digital

Perkembangan bisnis digital berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi. Bisnis ini tidak fokus menjual barang-barang fisik saja. Tapi, kebutuhan pasar seperti tenaga jasa, software, atau barang-barang digital lainnya termasuk ke dalam ketegori bisnis digital. Beberapa contoh produk yang dijual antara  lain jasa penulisan, pelatihan online, penerjemah, dan lain-lain.

Yang menjadi ciri khas utama dari bisnis digital adalah media pemasarannya. Bisnis ini sangat mengandalkan media online dan internet untuk menyasar pasar yang lebih luas. Nantinya, produk akan dipasarkan lewat website menggunakan strategi pemasaran tertentu. Untuk memulai bisnis digital Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Menentukan Konsep Bisnis

Langkah memulai bisnis digital yang pertama adalah menentukan konsep bisnis. Mulailah dengan memikirkan produk yang ingin dijual, seperti produk fisik, produk non-fisik atau menjual produk jasa. Konsep yang jelas akan memudahkan Anda dalam menentukan visi dan misi untuk mencapai kesuksesan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam menentukan konsep bisnis. Misalnya, melakukan riset seputar produk, menganalisa potensi pasar, dan memperkirakan macam-macam risiko yang mungkin terjadi.

Menyiapkan Modal

Kedua, siapkan budget modal sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Berapa banyak modal yang sebaiknya disiapkan? Besar kecilnya modal tergantung dari jenis bisnis apa yang akan dipilih. Untungnya, bisnis digital memungkinkan siapa pun untuk memiliki usaha tanpa memerlukan modal yang besar. Sebut saja bisnis dropshipping yang bisa dimulai nyaris tanpa modal besar. Melalui sistem dropshipping, kita bisa menjual produk tertentu tanpa harus membelinya secara langsung. Bisa dikatakan bahwa dropshipper adalah perantara yang menghubungkan antara penjual asli dengan konsumennya.

Namun demikian, banyak keuntungan yang didapat jika memiliki modal cukup besar. Misalnya, operasional perusahaan jadi lebih mudah, bisa bekerja sama dengan pihak lain, atau memudahkan promosi dalam mengenalkan produk. Intinya, ketersediaan modal berpotensi untuk mengembangkan bisnis secara lebih efektif.

Manfaatkan Platform Online yang Tersedia

Memulai bisnis digital bisa dilakukan dari mana saja. Internet menyediakan wadah yang sangat luas untuk menampung para pebisnis yang ingin memulai usaha. Oleh karena itu, manfaatkan setiap platform yang ada untuk mengembangkan bisnis Anda.

Bagi yang modalnya masih terbatas, Anda bisa mencoba untuk mendaftarkan bisnis di E-commerce yang tersedia. Jangan hanya fokus di satu toko online saja. Mulailah bisnis di beberapa E-commerce sekaligus untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Selain itu, media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, Twitter juga berpotensi memberikan konsumen untuk produk Anda.

Bangun Reputasi dan Kredibilitas

Langkah memulai bisnis digital selanjutnya adalah membangun reputasi dan juga kredibilitas. Mendapat kepercayaan konsumen adalah hal penting yang wajib diperhatikan. Jika konsumen percaya kepada Anda, maka prospek bisnis berpotensi untuk berjalan dalam jangka waktu Panjang. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menjual kualitas dibanding menjual kuantitas.

Selain itu, reputasi dan kredibilitas bisa diperoleh melalui interaksi dengan konsumen. Lakukanlah hal-hal kecil seperti menjawab pertanyaan, mendengarkan keluhan, atau hal lainnya yang membuat konsumen merasa aman dengan Anda. Meskipun terlihat remeh, hal seperti ini bisa meningkatkan trust dan juga loyalitas kepada bisnis yang Anda jalankan.

Promosi dan Iklan

Promosi dan iklan adalah strategi marketing yang paling terkenal. Tujuan dilakukannya promosi adalah meningkatkan brand awareness dan meningkatkan potensi penjualan. Beberapa perusahaan menggunakan strategi promosi yang berbeda untuk menjangkau target pasar mereka.

Misalnya, ada yang mengandalkan jasa influencer untuk memasarkan produk atau pun jasa. Influencer adalah pegiat media sosial yang dengan jumlah pengikut lumayan banyak. Mereka cenderung diikuti oleh pengikutnya dan memiliki tingkat kepercayaan yang sangat tinggi. Atas alasan tersebut, melakukan promosi lewat influencer dianggap efektif dalam mengembangkan suatu bisnis.

Baca juga : Podcast vs Blogging, Pilih Mana yang Lebih Cuan?

Promosi lewat video dan tulisan bisa menjadi strategi lain untuk pemasaran. Promosi ini biasa dilakukan di beberpa jenis media sosial. Anda yang belum berpengalaman tidak perlu khawatir ataupun merasa kebingungan. Sebab, banyak perusahaan digital marketing yang siap membantu pelaku bisnis untuk mengoptimalkan pemasaran di media sosial. Mereka lebih memahami environment google sehinga dapat menyasar konsumen yang lebih spesifik.

Dari penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa memulai bisnis digital sebenarnya cukup mudah dilakukan. Bisnis digital menyediakan banyak opsi yang beragam dan bisa dimanfaatkan secara optimal. Selain itu, keterbatasan modal bukan menjadi masalah untuk memulai jenis bisnis ini. Selama paham dengan langkah memulai bisnis digital, maka kesempatan meraih sukses pun semakin besar.

 

5 Langkah Memulai Bisnis Digital, Millennials Wajib Tahu! | Malik | 4.5