Plus Minus KPR Rumah yang Wajib Anda Tahu!

Plus minus KPR rumah penting diketahui oleh masyarakat. Hal itu karena keinginan masyarakat untuk memiliki rumah pribadi ini tidak pernah surut. Sayangnya karena harga properti yang tidak pernah turun dan justru naik terus menerus membuat pembelian dengan cara KPR menjadi jalan yang banyak ditempuh. KPR atau Kredit Pemilikan Rumah ini menawarkan pembelian rumah dengan cara kredit dimana jangka waktunya beragam.

KPR rumah

KPR ini membuat Anda memiliki rumah tanpa harus menyiapkan dana yang banyak.  Hanya dengan uang muka, rumah yang menjadi pilihan Anda sudah siap Anda huni. Meski begitu tetap saja plus minus KPR rumah ini harus Anda ketahui seperti berikut ini:

Legalitas Rumah Terjamin

Dibandingkan Anda harus mencari rumah atau perumahan sendiri, KPR ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Saat Anda membeli KPR Anda tidak perlu khawatir dengan rumah tersebut. Terlebih lagi jika developernya terbaik dan terpercaya. Sebelum Anda mengajukan kredit pemilikan rumah pihak bank ini akan mengecek terlebih dahulu berkas rumah yang akan Anda beli. Pengecekan ini akan dilakukan melalui BPN atau Badan Pertanahan Nasional sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan legalitas rumah yang bisa Anda beli dengan KPR tersebut. Kemungkinan rumah mengalami masalah di kemudian hari ini masih sangat kecil.

Mendapatkan Asuransi Sebagai Perlindungan

Plus minus KPR rumah yang menarik untuk Anda ketahui selanjutnya adalah mendapatkan asuransi sebagai perlindungan. Anda harus tahu  bahwa rumah yang Anda beli melalui KPR ini akan mendapatkan asuransi. Asuransi yang Anda dapatkan ini merupakan asuransi properti dari bank. Untuk pembayarannya sudah masuk ke dalam cicilan KPR yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Asuransi atau perlindungan yang Anda dapatkan adalah asuransi kebakaran.

Uang Muka yang Ringan

Plus minus KPR rumah yang jarang diketahui adalah uang muka yang ringan. Anda akan bisa mendapatkan uang muka yang ringan dengan catatan rumah yang akan Anda kredit adalah rumah subsidi. Hanya dengan menyediakan uang muka kurang dari 10 juta rupiah saja Anda sudah bisa mendapatkan hunian yang Anda dambakan.  Besarnya uang muka ini juga tergantung dengan lokasi rumah subsidi yang Anda  impikan.

Tidak Memerlukan Modal Banyak

Meski bukan rumah subsidi dengan membeli rumah dengan cara kredit ini membuat Ada tidak memerlukan modal yang banyak untuk membelinya, berbeda dengan cash.  Bisa dibayangkan jika Anda harus membeli rumah dengan harga ratusan juta rupiah sedangkan gaji Anda pas-pasan berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi Anda untuk bisa memiliki rumah impian tersebut.

Yang harus Anda ketahui adalah harga properti ini tidak pernah turun justru akan naik seiring berjalannya waktu sehingga menabung saja tidak cukup. Dengan KPR, Anda hanya cukup menyiapkan sejumlah uang muka yang dibutuhkan untuk mendapatkan rumah tersebut.

Misalnya Anda membeli rumah dengan harga 400 juta rupiah maka DP yang harus Anda siapkan sebesar 60 juga rupiah. Dengan menyiapkan DP tersebut Anda sudah bisa langsung menghuni rumah seharga 400 juta rupiah.

Mudah Menyiasati atau Mengatur Keuangan

Plus minus KPR rumah yang harus Anda tahu selanjutnya adalah mudah untuk menyiasati atau mengatur keuangan. Ada beberapa orang yang merasa keberatan dengan jumlah cicilan KPR, namun kenyataannya adalah cicilan KPR itu bisa disiasati. Anda bisa membayar KPR dengan jumlah yang minim. Agar cicilan Anda ringan, Anda bisa memilih KPR dengan tenor yang panjang. Meski begitu tenor panjang ini akan membuat total yang harus Anda bayar ini menjadi lebih besar.

Baca juga : Plus Minus KPR Subsidi Bagi Yang Hendak Mengajukan Kredit Rumah

Anda juga bisa menyiasati keuangan Anda. Jika gaji Anda pas-pasan maka Anda bisa memilih KPR dengan tenor di atas 15 tahun. Dengan cicilan yang panjang ini akan membantu Anda mengatur keuangan bulanan. Anda tidak harus terhimpit dengan beban cicilan KPR yang mana sering menghabiskan gaji sebanyak 50%.

Kekurangan KPR

Plus minus KPR rumah ini penting diketahui terutama kekurangannya. Kekurangan yang pertama adalah harga rumah akan menjadi lebih tinggi. Dibandingkan dengan tunai atau pembelian dengan cara cash, rumah yang dibeli dengan KPR ini akan lebih tinggi. Anda harus menanggung bunga dan biaya yang muncul seperti administrasi KPR dan juga legalitasnya.

Kekurangan KPR rumah lainnya adalah prosedur yang lebih lama dibandingkan dengan membeli secara tunai. Mengurus persyaratan KPR ini rumit dan memakan waktu maupun tenaga. Anda membutuhkan banyak dokumen yang harus Anda siapkan seperti KTP, kartu keluarga, buku nikah, slip gaji, rekening koran dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak ada yang tahu kesehatan dan kondisi finansial seseorang. Karena tenor yang panjang membuat Anda harus memperhatikan faktor kesehatan dan kondisi finansial Anda kedepannya. Jangan sampai kredit rumah Anda ini macet di tengah jalan karena kondisi kesehatan dan finansial yang tidak menentu.

Demikianlah plus minus KPR rumah yang sangat penting untuk Anda perhatikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Plus Minus KPR Rumah yang Wajib Anda Tahu! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!