Pengertian Bisnis Afiliasi: Definisi, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan

Pernahkah Anda melihat kode referral di postingan teman tentang suatu produk? Jika pernah, artinya teman Anda sedang menjalani bisnis afiliasi di suatu perusahaan. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan afiliasi? Nah dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian bisnis afiliasi, mulai dari definisi, contoh, kelebihan dan kekurangannya.

Definisi Afiliasi

Bisnis afiliasi dipilih masyarakat dari berbagai latar belakang. Ada yang bergerak di bidang entrepreneur, blogger, pelajar hingga content creator. Bisnis ini memang menawarkan suatu program yang cukup menarik. Bagaimana tidak, Anda berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan dengan modal posting di smartphone saja.

Afiliasi

Bisnis afiliasi menerapkan konsep komisi dalam berbagi keuntungan. Nantinya, afiliator menawarkan produk di internet dengan menggunakan link referral yang ia miliki. Saat link referral tersebut dipakai oleh konsumen, maka disitulah afiliator mendapat keuntungannya. Nah, link referal ini banyak tersebar di media sosial, blog, website dan lain sebagainya.

Lalu, berapa jumlah komisi yang diterima seorang afiliator? Jumlahnya komisi yang diterima tentu berbeda-beda, tergantung dari jenis produk, status pelanggan, dan kebijakan dari perusahaan. Namun, rata-rata komisi yang diperoleh adalah sekitar 10% dari setiap produk yang berhasil dijual.

Contoh Bisnis Afiliasi

Untuk memahami pengertian bisnis afiliasi secara mendalam, Anda bisa melihat contoh berikut. Misalnya, Anda mengikuti Shopee Affiliate Program. Kemudian, Anda mendapatkan kode referral dan mulai mempostingnya di media sosial. Jika ada teman yang tertarik dan membeli produk dari link yang Anda posting, maka disitulah Anda mendapatkan penghasilan. Sebagai catatan, Shopee memberikan komisi 10% dengan batas maksimalnya sebanyak Rp10.000

Bisnis afiliasi juga banyak dilakukan oleh blogger. Blogger akan mereview produk dalam artikel, dan memberikan link penjualan di dalam tulisannya. Saat pembaca tertarik dan meng-klik link tersebut maka mereka akan diarahkan ke halaman website penjualan. Bila mereka memutuskan untuk membelinya maka blogger pun mendapatkan komisi.

Untuk meningkatkan potensi penjualan, tak jarang link referral dikemas dalam bentuk banner kreatif. Banner bahkan jauh lebih efektif untuk menarik perhatian. Sebab, Anda bisa menggabungkan tulisan dan juga gambar ke dalam satu tempat.

Kelebihan Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi menawarkan banyak keuntungan, seperti:

·         Modal Rendah

Modal berbisnis afiliasi sangatlah rendah dan juga murah. Anda bisa mendaftar program afiliasi di Shopee, Zalora, BukaLapak dan lainnya  secara gratis. Oleh karena itu, bisnis ini cocok dipilih semua orang dari berbagai latar belakang.

·         Pendaftaran yang Mudah

Mendaftar program afiliasi sangatlah mudah dan juga cepat. Pertama, Anda tinggal memilih program afiliasi mana yang ingin dijalankan. Kedua, daftar dan isikan formulir sesuai ketentuan. Terakhir, tinggal promosikan produk lewat link referral yang Anda miliki.

·         Tidak Perlu Stok Barang

Yang menyenangkan dari bisnis afiliasi adalah memungkinkan pelakunya untuk berbisnis tanpa menyetok barang. Tugas Anda hanyalah mengajak audiens untuk membeli produk lewat link referral. Masalah penjualan dan pengiriman akan dilakukan oleh pemilik produk.

·         Tidak Dipusingkan dengan Komplain Konsumen

Bisnis online sering menimbulkan permasalahan tertentu. Dari masalah sepele bisa menjadi besar dan merugikan kedua belah pihak. Misalnya, pengiriman produk yang dianggap tidak sesuai sehingga konsumen ingin mengembalikannya. Meskipun konsumen membeli barang dari referral Anda, maka semua urusan menjadi tanggung jawab dari penjual produk.

·         Bisa Cuan 24 Jam lewat Smartphone

Bisnis afiliasi memungkinkan Anda untuk mendapatkan cuan lewat HP selama 24 jam. Misalnya, Anda memposting produk beserta link referralnya pada malam hari. Kemudian Anda pergi tidur dan bangun kembali di pagi hari. Jika link referral digunakan untuk membeli produk selama Anda tidur, artinya Anda bisa menghasilkan uang setiap saat, bahkan di waktu tidur sekalipun.

Baca juga : 7 Ide Usaha Sampingan di Desa, Mulai dari Ternak Hewan sampai Sewa WiFi

Kekurangan Bisnis Afiliasi

Meskipun terlihat menguntungkan, ada beberapa kekurangan dalam menjalankan bisnis afiliasi, seperti:

·         Membutuhkan Komitmen dan Konsistensi

Untuk menghasilkan uang dari afiliasi biasanya membutuhkan waktu yang lumayan lama. Tanpa adanya komitmen dan konsistensi, orang akan langsung mundur sehingga tidak bertahan lama.

·         Batasan Iklan Tertentu

Beberapa program afiliasi melakukan pembatasan dalam hal promosi iklan. Misalnya, tidak memperbolehkan iklan PPC dengan kata kunci tertentu.

·         Syarat Pembayaran

Dalam program afiliasi, biasanya uang baru bisa ditarik ketika jumlahnya sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Demikian penjelasan dan pengertian bisnis afiliasi, semoga bermanfaat.

Pengertian Bisnis Afiliasi: Definisi, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!