Mengenal Podcast, Hobi Ngobrol yang Bisa Menghasilkan Uang

Dalam beberapa tahun terakhir podcast semakin populer dan dikenal masyarakat. Beberapa podcaster bermunculan dengan variasi konten yang beragam.  Podcast sering disiarkan sebagai media hiburan dan juga sebagai hobi. Namun, ada juga sebagian orang memanfaatkannya untuk lahan mencari uang. Nah, jika Anda adalah tipe orang yang kedua maka simaklah penjelasan berikut.

Sekilas Tentang Podcast

Podcast

Sederhananya, podcast adalah konten”ngobrol” yang disiarkan dalam media tertentu. Podcast bisa dilakukan seorang diri ataupun dengan partrner yang jumlahnya tidak terbatas. Sekilas podcast sangat mirip dengan radio secara umum.  Namun ada perbedaan konsep yang membuat keduanya jadi berbeda. Misalnya, pemilihan platform, konsep audio, dan lain sebagainya.

Secara ide, podcast dan radio sangat fleksibel menyesuaikan dengan tren yang ada. Keduanya berperan sebagai media informasi, media hiburan dan ilmu pengetahuan yang disiarkan dalam bentuk audio. Walaupun terkadang, podcast juga bisa dikemas dalam bentuk audio-visual.

Selain itu, podcast juga memberi kebebasan lebih kepada pendengarnya. Pendengar bisa menentukan sendiri konten yang diinginkan, lalu mengunduhnya untuk didengarkan lain waktu. Hal ini jelas bereda jauh dengan radio. Radio cenderung lebih terjadwal, lebih formal sehingga pendengar tidak memiliki kebebasan yang lebih.

Keuntungan Menjadi Podcaster

Menjadi seorang podcaster memberi banyak keuntungan dan kemudahan. Setidaknya, semua orang bisa memulai podcast mereka dengan ide yang sudah dimiliki. Dari segi waktu, podcast pun lebih fleksibel dan mudah disesuaikan. Jam siaran bisa dipilih sesuai kebutuhan sehingga banyak memberi keleluasaan. Dengan fleksibilitas yang tinggi, Anda bisa mengalokasikan waktu untuk keperluan kerja lainnya.

Keuntungan lain dari podcast adalah menyenangkan untuk dilakukan. Hal ini akan berlaku kepada Anda yang memang hobi ngobrol atau bercakap-cakap. Dengan begitu, jika ingin memulai podcast maka latihlah skill komunikasi Anda mulai dari sekarang. Tidak perlu terlalu formal, sebab Bahasa kasual yang mengalir tetap bisa menghasilkan uang.

Apalagi, jika hobi ngobrol tapi tak suka tampil di kamera, maka podcast adalah pilihan yang tepat. Beberapa orang ada yang memiliki skill komunikasi yang baik. Hanya saja, hal tersebut kadang menurun saat berhadapan dengan kamera. Salah satu alasannya adalah faktor kenyamanan. Oleh karena itu,  bagi yang ingin berkreasi namun tak suka tampil maka dapat mencoba menjadi seorang pdcaster.

Cara Mendapat Uang dari Podcast

Jika berbicara bisnis, podcast patut diperhitungkan sebagai alternative yang menghasilkan. Media audio ini banyak dimanfaatkan sebagai penghasil pundi-pundi rupiah. Bila caranya tepat dan sesuai, podcast dapat memberi penghasilan yang lumayan. Apalagi jika terus memperbaiki kualitas, maka potensi pendapatan pun jadi tidak terbatas.

Sebagai contoh, siaran yang bagus akan menarik pengiklan untuk menggunakan jasa Anda. Iklan bisa menjadi sumber pendapatan yang sangat besar. Apalagi untuk brand-brand yang besar, mereka tak sungkan mengeluarkan dana besar untuk beriklan di podcast Anda. Oleh karena itu, teruslah perbaiki kualitas untuk meningkatkan pendapatan.

Di sisi lain, kualitas siaran yang bagus bisa menambah nilai branding diri. Setidaknya hal ini membuka peluang untuk Anda berkolaborasi dengan podcaster lainnya. Selain menambah eksistensi, hal ini menawarkan karier jangka panjang menjanjikan.

Untuk mulai mendapatkan uang, Anda bisa coba siaran di aplikasi pihak ketiga. Salah satu yang recommended adalah Anchor. Pengguna Anchor dapat me-monetize akun mereka dan mulai mengumpulkan pundi-pundi uang.

Selain Anchor, Spotify pun memberi kesempatan untuk para podcaster mendapat penghasilan. Misalnya pembuatan konten premium berbayar untuk fans setia yang mendengarkan. Hanya saja, kedua hal tersebut belum bisa dipraktekkan di Indonesia. Namun dalam waktu dekat, jika hal ini terjadi maka bisa memberi peluang yang menjanjikan.

Tips Menjadi Podcaster untuk Pemula

Bagi pemula yang ingin mencoba podcast, ada tips-tips khusus yang bakal diberikan. Jika bicara profesionalitas, podcast membutuhkan konsep siaran yang sangat matang. Anda harus menentukan arah siaran dengan berbagai genre yang dikuasai. Misalnya, asmara, horor, komedi, politik, music dan lain-lain. Konsep yang matang memberikan jati diri sehingga memudahkan Anda untuk dikenal pendengar.

Baca juga : 5 Ide Konten YouTube yang Paling Banyak Diminati

Pemilihan platform juga penting untuk dipikirkan. Misalnya, jika ingin yang pasti menghasilkan maka bisa memilih platform YouTube. Di sini Anda mendapat uang dari iklan adsense yang dikumpulkan. Hanya saja, jika siaran di YouTube maka perlu menyiapkan perlengkapan yang lengkap mulai dari alat, penampilan dan lain-lain. Hal tersebut berpotensi mendatangkan penonton lebih cepat.

Terakhir, pertimbangkan kolaborasi dengan podcaster lainnya. Kolaborasi adalah simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan bagi kedua podcaster. Baik Anda maupun parter collab bakal mendapat lebih banyak pendengar dengan jumlah tertentu.

Demikian penjelasan tentang konten siaran podcast. Intinya, podcast bisa dijadikan sebagai alternatif yang memberi Anda penghasilan. Dengan konsep dan eksekusi yang pas, kualitas podcast akan naik dan berpotensi mendatangkan uang yang lumayan.

 

 

Mengenal Podcast, Hobi Ngobrol yang Bisa Menghasilkan Uang | Malik | 4.5
error: Content is protected !!