8 Tips Memulai Bisnis Thrift shop dengan Modal Sedikit Cuan Banyak

Bingung mencari bisnis dengan modal kecil? Bisnis thrift shop dengan modal sedikit bisa Anda jadikan pilihan. Memulai bisnis thrift shop cukup mudah Anda hanya perlu menjalani bisnis dengan tekun dan menggunakan strategi yang tepat agar bisnis Anda berjalan dengan maksimal.  Thrift shop merupakan toko penghematan karena menjual barang bekas berkualitas yang masih bagus namun masih layak pakai. Simak beberapa tips bisnis thrift shop dengan modal sedikit seperti berikut ini:

Bisnis thrift shop

Tentukan Barang yang Ingin Dijual

Hal pertama yang bisa Anda lakukan pertama adalah menentukan barang yang ingin Anda jual. Produk yang biasa dijual seperti pakaian, sepatu, tas dan barang mode lainnya.  Barang mode menjadi tren tercepat di dunia. Akibatnya sampah maupun emisi udara yang disebabkan oleh produksi barang mode yang paling tinggi.

Pemburu pakaian di toko barang bekas dan memilih barang second hand ingin memberikan kontribusi terhadap lingkungan dan menjadikan lingkungan lebih sehat, selain itu mencari barang berkualitas dengan harga lebih murah.

Saat Anda akan menentukan barang yang akan dijual Anda juga harus memilih barang yang lebih spesifik misalnya pakaian wanita, pria maupun barang dengan style tertentu saja seperti Korea dan sebagainya. Pemilihan barang akan memudahkan Anda sebagai pebisnis pemula untuk menentukan modal juga distributor. Lakukan survei kepada distributor agar Anda bisa mendapatkan barang yang memiliki kualitas bagus namun harganya miring atau terjangkau.

Tentukan Modal Anda

Tips bisnis thrift shop dengan modal sedikit selanjutnya tentukan modal Anda. Untuk menggeluti bisnis thrift shop Anda tidak harus mengeluarkan modal yang tidak besar. Hanya dengan modal kecil mulai dari 3 jutaan saja Anda sudah bisa memulai bisnis thrift shop.

Analisis Pasar

Anda harus melakukan analisis pasar Anda lebih dahulu, semua bisnis harus melakukan analisis pasar untuk mengetahui langkah yang harus diambil selanjutnya. Anda bisa mengetahui siapa target pasar yang akan Anda sasar. Dengan mengetahui target pasar mudah bagi Anda untuk mengetahui berapa harga standar produk yang akan Anda jual. Analisis pasar akan membantu Anda mengetahui peluang kegagalan saat menjalani bisnis tersebut.

Target Pasar yang Lebih Spesifik

Tips menjalani bisnis thrift shop selanjutnya tentukan target pasar yang lebih spesifik. Jika Anda sudah menemukan target pasar secara khusus mudah bagi Anda untuk menentukan barang yang lebih spesifik untuk Anda jual. Jika target pasar adalah remaja dan anak muda Anda bisa menjual fashion yang unik dan menarik. Tidak jarang mereka menyukai fashion ala Korea yang sedang kekinian.

Jika target pasar Anda adalah orang dewasa mereka menyukai fashion yang elegan, menarik yang mana mampu menonjolkan sisi kedewasaan mereka. Orang dewasa tidak suka outfit yang terlalu mencolok. Mereka lebih menyukai warna yang cenderung kalem seperti pastel dan sebagainya.

Bangun Merek

Jangan pernah mengabaikan merek.  Anda bisa menggunakan nama yang pendek, memiliki arti juga lebih mudah untuk diingat baik secara fisik atau offline. Pastikan Anda melakukan riset sebelum melakukan pembukaan agar toko Anda bisa mendapatkan perhatian. Jika ingin membuka toko offline Anda harus melakukan riset lokasi yang tepat dan strategis.

Gunakan Marketplace

Saat ini teknologi begitu canggih, Anda bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk menjual produk Anda secara online. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menjual produk Anda melalui marketplace atau sosial media. Sudah banyak marketplace yang menawarkan jual beli secara online sehingga bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin. Anda bisa menggabungkan antara berjualan secara online dan offline yang mana bisa menghasilkan hasil yang lebih baik lagi.

Foto Produk yang Bagus

Untuk menarik konsumen membeli produk Anda dibutuhkan foto produk yang bagus.  Pastikan foto produk yang dipajang di marketplace jelas, berkualitas dan menarik. Jangan menggunakan foto yang buram karena akan membuat konsumen tidak tertarik membeli produk Anda.

Baca juga : 7 Daftar Situs Jual Beli untuk Promosikan Produk Anda

Lakukan Promosi

Tips memulai bisnis thrift shop terakhir adalah lakukan promosi. Media promosi terbaik adalah media sosial seperti Facebook maupun Instagram. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa sudah banyak bisnis yang mendapat perkembangan dan pertumbuhan yang begitu pesat dengan promosi di sosial media. Dengan media promosi yang tepat akan membuat Anda mudah menjual produk Anda sehingga menghasilkan keuntungan lebih banyak.

Bisnis thrift shop dengan modal sedikit bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai bisnis kecil-kecilan, dengan tekad dan mental yang kuat disertai dengan strategi bagus bisnis Anda bisa berjalan maksimal sesuai dengan harapan Anda.

8 Tips Memulai Bisnis Thrift shop dengan Modal Sedikit Cuan Banyak | Malik | 4.5
error: Content is protected !!