Strategi Marketing 4P untuk Memulai Bisnis di 2022

Faktor yang mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis adalah strategi marketing-nya. Strategi yang tepat berpotensi mengembangkan perusahaan ke tahapan yang lebih maju. Salah satu strategi marketing paling terkenal adalah strategi marketing 4P. Strategi ini dikenalkan Neil Borden pada tahun 50-han dan masih digunakan hingga sekarang.

Strategi Marketing 4P

Secara umum, ada 4 hal yang ditekankan dalam strategi marketing ini. Mereka adalah produk, price (harga), place (tempat) dan juga promosi. Empat hal ini saling berkaitan satu sama lain. Mereka akan menjadi penentu dalam kesuksesan bisnis Anda. Strategi marketing ini berkaitan erat dengan istilah bauran. Bauran adalah faktor yang dipakai perusahaan sebagai strategi untuk menarik konsumen.

Secara umum, bauran dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal datang dari lingkungan bisnis itu sendiri, seperti produk, operasional, visi dan misi dan lain-lain. Faktor eksternal berasal dari luar perusahaan seperti kondisi pasar, perilaku konsumen, peran pemerintah dan lain-lain.

Produk, Elemen Terpenting yang Ditawarkan Kepada Konsumen

Dalam sebuah bisnis pasti ada produk yang ditawarkan kepada konsumen. Semakin baik kualitas produk maka potensi penjualannya pun semakin tinggi. Oleh karena itu, hampir semua perusahaan pasti berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas produk mereka.

Produk mencakup hal-hal spesifik dan jarang disadari. Salah satu contohnya adalah pengemasan atau packaging. Banyak produk berhasil dijual dengan jumlah yang sangat tinggi. Selain kualitasnya bagus, sukses tersebut diraih karena packaging yang berhasil menarik perhatian.

Selain kemasan, merek dan nama menjadi hal lain yang berkaitan dengan produk. Trend konsumen saat ini lebih menyukai nama-nama produk yang agak “nyeleneh” dan “receh”. Karena itu, jangan heran jika produk dengan nama “receh” justru  lebih laris dan sukses di pasaran.

Terakhir, ada faktor variasi yang mempengaruhi kesuksesan suatu produk. Produk dengan variasi yang banyak cenderung disukai oleh konsumen. Sebab, konsumen diberi keleluasaan untuk memilih produk sesuai seleranya.

Price, Harga yang Ditawarkan Kepada Konsumen

Salah satu aspek strategi marketing 4P adalah price. Price berkaitan dengan harga yang ditawarkan kepada konsumen. Dalam menentukan harga, pelaku usaha wajib melakukan hitung-hitungan secara tepat. Di sisi lain, konsumen tidak menyukai produk dengan harga mahal. Namun, produk dengan harga yang murah kurang dipercaya karena dianggap tidak kredibel. Dalam hal ini, pelaku bisnis harus mengambil keputusan secara tepat berdasarkan riset atau survey yang dilakukan.

Promosi, Media Mengenalkan Produk

Promosi penting dilakukan, khususnya untuk brand-brand yang masih baru. Tujuan promosi sendiri adalah mengenalkan produk dan meningkatkan brand awareness. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam promosi, seperti mengiklankan produk, penggunaan banner, jasa paid promote dan lain-lain. Selain mengenalkan produk, inti dari promosi adalah membuat konsumen agar tertarik untuk membeli produk.

Place, Tempat dan Pendistribusian

Tempat ternyata bisa mempengaruhi pemasaran suatu produk. Ada produk yang sukses besar di satu tempat, namun gagal di tempat lainnya.  Oleh karena itu, produsen harus pandai menentukan tempat dengan melihat kepada beberapa aspek. Misalnya distribusi, penyimpanan, jangkauan konsumen dan lain-lain. Tempat yang strategis adalah tempat yang memudahkan proses distribusi dan menjangkau lebih banyak konsumen.

Keterkaitan antara Produk, Price, Place dan Promosi

Dalam strategi marketing 4P, keempatnya harus dikombinasikan dengan baik. Sebab, setiap aspek saling berkaitan dan bisa menentukan kesuksesan suatu bisnis. Contoh sederhananya, produk berkualitas yang dijual murah di tempat strategi lebih berpotensi sukses dalam hal penjualan. Apalagi jika diiringi dengan promosi, maka target penjualan bisa lebih cepat terpenuhi.

Contoh Pengaplikasian Strategi Marketing 4P

Selain berkualitas, produk dituntut untuk terus terlihat kreatif. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menyaingi produk lain yang sudah terjun ke pasaran. Beberapa strategi yang bisa dipakai antara lain mengoptimalkan kualitas produk, menciptakan merek yang eye catching, menggunakan kemasan terbaik dan lain-lain.

Penentuan harga juga perlu ditimbang secara tepat. Misalnya, Anda bisa menerapkan harga sedikit di bawah pasaran agar lebih terjangkau oleh konsumen. Hal ini mungkin terasa berat di awal pelaksanaannya. Namun, jika sudah berjalan dan sukses, Anda bisa kembali menaikkan harga sesuai dengan ekspektasi yang diinginkan.

Baca juga : 6 Strategi Work from Home agar Tidak Burnout

Kemudian, lakukan promosi sesering mungkin untuk meningkatkan brand awareness. Bagaimana cara promosi yang terbaik? Hal ini tergantung dari produk apa yang Anda buat. Selain itu, lihat juga target pasar dari produk yang Anda jual. Adapun cara promosi yang sedang trend akhir-akhir ini adalah menggunakan jasa influencer di media sosial.

Penentuan tempat menjadi aspek lain yang tak kalah penting. Contohnya, Anda berencana membuka jasa laundry. Agar lebih mudah dijangkau, Anda bisa membuka usaha ini di lokasi yang padat aktivitas seperti kampus, pabrik, lingkungan perkantoran dan lain-lain.

Dengan strategi marketing 4P di atas, Anda bisa menerapkannya di bisnis yang akan dijalankan. Semoga bermanfaat dalam mengembangkan bisnis Anda.

Strategi Marketing 4P untuk Memulai Bisnis di 2022 | Malik | 4.5
error: Content is protected !!