7 Cara Bangkit dari Kegagalan Usaha di Masa Pandemi

Cara bangkit dari kegagalan usaha di masa pandemi pasti tidaklah mudah untuk dijalankan. Selain harus bergelut dengan mental yang runtuh, kondisi pandemi juga mengharuskan orang-orang yang mengalami kebangkrutan usaha menghadapi kenyataan pahit bahwa mereka mungkin akan lebih sulit untuk memulainya lagi. Tapi bukan berarti tidak bisa bangkit kembali, karena faktanya meski pandemi melanda ada juga orang-orang yang justru sukses membangun bisnisnya.

Kegagalan usaha

Jika Anda adalah salah satu orang yang pernah mengalami kegagalan, berikut ini adalah beberapa cara bangkit dari kegagalan bisnis Anda.

Menerima Keadaan dan Tenangkan Pikiran Anda

Tidak semua orang yang baru saja gagal menjalankan usaha bisa menerima keadaan dengan cepat. Terkadang orang butuh waktu untuk menerima kegagalan itu agar nantinya lebih siap melangkah kembali.

Cara bangkit dari kegagalan usaha di masa pandemi adalah dengan belajar ikhlas menerima keadaan, ambil waktu Anda sendiri untuk menenangkan diri. Anda tidak akan berpikir langkah ke depan jika Anda sendiri belum menerima dan belum merasa tenang.

Lakukan Evaluasi

Setelah Anda tenang, kini Anda bisa berpikir lebih jernih. Melakukan evaluasi penyebab Anda gagal adalah salah satu cara bangkit dari kegagalan usaha di masa pandemi. Coba ingat-ingat kembali, faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan Anda gagal selama pandemi ini. Misalnya saja, apakah produk yang ditawarkan justru tidak begitu penting di kala pandemi, apakah proses pelayanan yang rumit membuat pelanggan enggan membeli produk Anda, atau yang lainnya.

Ketahui Kondisi Keuangan Anda Saat Ini

Penting bagi Anda untuk memeriksa kondisi keuangan dan menghitung semua hutang beserta aset yang dimiliki saat ini. Catat semua hutang dan tagihan, aset yang masih aman, sumber penghasilan lain, dan kondisi keuangan usaha Anda pasca bangkrut atau gagal.

Hal ini guna mengetahui, apakah ada hutang dan tagihan yang harus dibayar mendesak. Dengan mengetahui kondisi keuangan secara pasti, Anda juga bisa menyusun strategi setelahnya. Apakah Anda akan kembali merintis usaha baru dengan aset yang ada, atau justru beberapa saat kembali bekerja dengan orang lain untuk mengumpulkan dana demi membayar tagihan dan hutang.

Mencari Sumber Modal Baru

Salah satu cara bangkit dari kegagalan bisnis adalah dengan mencari sumber modal baru. Hal ini perlu dilakukan apabila Anda berniat untuk merintis kembali usaha Anda. dari maan Anda bisa mencari sumber modal baru?

Jika Anda memiliki aset berharga yang bisa dijual,maka ini bisa jadi modal usaha baru bagi Anda. Atau jika Anda tidak ingin menjualnya, Anda bisa menjaminkannya untuk pengajuan pinjaman di bank. Pilihan hutang modal kerja sebaiknya dipertimbangkan dua kali, terutama jika Anda masih memiliki tanggungan hutang.

Konsolidasi Hutang Juga Penting

Tidak sedikit orang yang memulai usaha dengan bermodalkan hutang. Hal ini tidak salah, akan tetapi memang membutuhkan pengelolaan uang yang lebih baik agar beban hutang tetap terbayar tapi juga tidak mengikis habis pemasukan. Ada baiknya, lakukan konsolidasi hutang terlebih jika kondisi keuangan bisnis Anda sedang tidak baik.

Anda bisa meminta keringanan berupa perpanjangan waktu pembayaran, pemotongan bunga atau yang lainnya. Anda juga bisa meminta keringanan berupa jumlah angsuran yang disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Untuk itu, sebelum Anda menentukan pilihan tentang penyedia pinjaman, pastikan bahwa pihak tersebut memiliki kelonggaran aturan yang bisa dinegosiasikan.

Lakukan Riset Lebih Dalam

Cara bangkit dari kegagalan usaha di masa pandemi adalah dengan melakukan riset lebih dalam ketika akan mulai bangkit membangun bisnis yang baru. Anda paham bahwa saat ini kondisi ekonomi dan sosial akan sangat berbeda dari sebelum adanya pandemi. Itu artinya, Anda juga harus turut menyesuaikan diri.

Lakukan riset mengenai apa yang menjadi kebutuhan konsumen, apa yang diharapkan dan dapat diberikan dari produk Anda, bagaimana pelayanan akan dijalankan di tengah pandemi, dan banyak lagi lainnya.

Baca juga : Pusing Terlilit Hutang? Ini 8 Cara Agar Terbebas Hutang Di Masa Pandemi Paling Jitu!

Jangan Pantang Menyerah

Dalam hidup nasehat “jangan pantang menyerah” memang sudah sering terdengar, akan tetapi faktanya memang sangat sulit untuk dijalankan. Meski begitu, nasehat ini juga benar, bahwa Anda memang harus pantang menyerah. Seorang pengusaha yang sukses tentu harus melewati banyak kegagalan terlebih dahulu untuk bisa bangkit lagi dan lebih sukses lagi.

Untuk bisa terus berjuang, tentu Anda juga harus memiliki partner yang sama-sama kuat. Entah itu rekan bisnis Anda, keluarga, atau pasangan. Untuk itu, jangan segan untuk meminta dukungan dari mereka dan sampaikan apa impian Anda sehingga bisa dicapai bersama.

Menjalankan usaha atau bisnis memang akan terlihat mudah bagi orang lain, akan tetapi sulit ketika melakukannya sendiri. Untuk itu, tetaplah berjuang meski kegagalan datang, semoga dengan beberapa tips cara bangkit dari kegagalan usaha di masa pandemi di atas Anda dapat segera bangkit dari kegagalan dan meraih kesuksesan.

 

7 Cara Bangkit dari Kegagalan Usaha di Masa Pandemi | Malik | 4.5
error: Content is protected !!