7 Tips Memulai Usaha Kebab Gerobak yang Sukses

Bisnis yang tidak pernah mati adalah bisnis kuliner, salah satu yang potensial adalah usaha kebab gerobak.  Kebab menjadi variasi kuliner yang menguntungkan karena banyak diminati.

Pangsa pasar dari kebab pun luas. Makanan dari Timur Tengah satu ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Kebab merupakan makanan yang mana terbuat dari perpaduan sayuran daging, mayonaise, saus dan sebagainya, Komposisi inilah yang menyebabkan kebab banyak disukai oleh semua lapisan masyarakat.

Usaha Kebab Gerobak

Peluang usaha kebab gerobak masih terbuka dengan lebar, Anda bisa menggeluti bisnis kebab karena masih sangat potensial. Agar terhindar dari kegagalan, simak tips menggeluti bisnis kebab anti gagal yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Pelajari Aneka Resep Kebab Terlebih Dahulu

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah pelajari resep kebab lebih dahulu. Anda harus bisa membuat kebab yang banyak disukai oleh masyarakat. Banyak usaha kebab yang gagal karena mereka gagal dalam mengetahui selera konsumen. Jangan takut untuk melakukan testing pasar untuk mendapatkan resep kebab yang benar-benar enak, menarik dan mudah untuk dilakukan.  Anda juga bisa menambahkan topping kekinian sesuai dengan minat pasar.

Pahami Pasar Anda

Sebelum Anda memulai usaha Anda harus memahami pasar yang akan Anda tuju lebih dahulu. Tujuan memahami pasar untuk mengetahui bagaimana persaingan dan harga pasaran yang ditawarkan. Jangan anggap sepele karena  memahami pasar yang dituju mampu membuat Anda memperkirakan daya beli masyarakat terhadap produk kebab yang Anda miliki.

Survei untuk Memahami Potensi Bisnis

Tips menggeluti usaha kebab gerobak selanjutnya adalah melakukan survei untuk memahami potensi bisnis. Caranya dengan mengetahui berapa banyak kompetitor yang ada di lokasi bisnis Anda, selain itu Anda bisa mengetahui target strategis yang membutuhkan produk tersebut misalnya mahasiswa, anak SMP maupun pekerja kantoran.

Anda bisa memantau dan memperhatikan review pelanggan kompetitor Anda. Untuk mengetahui review tersebut Anda bisa mengetahuinya dari berbagai platform misalnya Google My Business, Traveloka Eats dan platform lainnya. Saat Anda sudah mengetahui target market lakukan pendekatan dengan mengetahui jenis kebab apa yang mereka sukai dan berapa harga untuk satu porsinya.

Waralaba atau Gerai Sendiri

Saat Anda ingin menggeluti usaha kebab gerobak Anda bisa mempertimbangkan apakah ingin membuka gerai kebab dengan merek dagang sendiri atau ikut waralaba dengan menggunakan merek orang lain yang mana sudah terkenal di masyarakat.

Jika Anda ikut franchise atau waralaba brand tersebut sudah diakui umum bahkan sudah terkena sehingga Anda tidak perlu bingung lagi dalam membangun brand awareness. Anda tidak perlu bingung bagaimana melakukan promosi, tingkat keberhasilan besar karena bisnis sudah sangat teruji.

Jika memilih waralaba atau franchise pengembangan dan promosi akan dilakukan bersama-sama. Kelemahan bisnis waralaba atau franchise adalah biaya yang harus Anda keluarkan lumayan besar.  Anda juga harus menanggung biaya royalti penggunaan merek pada setiap periode tertentu. Anda harus membayarkan sesuai dengan perjanjian. Semakin terkenal merek produk akan membuat biaya yang harus Anda tanggung semakin besar.

Saat Anda ikut waralaba atau franchise Anda tidak memiliki kebebasan dalam melakukan inovasi berbeda jika Anda memiliki merek sendiri. Memiliki merek sendiri terlihat ribet namun menjadi hal yang menguntungkan karena Anda bisa meningkatkan level pada bisnis Anda. Biaya yang harus Anda keluarkan pun sedikit.

Lokasi yang Strategis

Anda bisa memilih lokasi yang strategis untuk mendukung penjualan kebab Anda. Pilih lokasi yang strategis dan bisa dijangkau oleh target pasar Anda. Jangan memilih lokasi yang terpencil karena membuat konsumen kesulitan menjangkau lokasi bisnis Anda. Lokasi harus disesuaikan dengan target pasar Anda misalnya pelajar Anda bisa mencari lokasi yang dekat dengan sekolah.

Ketahui Besaran Modal dan Keuntungannya

Saat Anda terjun dalam berbagai dunia bisnis pastikan Anda memiliki modal yang cukup. Untuk usaha kebab dengan modal mulai dari 5 juta rupiah saja Anda sudah bisa menjalankannya dimana disesuaikan dengan peralatan dan perlengkapan yang akan Anda beli.

Baca juga : Ide Bisnis Digital di Masa Pandemi, Minim Modal namun Menjanjikan

Lakukan Promosi

Cara terakhir adalah melakukan promosi supaya usaha Anda semakin terkenal. Lakukan promosi yang menarik terlebih jika target Anda adalah anak milenial yang sudah akrab dengan berbagai macam teknologi. Anda bisa memberikan diskon pada momen tertentu seperti hari ulang tahun, hari Jumat dan sebagainya.

Demikianlah peluang usaha kebab gerobak dan tips memulai usaha yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

7 Tips Memulai Usaha Kebab Gerobak yang Sukses | Malik | 4.5
error: Content is protected !!