7 Ide Contoh Usaha Bagi Mahasiswa yang berhenti Kuliah

Saat ini mungkin lebih banyak mahasiswa yang mencari informasi mengenai contoh usaha bagi mahasiswa yang berhenti kuliah. Kondisi ekonomi yang serba sulit memang membuat banyak mahasiswa atau bahkan anak-anak sekolah harus berhenti sejenak, dan lebih memilih untuk bekerja atau berwirausaha. Tidak ada yang salah dalam hal ini, sebab bagaimanapun setiap orang memang berhak memiliki pilihan mereka sendiri. Terkadang, berhenti kuliah dan berwirausaha juga bukan semata karena kekurangan dana, akan tetapi memang banyak mahasiswa yang justru sudah memiliki tujuan hidup sebagai pengusaha sejak awal.

contoh usaha bagi mahasiswa yang berhenti kuliah

Berikut ini adalah beberapa contoh peluang bisnis kecil untuk mahasiswa yang ingin segera merintis usaha:

Online Shop

Anak muda sekarang memang lebih suka dengan belanja online, bahkan untuk keperluan sabun dan keperluan sehari-hari pun membelinya secara online. Menjalankan usaha online shop bisa jadi salah satu contoh usaha bagi mahasiswa yang berhenti kuliah.

Mulailah  menjual barang yang menjadi bagian dari hobi, ketertarikan, atau kesukaan Anda. Misalnya saja, jika Anda suka dengan fashion maka tidak ada salahnya Anda memulai menjual fashion secara online. Lagi pula, menjalankan bisnis pada sesuatu yang Anda sukai tentu akan lebih menyenangkan dan Anda akan menikmati setiap prosesnya.

Fotografer dan Videografer

Jika Anda memiliki keahlian dalam memotret atau mengambil video, saat ini pekerjaan fotografer dan videografer memang sedang banyak diminati. Apalagi saat ini memang orang-orang lebih suka membuat video yang sinematik untuk mengabadikan berbagai momen, mulai dari pernikahan, pertunangan, wisuda, ulang tahun, dan sebagainya.

Kembangkan keahlian Anda dengan mempelajari video editing, dan buatlah suatu keunikan dari diri Anda. Dengan begitu jasa Anda pasti akan semakin diminati banyak orang.

Make Up Artist

Tren make up kembali naik akhir-akhir ini. Jika Anda adalah seorang yang memiliki kemampuan dalam hal make up, kenapa tidak mencoba menjadi make up artist? Ini merupakan salah satu contoh usaha bagi mahasiswa yang berhenti kuliah, yang bahkan memiliki prospek yang cukup bagus.

Selain merias orang lain entah untuk acara wisuda, lamaran, ulang tahun, foto kehamilan, pernikahan, atau acara lainnya, Anda juga bisa membuka kelas-kelas privat untuk orang yang ingin belajar make up. Anda bisa bekerja sama dengan brand-brand make up dan membuat seminar dan pelatihan bersama. Selain itu, keahlian make up saat ini juga sangat berpotensi menjadikan Anda konten kreator yang menghasilkan pundi uang melalui berbagai jejaring sosial.

Barbershop

Peluang bisnis kecil untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah bisnis barbershop. Berbeda dengan tukang cukup pada umumnya, barbershop memang secara khusus menyasar kaum laki-laki. Barbershop juga identik dengan tempat cukur rambut yang lebih bersih, eksklusif dan rapi. Tidak hanya menyediakan jasa potong rambut, biasanya barbershop juga menyediakan layanan lain seperti styling, coloring, dan sebagainya.

Anda bisa menjalankan bisnis ini di area-area yang strategis, seperti misalnya kampus. Umumnya mahasiswa terutama laki-laki memang lebih suka mencukur rambut di barbershop ketimbang di pasar atau tukang cukur biasa.

Bisnis Makanan

Salah satu contoh usaha bagi mahasiswa yang berhenti kuliah adalah bisnis kuliner atau makanan. Bisnis kuliner memang akan selalu hidup, sebab merupakan bagian dari kebutuhan pokok manusia. Apalagi jika Anda memang hobi dan pintar memasak, maka tidak jadi hal yang mustahil bagi Anda untuk menjalankan usaha ini.

Karena saat ini bisnis kuliner juga memiliki persaingan yang ketat, maka cobalah  untuk menyajikan makanan yang khas, lezat, namun juga tidak membosankan. Hindari makanan atau minuman yang viral, sebab biasanya jenis makanan ini akan cepat dilupakan. Tapi buatlah produk makanan yang akan lebih awet atau ters dibutuhkan. Misalnya saja, kue ulang tahun, catering, rumah atau warung makan, dan sebagainya.

Tour Travel

Meski saat ini pandemi masih melanda, akan tetapi Indonesia sendiri memang sudah mulai membuka wisata untuk umum dengan peraturan penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat. Jasa tour travel ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup bagus. Sebab sudah banyak sekali orang yang rindu untuk berwisata setelah hampir 2 tahun terkurung di dalam rumah.

Baca juga : Memulai Bisnis Tour n Travel dengan 8 Langkah Mudah!

Anda bisa mulai menjalankan usaha tour travel, namun jangan lupa juga untuk tetap menerapkan semua protokol kesehatan dengan baik. Sehingga orang yang akan menggunakan jasa Anda akan tetap merasa aman dan nyaman.

Vape Store

Membuka vape store adalah salah satu contoh usaha bagi mahasiswa yang berhenti kuliah. Saat ini penggunaan vape store memang mulai meningkat, bahkan banyak pengusaha besar yang turut ikut mengembangkan bisnis liquid vape.

Anda juga bisa memulai usaha Anda dengan membuka vape store. Pastikan memiliki lokasi yang lebih banyak terdapat anak muda, seperti misalnya kampus atau area perkantoran.

Menjalankan usaha sembari kuliah sebetulnya juga bisa dilakukan, tapi jika kondisinya mengharuskan Anda harus keluar kuliah maka itu pun tak jadi masalah. Beberapa contoh usaha bagi mahasiswa yang berhenti kuliah di atas bisa jadi inspirasi untuk Anda yang akan mulai merintis usaha.

 

7 Ide Contoh Usaha Bagi Mahasiswa yang berhenti Kuliah | Malik | 4.5
error: Content is protected !!